12 Januari 2017

Cara Efektif Mengatasi Rasa Bosan Dalam Pekerjaan

Apakah anda pernah merasakan yang namanya bosan menjalani suatu pekerjaan? Saya yakin kita semua pasti pernah mengalaminya.
Saat menekuni sesuatu pekerjaan terutama yang dikerjakan terus menerus secara rutin dan berulang ulang setiap hari, pasti akan membuat kita cepat menemui yang namanya titik jenuh atau rasa bosan.

Cara Efektif Mengatasi Rasa Bosan Dalam Pekerjaan
ilustrasi bosan

Apa sih bosan itu?

Mungkin definisi tentang rasa bosan pada setiap orang itu bisa berbeda beda. Tapi jika menurut saya secara garis besar, rasa bosan adalah perasaan jenuh terhadap suatu pekerjaan, dimana kita kehilangan semangat, dan mulai hilangnya motivasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Apa sih penyebab kebosanan?

Sebenarnya penyebab kebosanan ada banyak sekali dan setiap orang sudah pasti berbeda beda, tapi secara umum bosan disebabkan beberapa alasan seperti berikut ini:

  1. Kehilangan motivasi kerja.
  2. Terlalu “ngoyo” atau bisa juga karena terlalu antusias akhirnya terjebak dalam kebosanan.
  3. Terlalu fokus mencari uang sampai lupa menikmati pekerjaan yang kita lakukan.
  4. Merasa apa yang didapatkan ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan.
  5. Kurang nyaman dengan lingkungan kerja.

Dan masih banyak penyebab lain yang bisa menimbulkan kebosanan kita dalam pekerjaan.

Apa Sih Efek Negatif Jika Membiarkan Perasaan Bosan?

Beberapa dampak negatif yang mungkin bisa ditimbulkan karena  membiarkan rasa bosan terus ada didalam diri kita adalah sebagai berikut ini:

  • Penurunan performa kerja.
  • Sulit fokus pada  pekerjaan.
  • Sulit memperoleh hasil yang maksimal.
  • pekerjaan sulit bertahan lama serta masih banyak lagi.

Untuk itu sebaiknya kita menggunakan beberapa metode untuk mencegah terjadinya kebosanan.

Tips Cara Melawan Kebosanan

Berikut adalah beberapa tips yang biasa saya lakukan untuk membantu mencegah rasa bosan dan untuk mengembalikan semangat kita seperti semula:

1.Cari Tau Penyebab Rasa Bosan Kita

Dengan mengetahui penyebab yang mungkin menimbulkan rasa bosan, kita akan lebih mudah untuk mencari solusi dan cara mengatasinya. kurang lebih seperti yang telah saya jelaskan pada penyebab kebosanan diatas, atau mungkin jika penyebabnya berbeda anda bisa merumuskan sendiri formula yang tepat untuk mengatasi rasa jenuh anda.

2. Ingat Lagi Alasan Kenapa kita Bekerja

Saat kita merasa sudah mulai bosan dengan pekerjaan kita, kita harus mengingat kembali alasan kenapa awalnya kita memutuskan untuk bekerja, misalnya :

  1. Karena awalnya kita memilih menyukai pekerjaan yang kita lakukan.
  2. Karena pekerjaan yang kita lakukan memberikan penghasilannya lumayan.
  3. Dengan memikirkan kembali alasan kenapa kita bekerja disana kita akan menemukan banyak alasan yang akan membangkitkan semangat kita lagi.

3. Coba Bicarakan Dengan Orang Tua Atau Pasangan Anda

Saat anda bosan salah satu solusinya adalah dengan mencoba membicarakannya dengan orang lain terutama keluarga.
Keluarga, baik itu orang tua, saudara, ataupun pasangan kita biasanya akan memberikan semangat baru bagi kita, atau setidaknya mereka akan sedikit membuat kita merasa tenang.
Keluar dan bertemu dengan teman, atau mencari teman-teman baru juga bisa membantu membuat kita termotivasi kembali.
Kebosanan sering dapat disebabkan akibat kekurangan energi sosial.

