budidaya Ikan Nila Lengkap Harga Bibit Dan Tips budidaya

Budidaya Ikan Nila  

Usaha budidaya Ikan Nila
source image wikipedia

peluang bisnis Budidaya Ikan Nila
Ikan ini merupakan ikan yang Banyak diminati masyarakat indonesia. Selain enak untuk diolah, Ikan nila juga sangat mudah untuk dibudidaya, selain itu ikan nila juga lebih tahan dari penyakit dibanding ikan-ikan jenis lainnya. Selain itu, ikan nila juga memiliki kemampuan pertumbuhan yang cepat, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya jika Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah sekali dikembang biakan. Selain itu harganya juga relatif murah sehingga banyak orang yang mencari ikan ini untuk dijadikan lauk. Ikan nila biasanya memang untuk dikonsumsi oleh masyarakat, bisa juga dijual kepada para pedagang atau warung makanan, seperti warung ikan nila bakar atau ikan nila pepes.



Budidaya Ikan Nila
Tahukah anda, kalau ikan nila dapat hidup di air tawar dan air laut, jadi ini dapat mempermudah pengusaha ikan nila untuk menentukan habitat bagi budidayanya. Sistem adaptasi ikan nila juga sangat mudah, jadi hal ini cukup membantu anda dalam memulai usaha ini.

Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

Ikan nila memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ini rangkuman yang saya dapat dari manfaat ikan nila :

1. Kandungan protein
Sudah tidak diragukan lagi, bahwa semua jenis ikan mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Walaupun tidak sebanyak kandungan protein pada ikan laut, protein pada ikan nila mampu mencukupi kebutuhan protein tubuh perhari. Protein itu sendiri mempunyai peranan penting dalam tubuh, seperti:
Meningkatkan massa otot
Menjaga ketahanan tubuh
Meningkatkan kesehatan otot
Menjaga daya tahan dan stamina tubuh

2. kandungan omega 3 
Kandungan omega 3 pada ikan nila berperan penting dalam meningkatkan kesehatan sel otak, membantu perkembangan kecerdasan anak. Selain omega 3, ikan nila juga mengandung kalium Yang berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi oksigenasi pada otak..

3. Fosfor
Ikan nila mengandung fosfor yang membantu menjaga kesehatan tulang. Kebutuhan fosfor yang tercukupi akan meminimalisir resiko terjadinya osteoporosis.
Selain menjaga dan menguatkan tulang, fosfor juga membantu menjaga kekuatan dan kesehatan gigi. Fosfor menguatkan dan mencegah agar gigi tidak rapuh dan berlubang.

4. Mengandung vitamin B3
Dalam ikan nila ini juga terkandung vitamin B3 yang sangat penting untuk tubuh. Manfaat vitamin B3 itu sendiri antara lain:
Menguraikan energi pada makanan
Mencegah kram dan kejang pada otot
Mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan
Meningkatkan daya tahan dan ketahanan tubuh terhadap penyakit

5. Mengandung vitamin B5
Vitamin B5 ini memmpunyai manfaat, yaitu:
Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh
Mencegah kram dan kejang otot
Meminimalkan reaksi emosi dan stress
Melancarkan proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak
Mencegah dan mengatasi insomnia

6. Mengandung vitamin B12
Manfaat dari vitamin B atau biaa dikenal dengan istlah B komplek ini antara lain:
Membantu proses pemecahan sel tubuh
Membantu proses pembentukan sel darah merah
Meningkatkan dayatahan tubuh
Mencegah terjadinya anemia

7. kaya antioksidan
ikan nila ini juga mempunyai kandungan antioksidan seperti halnya sayur dan buah. Walaupun tidak sebesar kandungan antioksidan sayuran dan buah buahan, namun kandungan ikan nila cukup untuk menangkal radikal bebas.


Tips Memulai Usaha Ikan Nila

1.Mempersiapkan kolam untuk ikan nila

ikan nila mampu dibudidayakan tanpa kolam, tetapi menggunakan terpal.
Ini cukup membantu bila anda tidak memiliki kolam sedangkan keinginan
hati adalah memulai usaha dengan ikan nila.
Khusus untuk nila, hasil
yang bagus bisa diperoleh bila kolamnya berasal dari tanah. Selain
hemat, ikan nila pun mudah serta cepat berkembang biak.


