1 Januari 2017

bagaimana melakukan Budidaya Gandum Yang Menjanjikan

apakah anda memiliki ketertarikan untuk memulai usaha budidaya gandum?
Mungkin harus di akui di indonesia sendiri gandum merupakan tanaman yang bisa di bilang belum di minati dan di lirik oleh petani. Padahal gandum merupakan salah satu makanan pokok yang sangat di butuhkan oleh masyarakat, karena bisa di manfaatkan sebagai makanan dan bahan baku industri.

sebenarnya Gandum atau Triticum spp adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol.

Gandung sendiri di perkirakan berasal dari turki, siria, irak dan iran. Sejarah mengatakan gandum mulai di budidaya dan di pergunakan seja 2700 sebelum masehi.

Sayang nya di indonesia sendiri tanaman ini belum menjadi salah satu tanaman prioritas produksi dan kalah jauh peminatnya di bandingkan dengan tanaman konsumsi lain seperti pagi, jagung, kacang kacangan dan sebagainya. Sehingga pemerintah terpaksa harus menginport bahan baku yang satu ini dari luar negeri.
Padahal faktanya manfaat gandum dalam kehidupan sehari hari sangat fital dan yang paling dikenal diantaranya yaitu bahan baku pembuatan mie dan juga roti yang notabene di konsumsi oleh masyarakat sehari hari.

usaha tanam gandum

Manfaat Mengkonsumsi Gandum :

  1. mengkonsumsi gandum dikenal mampu mengurangi risiko beberapa penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan sebagian jenis kanker.
  2. Meningkatkan kesehatan usus dengan membantu menjaga proses pencernaan dan buang air, serta dapat menjaga keberadaan bakteri baik dalam usus. .
  3. Memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi-nutrisi, seperti protein, serat, vitamin B, antioksidan, dan mineral magnesium, zinc, dan zat besi.

Alasan Kenapa Usaha Budidaya Gandum Ini Layak Dikerjakan?Diluar dari pemanfaatannya yang luas dan juga beragam ternyata gandum memiliki kelebihan lain yang bahan tidak dimiliki tanaman lain seperti padi, yaitu :

  • Proses penanaman lebih mudah.
  • Biaya yang diperlukan dalam proses pemupukan relatif lebih sedikit.
  • Pemeliharaan lebih mudah dari pada padi.
  • Lebih tahan terhadap hama terutama burung, karena karena pada gabahnya terdapat duri-duri
  • Dengan membudidaya tanaman gandum dapat memutus siklus hama tanaman produksi lain seperti kentang, kacang dan jagung.
Baca juga >>  Pedasnya sukses dari usaha bertani cabe

Bagaimana Cara Budidaya Gandum?

Sebenarnya budidaya gandum sangat mungkin dilakukan di indonesia, pasalnya iklim dan kondisi tanah negara kita ini sangat memenuhi syarat untuk budidaya gandum.
Syarat tumbuh gandum diantaranya :

  1. Gandum idealnya tumbuh pada tanah dengan ketinggian sekitar 800mdpl dengan suhu sekitar 25 derajat celcius.
  2. Membutuhkan curah hujan cukup (600 milimeter/tahun).
  3. Kelembaban udara antara 80 sampai 90%.

Cara Budidaya :

1. Pengolahan Lahan. 

Tanah sebaiknya di bajak karena gandum cocok dengan tanah yang gembur, minimal satu minggu sebelum proses penanaman hal ini dimaksudkan juga unuk menumbuhkan unsur hara, meantisipasi jika terdapat gas racum di dalam tanah prosuksi. Disarakan dibuat pula bidingan dengan lebar 200cm kemudian disela selanya dibuat saluran air.

2. Pembibitan. 

Bibit bisa diperoleh dengan cara penyemaian benih gandum hingga daun tumbuh. Atau langsung menanam bibit pada tanah bedengan den gan jarak teratur dan sesuaia antara 35 x 25 cm.

3. Waktu tanam dan perawatan

 Gandum cocok ditanam saat memasuki musim kemarau, setelah proses penanaman gandum harus selalu dirawat dengan cara pengairan dan juga pemupukan.
Pemupukan pertama biasa dilakukan saat tanaman mulai tumbuh, yang kedua sekitar 30 hari setelah ditanam.

4. Panen.

 Panen bisa dilakukan saaat biji masak, berwarna kuning kecoklatan,.
Panen dapat dilakukan dengan memotong setinggi 25cm dari tanah.
Pemisahan biji dan jerami dapat dilakukan dengan menggunakan mesin perontok padi (traser )atau manual (digepyo/di pukul).

Mungikin Cuma itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini mengenai bisnis budidaya gandum yang menjanjikan, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
Terimakasih dan Sampai jumpa

SHARE:
budidaya 0 Replies to “bagaimana melakukan Budidaya Gandum Yang Menjanjikan”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.