Inilah Yang Dipertimbangakan Perusahaan Dalam Mencari Karyawan

Apakah kamu masih beranggapan lulus dengan nilai kumlout atau nilai sempurna 3 koma sekian sudah menjamin masa depan pekerjaan kamu bakalan cemerlang?
Tidak juga, sekarang perusahaan lebih selektif dalam memilih karyawan, makanya itu sistem kerja sekarang ada yang namanya kontrak kerja 1 tahun, itu tujuannya adalah untuk lebih mengenal dan mengetahui watak pekerja tersebut apakah disebut layak untuk dipekerjakan atau tidak.
Kalau layak biasanya akan di lanjutkan dan dinaikkan gajinya sedangkan jika tidak ya sudah wassalam bersiap siaplah didepak dari perusahaan tempat kamu bekerja.

rapat kerja karyawan

Lalu apa saja sih hal hal yang sangat di cari oleh perusahaan dalam mencari karyawan?
Banyak sekali sebenarnya tapi umumnya sih lebih kapada soft skill dan kemampuan serta sikap dan perilaku nya, untuk lebih jelasnya silakan disimak artikel berikut ini.

Inilah Beberapa Hal Yang Sangat Dicari Perusahaan Dalam Menerima Karyawan

1. Pengalaman

Meskipun pendidikan itu sangat penting, tapi hal pertama yang menjadi pertimbangan perusahaan untuk menerima karyawan adalah dilihat pengalaman kerjanya. Meskipun hanya lulusan SMA tapi jika sudah pengalaman bekerja bertahun tahun tentu bukan tidak mungkin kemampuan yang dimiliki melebihi Fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus. Hal ini bisa terjadi karena pengalaman merupakan guru dan tempat belajar yang paling baik, selain itu orang yang telah berpengalaman biasanya lebih mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan karena sudah paham bagaimana caranya menempatkan diri pada pekerjaan.
Jadi untuk kita yang  mungkin hanya lulusan SMK jangan pernah sekali kali minder, carilah pengalaman sebanyak mungkin karena itu akan menjadi bekal yang sangat berharga dalam memperoleh pekerjaan yang lebih baik kelak.

2. Kemampuan Bekerja Sama Dan Bekerja Sebagai Tim

Di dalam bekerja dan menyelesaikan pekerjaan apapun biasanya memerlukan yang namanya kerja sama, karena mustahil perusahaan mampu berdiri sendiri tanpa ada kerja sama dengan pihak luar. Berikut adalah beberapa contoh kerja sama yang terjalin didalam sebuah perusahaan, diantaranya yaitu :

  1. Kerja sama antara perusahaan dengan perusahaan.
  2. Kerja sama antara perusahaan dengan karyawan.
  3. kerja sama antara pimpinan dengan karyawan.
  4. kerja sama antara karyawan dengan karyawan.

Untuk itu didalam menyelesaikan pekerjaan karyawan juga di tuntut untuk mampu bekerja sama dalam tim.
Bahkan didalam persyaratan pendaftaran karyawan baru biasanya perusahaan mencantumkan “mampu Bekerja sama” sebagai salah satu persyaratan yang harus di penuhi.

3. Kemampuan Bekerja Di bawah Tekanan

Kenapa kemampuan dapat bekerja dengan baik dibawah tekanan menjadi pertimbangan penting perusahaan dalam memilih karyawan?
Hal ini dikarenakan perusahaan sudah paham betul jika didalam pekerjaan itu selalu saja terdapat tekanan. Siap untuk bekerja berarti juga kita harus siap mendapatkan tekanan, baik itu dari atasan, lingkungan pekerjaan, ataupun dari sesama karyawan.
Apa saja contoh tekanan dalam pekerjaan ini? Banyak, misalnya :

  • selalu dimarahi atasan.
  • Pekerjaan yang selalu salah.
  • Dikejar deadline.
  • Merasa kurang bisa menyesuaikan diri dari lingkungan dan tertekan oleh teman teman karyawan lainnya.

Serta masih banyak contoh tekanan pekerjaan lainnya.

4. Kemampuan Menyesuaikan Diri

Untuk menjadi seseorang yang disukai baik itu oleh pimpinan ataupun pekerja lainnya kita harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Percayalah jika lingkungan pekerjaan itu tidak seenak yang kita bayangkan. Disana selalu terjadi kompetisi, persaingan, dan juga adu menonjolkan diri untuk memperoleh jabatan, sehingga mampu menempatkan diri kita sendiri adalah cara yang paling bijak agar kita bisa tetap bekerja dengan tenang.