2. Persiapan Benih Ikan Nila

berikut ini saya akan memberikan Gambaran Harga Benih Bibit Ikan Nila, harga ini adalah relatif jadi bisa berbeda setiap daerah dan lokasi, harga i hanyalah gambaran untuk anda, jadi bisa saja berbeda dengan harga di lokasi anda.

Daftar harga Benih Ikan Nila

harga Ikan Nila Hitam

ukuran: Harga:
1-2 cm Rp. 1-30 per ekor
2-3 cm Rp. 30-50 per ekor
3-5 cm Rp. 50-75 per ekor
5-7 cm Rp. 75-100 per ekor

harga Ikan Nila merah

Ukuran: Harga:
1-2 cm Rp. 25-40 per ekor
2-3 cm Rp. 40-60 per ekor
3-5 cm Rp. 60-90 per ekor
5-7 cm Rp. 90-100 per ekor

3. Tebar Benih Ikan Nila

Kolam yang telah terisi air sedalam 60-75 cm siap untuk ditebari benih ikan nila. Padat tebar kolam tanah untuk budidaya ikan nila sebanyak 15-30 ekor/m2. Dengan asumsi, ukuran benih sebesar 10-20 gram/ekor dan akan dipanen dengan ukuran 300 gram/ekor.
Sebelum benih ditebar, hendaknya melewati tahap adaptasi terlebih dahulu. Gunanya agar benih ikan terbiasa dengan kondisi kolam, sehingga resiko kematian benih bisa ditekan. Caranya, masukkan wadah yang berisi benih ikan nila ke dalam air kolam. Biarkan selama beberapa jam. Kemudian miringkan atau buka wadah tersebut. Biarkan ikan keluar dan lepas dengan sendirinya.

4. Pakan Ikan Nila

Jenis pakan yang baik berupa pelet yang mengandung 30% protein dan ukuran pakan disesuaikan dengan bukaan mulut bibit ikannya. Selain itu juga dapat diberikan pakan tambahan berupa dedak halus, ampas tahu atau bahan makanan lain yang mudah diperoleh. Pemberian pakan per hari harus, yaitu sebanyak 5% dari berat tubuh ikan.
Pakan untuk ikan nila sendiri juga tidak terlalu rumit, pada dasarnya ikan nila termasuk dalam jenis ikan omnivora atau pemakan segala, dari pakan dedak, ampas kelapa, pellet, bahkan sisa makanan di dapur, atau masih banyak lagi yang lainnya.
Saran saya, gunakan saja pakan alami yang ada di kolam. Daun-daunan atau enceng gondok sudah bagus untuk nila. Jika tidak ada, silahkan ambil bibitnya di tambak atau tempat ikan orang lain. Mintalah dengan jujur. Kalau sekedar hijau-hijauannya, biasanya diberi secara gratis.
Lebih bagus lagi kalau dari awal anda sudah memancing pakan ikan nila tumbuh secara alami. Caranya adalah membuat kolam dari tanah dengan metode yang tepat. Kita akan membahas hal itu juga.
Meski demikian, harus ditambah makanan pellet yang berprotein sekitar 28%. Pemberian pakan sebaiknya 3 kali sehari, pagi siang dan sore. Kira-kira 5% dari berat ikan.

5. Panen ikan nila

Diutuhkan waktu 4-5 bulan (ada juga yang 6 bulan) untuk merubah benih nila yang semula 10-20 gram per ekor menjadi sekitar 300 gram per ekor. Pilih ikan yang cocok untuk dijual, sisanya dibudidayakan lagi.
Hal Penting Lainnya
Lindungi ikan nila
Kolam ikan harus diberi pelindung agar ikan tidak dimakan kucing atau burung. Lindungi juga dari penyakit dan hama

Penyebab kegagalan pebisnis nila

Kegagalan pebisnis ikan nila biasanya di sebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai ikan ini.
Pakan maupun kolamnya harus sesuai.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda.

One Response

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.