Baca juga >>  Franchise Paling Diminati dan Paling Menguntungkan

4. Cari Motivasi Yang Membuat Kita Tidak Cepat Bosan.

Motivasi adalah salah satu cara paling efektif untuk penangkal rasa bosan.
Bangkitkan kembali perasaan yang mampu membuat kita bertahan saat kita merasa bosan dengan pekerjaan yang sekarang dan ingin berhenti. Coba lihatlah foto keluarga anda, lihat foto anak anak anda, lihat orang tua dan mulailah merenungkan kedepannya nanti apa dampak jika sampai saya diberhentikan dari pekerjaan saya?
Pikirkan baik baik kira kira nanti saya dapat pekerjaan yang lebih baik dari ini atau tidak. Jangan sampai melepaskan sesuatu yang sudah pasti hanya karena perasaan bosan, ini konyol namanya.

5. Mencari Tantangan Baru Dalam pekerjaan

Terlalu banyak waktu senggang sebenarnya justru bisa lebih buruk daripada tidak memiliki waktu sama sekali karena justru bisa membuat anda bosan.
Sadar tidak sadar kebanyakan rasa bosan itu ditimbulkan karena kita terlalu banyak memiliki waktu luang dan tidak melakukan aktivitas apapun yang mampu membuat kita tertantang.
Jadi kenapa tidak menambahkan tujuan baru, tantangan atau hobi untuk mengisi waktu luang dan mengalihkan perhatian.

6. Gunakan Waktu Luang Untuk Melakukan Sesuatu Yang Berguna

Kebosanan sebenarnya sama sekali tidak sama dengan kelelahan, kebosanan biasa terjadi ketika Kita memiliki banyak energi tetapi kita tidak bisa menggunakannya.
Maka carilah kegiatan yang akan menggunakan energi secara positif salah satunya dengan melakukan olah raga, selain sehat olah raga juga akan membantu menghabiskan waktu menganggur anda..

7. Alihkan Perhatian.

Seperti yang saya singgung pada poin sebelumnya rasa bosan sebenarnya itu bisa dilupakan atau setidaknya dialihkan. Metode yang paling sederhana yaitu dengan cara melakukan atau mempelajari sesuatu yang baru.  Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Kita lakukan untuk mengalihkan perhatian:

  • Membaca buku
  • Membuat tulisan/menulis
  • Menggambar membuat karya seni
  • Memainkan game dan banyak hal kecil lainnya yang bisa membantu anda membunuh kebosanan.

Catatan :
Boleh saja mengalihkan perhatian agar tidak bosan, tapi jangan dilakukan secara berlebihan karena justru bisa mengganggu konsentrasi kita dalam bekerja

8. Tentukan Tujuan dan Target Yang Jelas.

Kebosanan bisa dengan mudah disebabkan oleh kurangnya arah dan tujuan kita. Jadi coba luangkan beberapa menit untuk mengidentifikasi tujuan Kita, keinginan atau cita cita yang harus diselesaikan. Kadang-kadang hanya dengan melihat kembali tujuan kita bekerja, ini dapat membuat Kita termotivasi lagi.
Lihatlah daftar kegiatan Kita. Berkomitmen untuk melakukan hanya satu tugas kecil dalam daftar itu sebelum Kita menemukan sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan.

9. Lebih bersyukur dengan pekerjaan yang kita punya

Tips terakhir untuk bisa menghilangkan kebosanan kita, yaitu dengan lebih bersyukur.
Lihatlah diluar sana banyak orang yang tidak seberuntung kita, banyak di luar sana yang pekerjaannya jauh lebih sulit tapi penghasilannya lebih rendah dari kita, bahkan di luar sana masih banyak mungkin orang orang yang menganggur dan tidak memiliki pekerjaan.

mulailah menikmati pekerjaan dan apapun yang saat ini kita lakukan.
karena dengan menikmati tidak ada sesuatu yang sulit untuk dilakukan. 

Perlu di ingat di luar banyak orang yang menunggu untuk menggantikan posisi kita jadi.

Mungkin itu tadi beberapa tips serta saran untuk mengatasi kebosanan, atau Kita dapat merancang sendiri setelah Kita mengetahui akar masalah. Semoga tulisan kali ini bermanfaat
Sampai jumpa lagi ya.

SHARE:
tips 0 Replies to “Cara Efektif Mengatasi Rasa Bosan Dalam Pekerjaan”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.