Beberapa Kuliner Unik Yang Cuma Ada Di Indonesia

0
32

Bersyukurlah kita lahir di indonesia, di mana merupakan salah satu negara yang memiliki begitu banyak kekayaan seni, adat , seni budaya, dan juga resep kuliner unik yang nikmat warisan nenek moyang tentunya.
Berbicara tentang makanan unik berikut ini kami akan merangkum kan beberapa makanan unik yang Cuma ada di rumah makan di indonesia. Apa saja? Berikut ulasannya:

Daftar Tulisan

1. Semur jengkol

semur jengkol

Orang indonesia mana yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Yang setiap kali di konsumsi nafas akan berubah menjadi seperti nafas naga?
Apa lagi kalau bukan semur jengkol.
Makanan ini merupakan makanan unik yang Cuma ada di indonesia. Jengkol sendiri adalah tumbuhan yang memiliki jenis buah berbentuk bulat pipih (gepeng) yang berkulit kecoklatan. Awalnya tumbuhan jengkol  banyak ditemukan tumbuh secara liar di indonesia. Tapi sekarang tumbuhan ini sudah mulai di budidaya secara intensif karena harganya yang lumayan mahal.
Meskipun memberikan efek pada nafas menjadi kurang sedap tapi jengkol tetap menjadi salah satu menu primadona di beberapa rumah makan, karena kuliner yang satu ini ternyata sangat di sukai oleh banyak masyarakat di indonesia. Menurut saya ini wajar karena memang rasanya yang sangat nikmat terutama jika di olah menjadi semur jengkol. Terbukti dari rumah makan yang menjajakan menu jengkol ini biasanya banyak di kunjungi pembeli.
Ya walaupun saya sendiri sebenarnya bukan penggemar jengkol, tapi harus saya akui memang rasa dan aroma nya saat di semur sangat menggugah selera.

2. Gudeg (sayur nangka)

gudeg

Kalau kita pernah main di jogja pasti kalian akan menemui kuliner yang sudah sangat terkenal ini, apa lagi kalau bukan gudek?
Gudek sendiri merupakan kuliner berupa sayur yang terbuat dari nangka muda yang di santan dengan santan kelapa dan dimasak berkali kali sampai kering. Gudeng memiliki ciri khas tersendiri yaitu rasanya yang manis.
Gudeg sudah menjadi salah satu kuliner khas kota jogja yang sudah sangat dikenal dimana mana, jadi jangan heran kalau bicara gudek ya orang langsung ingat kota jogja.
Jadi kalau main ke jogja ya makanan yang pertama dicari orang ya gudeg.

3. Sayur Ontong (jantung pisang)

sayur ontong pisang

Apakah anda pernah mengkonsumsi kuliner berupa sayur yang di olah dari jantung pisang?
Mungkin sebagian dari anda yang membaca belum banyak yang tau kalau jantung pisang itu bisa di olah menjadi sebuah kuliner yang sangat nikmat. Saya sendiri sudah pernah beberapa kali mencobanya. Saya sendiri pun awalnya tidak menyangka jika jantung pisang ternyata bisa di manfaatkan dan olah menjadi bahan sayuran. Dan salah satu menu makanan yang saya coba saat itu adalah santan pedas jantung pisang.

4. Oseng oseng belalang

belalang goreng

Makanan unik yang tidak kalah berkesan bagi saya selanjutnya adalah Oseng oseng belalang (Walang goreng) sambal pedas. Makanan ini dibuat dengan menggorang belalang berukuran sebesar telunjuk jari orang dewasa yang telah di bersihkan sebelumnya, lalu kemudian di sambal pedas dan di oseng (digoreng) dengan sedikit minyak dengan api sedang.
Untuk rasanya menurut saya sangat enak, kriuk dan khas sekali. Dan Jika di banding bandingkan menurut saya belalang oseng ini rasanya mirip sekali dengan olahan kuliner udang.

5. Botok tawon / bothok tawon (lebah madu)

makanan botok tawon

Pernah kah anda terbayang untuk memakan tawon (lebah madu) mungkin baru memikirkan nya saja sudah terbayang lidah bakalan bengkak karena disengat.
Tetapi tidak karena di berbagai daerah Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur lebah muda atau larva yang masih di dalam sarangnya (tolo) dapat di jadikan menu masakan yang nikmat dan menyehatkan bernama botok.
Cara memasak Botok Tawon ini biasanya dilengkapi dengan daging kelapa yang masih muda yang di parut. Tapi di beberapa daerah seperti Jawa Timur, Kediri, Malang, dan Banyuwangi tidak memakai kelapa muda.
Meski pun terkesan mengerikan nyatanya mengkonsumsi botok tawon ini ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan juga menyehatkan.

6. Sate bekicot

sate bekicot

Bekicot adalah binatang sejenis siput yang tinggal di kebun biasanya berdiam diri di bawah pohon pohon pisang. Sate bekicot memiliki rasa yang mirip dengan kerang hijau dan juga keong sawah yang mungkin sebagian dari anda yang membaca pernah mengkonsumsi nya. Yang jelas makanan ini termasuk makanan unik dan Cuma bisa di jumpai di indonesia.

nah mungkin itu dia tadi beberapa macam kuliner unik yang cuma bisa di temukan di indonesia,

jadi bagaimana, makanan mana saja yang pernah anda cicipi?

semoga tulisannya bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.