27 Januari 2017

Jenis Media Cetak Yang Paling Terkenal Di indonesia

Media Cetak dan Informasi merupakan salah satu bentuk sumber informasi yang memiliki banyak sekali manfaat baik dari segi ekonomis maupun non ekonomis.
Dari segi ekonomis yang jelas media cetak biasa sangat efektif apabila di gunakan sebagai penyedia jasa/sarana promosi atau iklan (advertaising).
Sedangkan dari segi non ekonomis media cetak merupakan media sumber informasi dan komunikasi satu arah yang sangat efektif, biasanya di gunakan untuk menyampaikan informasi baik berupa pemberitahuan, ajakan, larangan, perintah ataupun teguran.
Jenis Media yang terdapat di Indonesia memiliki banyak jenis, apa saja? Silahkan di simak Berikut ini..

Macam-Macam Media Cetak Yang Paling Terkenal Di indonesia

1. Koran 

contoh koran
koran

Kata koran atau surat kabar berasal dari bahasa Belanda “Krant” dan bahasa Perancis “courant” yaitu memiliki makna untuk menggambarkan surat kabar yang memiliki suatu penerbitan yang ringan dan ditebitkan setiap hari, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Koran merupakan salah satu media cetak yang sudah ada cukup lama. Koran memiliki peran penting sebagai penyedia informasi, di Indonesia sendiri koran memuat berbagai macam topik seperti politik, keuangan, saham, dan lainnya, tapi juga berisikan hal-hal ringan seperti review film, music, dan lain-lain.
Tujuan informasi dalam koran yaitu untuk memberi pengetahuan, dan juga sebagai media promosi.

2. Majalah

contoh majalah
majalah

Assegaff, 1983 menyebutkan bahwa Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel atau tulisan dari berbagai penulis. Selain memuat artikel, Majalah juga merupakan publikasi yang berisi cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah.
majalah merupakan salah satu media cetak berbagai informasi. Majalah biasanya lebih tematik (memuat tema tertentu ), misalnya ada majalah khusus untuk wanita, otomotif, keuangan, dekorasi, travel, gaya hidup dan lain lain. Majalah biasanya di terbitkan dengan jadwal tertentu, seperti seminggu sekali atau dua kali.

3. Tabloid

tabloid
tabloid

Tabloid sebenarnya adalah istilah suatu format surat kabar berukuran 597 mm × 375 mm. Lebih kecil dari ukuran standar koran harian.
Istilah Tabloid biasanya dikaitkan dengan penerbitan surat kabar reguler non harian (bisa mingguan, dwi mingguan, dan sebagainya), Tabloid biasanya berfokus pada tema yang lebih “santai”, terutama masalah pesohor, olahraga, kriminalitas, dan lain-lain.

Baca juga >>  Cara Aman Melindungi Keluarga Anda Dari Asap Berbahaya Saat Berkendara

4. Buku

contoh buku
buku

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada setiap lembar nya bisa berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Buku sejak dulu di kenal sebagai salah satu sumber informasi terbaik. Buku juga menjadi salah satu media cetak favorit masyarakat Indonesia Terbukti dengan berkembang pesatnya media ini.
Buku memiliki berbagai jenis bentuk dan nama, mulai dari novel, hingga buku pelajaran.
Buku umumnya di simpan dalam sebuah perpustakaan.

5. Brosur

contoh brosur
brosur

Brosur atau lembar pengumuman adalah terbitan tak berkala yang dapat terdiri dari sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu antara lain dengan staples, benang, atau kawat, biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras.
Media cetak yang satu ini memang lebih terfokus pada literature promosi, entah itu sebuah produk, event, ataupun komunitas.

6. Selebaran

contoh selebaran
selebaran

Selebaran adalah jenis sederhana pamflet yang berisi sejumlah informasi pendek dalam halaman-halamannya. Selebaran  atau biasa di sebut juga dengan istilah Flyer merupakaan salah satu media cetak yang memiliki ukuran kecil. Fungsinya hampir sama dengan brosur, yaitu untuk promosi.

7. Billboard

contoh billboard
billboard

Papan Billboard atau papan pengumuman adalah salah satu dari bentuk promosi iklan luar ruang (outdoor advertising) selain baliho, megatron, vegatron, dll. Ukurannya cukup besar dan sering di jumpai di tempat yang sering dilewati banyak orang seperti pinggir jalan dan temtpat tempat keramaian lainnya. Media cetak ini memang sering dijumpai karena diletakan di lokasi strategis dengan ukuran yang besar. Media ini digunakan sebagai iklan.

Nah mungkin itu dia bebrapa media cetak paing di kenal di indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai ketemu di tulisan selanjutnya.

SHARE:
artikel 0 Replies to “Jenis Media Cetak Yang Paling Terkenal Di indonesia”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.