Pedasnya sukses dari usaha bertani cabe

cabe merupakan salah satu komuditi pangan pokok yang sangat dibutuhkan saat ini. cabe memegang peranan penting dalam berbagai lapisan masyarakat.
contohnya dalam industri pangan, cabe merupakan bumbu dapur paling utama berbagai macam kuliner, juga biasa dimanfaatkan sebagai pemberi rasa pedas, penyedap rasa, dan lain sebagainya.

Cabe sendiri merupakan salah satu kebutuhan pokok karena hampir setiap makanan dan masakan menunakan cabai sebagai bumbu. 

Oleh sebab itu cabai memiliki harga yang lumaya tinggi dipasaran.
Inilah alasan yang membuat usaha menanam cabe bisa sangat menguntungkan karena cabe memiliki nilai ekonomis cukup tinggi di mata masyarakat.

Jenis Cabe
Cabai dikelompokan menjadi dua jenis berdasarkan jenisnya yaitu :

1.Cabe Rawit (cabai kecil)

usaha cabe rawit

Cabe rawit atau cabe kecil memiliki ciri yaitu berukuran kecil dan memiliki rasa yang sanat pedas. Lebih pedas jika di bandingkan dengan cabe besar atau cabe keriting. Cabe kecil umumnya digunakan pada masakan masakan pedas seperti sambel terasi dan lan sebagainya.
2.Cabe Besar
Cabe besar memiliki ukuran lebih besar di banding dengan cabe rawit tapi memiliki rasa yang tidak sepedas cabe rawit. Cabe besar biasanya ada 3 jenis, yaitu :
1.    Cabe Hijau

usaha cabe hijau

cabe hijau memilki ukuran besar lebih besar di banding cabe rawit, tidak terlalu pedas dan berwarna hijau tua.

2.    Cabe Merah

usaha cabe merah

berwarna merah terang, tapi tidak lebih pedas di banding cabe rawit, berukuran sedang atau besar

3.    Cabe Keriting

usaha cabe keriting

mirip dengan cabai hiju hanya saja memiliki bentuk yang keriting sesuai dengan namanya,.

Potensi Pasar
Faktor utama pendorong yang menjadikan semakin banyaknya permintaan cabe dipasaran, semakin banyaknya jumlah penduduk semakin banyak pula yang membutuhkan cabe. Dan ini merupakan pertanda baik bagi para petani cabe, karena kemungkinan hasil panennya dan penjualan cabe akan laku dipasaran dengan harga tinggi.

Keuntungan bertani cabe
Meningkatnya permintaan pasar terhadap komoditi cabe akan meningkatkan potensi pasar dan harga yang baik untuk cabe. sehingga peluang usaha bercocok tanam cabe juga semakin terbuka lebar.

Kenapa harus memilih cabe ??Alasan kenapa usaha bercocok tanam cabe dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

1. teknik dan cara budidaya yang mudah
Teknik dan cara budidaya yang relatif mudah menjadi keuntungan tersendiri pada usaha bercocok tanam cabe. Dengan menerapkan teknik sederhana, budidaya cabe tidak memerlukan banyak penanganan, biaya pemeliharaan selama proses produksi juga tidak terlalu besar.

2 cabe  merupakan kebutuhan pokok
Cabe merupakan salah satu bumbu wajib dalam hampir setiap masakan sehinga cabai menjadi salah satu kebutuhan pokok yang pasti di butuhkan setiap hari.

Tips memulai usaha bercocok tanam cabe
Persiapan
Sebelum memulai usaha bercocok tanam cabe ada beberapa persiapan yang perlu anda lakukan diantaranya :

1. Persiapan lahan
Sama seperti usaha bercocok tanam lain nya, menanam cabe juga memerlukan persiapan khususnya pada lahan. Anda bisa membajak terlebih dahulu lahan yang hendak anda gunakan untuk menanam cabe untuk menggemburkan tanah dan membuat cabe anda bisa tumbuh secara maksmal.
Cabe biasa ditanam pada tanah yang di buatkan gundukan panjang untuk menghindari cabai terendam air saat hujan.

2. Persiapan bibit
Pilihlah bibit cabai sesuai dengan target pasar anda, jika target pasar anda adalah cabai kecil, maka belilah bibit cabe kecil, tapi jika cabe besar carilah bibit cabai besar. Anda bisa langsung datang ketoko bibit dan berkonsultasi kepada penjual untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda. Atau anda dapat membibit sendiri cabai melalui proses pembibitan tentu saja hal ini memerlukan keterampilan khusus.
untuk harga bibit cabai berfariasi tergantung dengan jenis cabai, yaitu antara 20 ribu sampai 90 ribu perbungkus.

3. Pupuk
Pupuk adalah tambahan agar membuat cabe anda lebih subur dan sehat. Pilihlah pupuk sesuai dengan jenis cabe anda. Jangan memberikan pupuk terlalu sedikit atau teralu berlebihan pada cabe karena akan berdampak kurang baik pada kwalitas cabai anda.

4. Obat anti hama
Hama adalah musuh utama para petani khususnya cabe, hama yang biasa menyerang tanaman cabe adalah ulat, belalang yang memakan daun cabe sehingga pertumbuhan cabe menjadi tidak maksimal atau bahkan bisa membuat cabe mati. Dan masih banyak lagi.
Anda bisa memilih obat sesuai dengan hama yang menyerang tanaman cabe anda, berkonsultasilah dengan penjual obat hama tanaman cabe karena mereka sudah paham obat hamamana yang cocok untuk digunakan.

5.Panen
panen biasa dilakukan setiap dua bulan atau lebih tergantung dengan cabai anda.
Cabai kecil biasanya dipanen jika cabe sudah mulai berwarna merah, atau hijau tua tergantung dengan pesanan.
Untuk cabai merah Panen biasanya dilakukan jika cabe sudah muli berwarna merah atau menguning.
Begitu juga dengan cabai hijau dan cabai keriting.

mungkin Cuma itu saja dulu yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa untuk segera membuka usaha sebelum kesempatan itu keburu didahului orang.
Sampai jumpa dan semoga sukses

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.