5. Kemampuan Berkomunikasi

mampu berkomunikasi dengan baik juga menjadi salah satu pertimbangan penting perusahaan dalam menerima pegawai. Karena bekerja itu sendiri selain menyumbangkan tenaga kita juga harus menyumbangkan pikiran.

Terus kalau saya nggak pinter berpendapat gimana mas?

komunikasi adalah salah satu media untuk menyampaikan pendapat kita, jadi mulai sekarang jika untuk yang masih kuliah dan sering mengadakan diskusi, atau bapak bapak yang sering ikut rapat di desa jangan pernah malu untuk bertanya ataupun mengutarakan pendapat, karena itu akan membentuk dan melatih kemampuan komunikasi yang kita miliki.

6. Kemampuan Memimpin

Memimpin itu sulit, jangankan memimpin perusahaan memimpin keluarga saja kadang kita merasa kuwalahan, tapi ya ini adalah yang dicari perusahaan.
Orang orang dengan tangan dingin yang memiliki visi misi, disiplin dan ambisi besar akan membawa keuntungan bagi perusahaan tempat dia bekerja.
Dan lagi mencari pemimpin itu sekarang tidak gampang.

7. Sikap Royal

Siapa yang tidak senang berteman dengan teman yang royal? Saya yakin kita  semua pasti suka berteman dengan teman yang royal terhadap kita.
Contoh Sikap royal ini sangat banyak ya, misalnya tidak perhitungan, nggak “nimbang nimbang” saat memberikan sesuatu, setia, dan perhatian.
Begitu juga perusahaan akan sangat menyukai seseorang yang memiliki royalitas tinggi.
Bagi perusahaan karyawan adalah aset berharga karena karyawan inilah sebagai penyangga berdirinya sebuah perusahaan, apalagi jika karyawannya memiliki royalitas tinggi terhadap tempat dia bekerja, dijamin kita akan selalu dipertahankan dengan berbagai cara mulai dari menaikkan jabatan, mempromosikan kenaikan gaji dan lain lain karena takut kehilangan karyawan yang royal dalam pekerjaan.

8. Jujur

Jujur merupakan hal yang sangat di cari oleh semua perusahaan.
Sepintar dan secerdas apapun seseorang maka tidak akan berguna jika orang itu tidak jujur, dan lagi perbuatan tidak jujur ini sangat berbahaya terutama didalam tempat dia bekerja, karena bisa merugikan orang lain ataupun perusahaan.
Jika disuruh memilih cerdas tapi kurang jujur atau biasa biasa saja tapi jujur saya yakin anda akan memilih yang biasa saja tapi jujur, begitu juga perusahaan. Jadi karyawan yang jujur adalah salah satu yang paling oleh perusahaan. 

9. Cerdas tapi tetap rendah hati.

Siapa sih yang nggak pengen punya karyawan yang cerdas tapi tetap down to earth alias rendah hati dan tidak sombong?
Sekarang mah orang seperti in sudah sangat susah dicari.
Jangankan yang cerdas, yang “kosong” aja sekarang sudah pada tinggi hati.
Untuk itu jika anda merasa cerdas tidak perlu di tunjukkan dan bertinggi hati, ingat diatas langit itu masih ada langit, dan lagi kalau yang gemar menyombongkan diri itu nantinya didalam pekerjaan malah banyak yang tidak suka dan ingin menjatuhkan.
So jadilah biasa saja kalau cerdas tidak perlu diombongkan juga orang akan tau dengan sendirinya.

10. Dedikasi

untuk yang terakhir ini adalah dedikasi.
Perusahaan sangat menghargai karyawan yang berdedikasi tinggi. karyawan yang telah memberikan sumbangsih dan mengabdikan diri pada pekerjaan, tidak segan untuk memberikan pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi mencapai keberhasilan suatu perusahaan.
karena tidak semua orang mau mencintai dan berdedikasi pada pekerjaannya.

kalau semua kriteria diatas sudah kita miliki rasanya perusahaan akan berpikir berulang ulang kali untuk memberhentikan atau memecat kita.

Mungkin itulah beberapa hal yang sangat di cari cari oleh perusahaan dalam setiap karyawan nya, semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan.

2 Comments

  1. Karin

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.