Cara Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan Kita

Cara Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan Kita

Saat memulai sebuah usaha selain keuntungan materi sebenarnya ada hal lain yang juga tidak penting untuk kita dapatkan, yaitu kepuasan pelanggan. Kepuasana pelanggan bisa kita artikan sebagai gambaran tingkah laku konsumen dalam mengapresiasi sebuah produk atau jasa yang telah kita berikan.

Cara Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan Kita | tips

Kenapa kepuasan pelanggan itu penting?

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, memuaskan pelanggan adalah hal yang sangat wajib hukumnya, karena  puasan pelanggan akan memberikan dampak yang positif kepada usaha kita.

Apa itu dampak positif kepuasan konsumen?

Mudahnya Dampak kepuasan, adalah timbal balik atau feedback yang diberikan pelanggan, yang bisa berupa ulasan positif, dukungan moril (non material), ataupun rekomendasi yang tentunya sangat kita perlukan untuk perkembangan usaha kita.

Dampak langsung dan tidak langsung

Untuk jenis dampak dari ulasan konsumen terhadap perkembangan usaha kita ada dua yaitu; dampak langsung dan dampak yang tidak langsung.

  1. Dampak langsung karena kepuasan pelanggan yaitu adalah sebuah timbal balik langsung yang di berikan pelanggan terhadap usaha kita, sebagai contoh sederhana kita membuka usaha jasa potong rambung, dan pelanggan puas dengan hasil potongannya, maka bisa di pastikan pelanggan tersebut akan kembali menggunakan jasa kita atau berlangganan.
  2. Sedangkan dampak tidak langsung adalah salesperson yang di berikan pengunjung secara suka rela. misalnya; karena pelanggan tersebut puas dan menjadikan jasa potong rambut kita adalah langganannya dia tidak akan segan segang ntuk memberi tahu teman temannya jika tempat potong rambut anda adalah yang terbaik, dan nantinya akan bedampak positif bertambahnya jumlah pelanggan anda.

Sejalan dengan semakin banyak feedback positif yang diterima sebuah usaha, maka semakin baik pula untuk sebuah usaha karena merupakan tanda jika usaha, produk atau jasa yang kita  tawarkan dapat diterima dengan baik.

Masam macam Perilaku Konsumen

Tipe pertama (tipe lama)

Advertisement
perilakupengertian
AwareKonsumen mulai kenal tau atau kenal dengan perusahaan atau produk yang ditawarkan.
AttitudeKonsumen sudah mulai memutuskan dia suka atau tidak dengan perusahaan atau produk tersebut.
ActKonsumen memutuskan untuk membeli produk yang dia suka dan menggunakannya.
Act AgainJika puas, konsumen akan kembali membeli produk dari penjual yang sama.

Tipe modern

Detail:pengertian
AwareKonsumen mulai kenal dengan perusahaan atau produk yang dijual.
Appealkonsumen merasa tertarik dengan produk tersebut. Namun, dia belum yakin.
Askkarena belum yakin, konsumen mulai bertanya-tanya kepada teman atau keluarga untuk meyakinkan dirinya.
ActJika teman atau keluarga bilang bagus, barulah konsumen memutuskan untuk membeli produk pada penjual tadi.
AdvocateJika puas, konsumen akan merekomendasikan produk yang dijual oleh penjual tersebut kepada teman dan keluarganya.

Dengan perubahan perilaku konsumen sekarang, maka kita harus mampu memberikan pelayanan/servis yang memuaskan kepada pelanggan.
Service yang memuaskan bukan hanya bisa menarik konsumen baru, tapi juga bisa mendapatkan salesperson (promosi) gratis dari pelanggan yang akan mempromosikan produk kita kepada orang lain.

Cara Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan Yang menggunakan Jasa Kita

bagaimana caranya menciptakan service yang memuaskan? Berikut ini tips tips nya:

1. Kualitas Produk (barang dan jasa)

Hal pertama yang mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kwalitas produk atau jasa yang anda tawarkan, sebaiknya produk yang anda tawarkan memang bagus atau minimal sesuai dengan harga atau tarif yang anda kenakan. Percuma kan, seandainya sekali jualan anda mampu meraih untung besar tatapi setelah itu pelanggan anda kapok dan tidak mau membeli dengan anda lagi?

2. Kualitas pelayanan

Mendapatkan pelayanan yang optimal pasti merupakan keinginan setiap konsumen, bahkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik beberapa perusahaan sampai membuat pengibaratan “pelanggan adalah Raja” yang harus selalu di perlakukan dengan sebaik mungkin. Kualitas pelayanan berperan besar dalam hal kepuasan pelanggan, apalagi jika jenis usaha anda adalah jasa yang dijual.

3. Dapat di percaya

Membangun kepercayaan Pelanggan itu tidak mudah, tapi sekali pelanggan percaya dengan produk dan jasa anda mereka tidak akan lagi segan segan untuk menggunakan kembali produk atau jasa yang ada tawarkan. Sehingga sangat penting untuk menjadi seseorang yang dapat di percaya oleh pelaggan.

4. Royal

Pelanggan itu senang dengan seseorang yang royal dalam memberikan pelayanan, baik berupa jasa ataupun barang. Royal dalam pelayanan misalnya sebagi berikut;

  • Jika usaha anda adalah jasa potong rambut, berikanlah pelayanan ekstra semisal cuci rambut gratis, atau pijit gratis. Pelanggan itu sangat senang dengan hal hal yang berbau gratis dan ekstra.
  • Jika usaha anda adalah barang maka anda bisa memberikan pelayanan ekstra dengan cara memberikan sebuah bonus, potongan harga, kupon dan hal hal menarik lainnya.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini tentang Cara Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan kita , semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Advertisement

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.