3 Januari 2017

Budidaya Ikan Patin Lengkap Tips Budidaya

budidaya ikan patin

ikan Patin merupakan salah satu komoditas ikan air tawar budidaya yang sedang populer untuk dibudidayakan saat ini.  Banyak orang yang telah mencoba dan berhasil membudidayakan ikan ini. Cara untuk membudi budidayakan ikan Patin tidaklah sulit & memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Manfaat Ikan Patin

Selain memiliki daya jual yang lumayan di pasaran ikan patin juga memiliki beberapa manfaat bila di konsumsi, diantaranya adalah :

budidaya ikan patin

1. Rendah kandungan kolesterol

Bagi anda yang memiliki gangguan kesehatan kolestrol tinggi, anda dapat mencoba mengkonsumsi ikan patin ini. Kandungan lemak tak jenuh ikan ini dapat membantu mengurangi jumlah kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

2. Lemak tak jenuh

Daging dari ikan patin selain membantu mengurangi resiko kolesterol, juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskuler. Hal ini disebabkan karena lemak tak jenuh yang terkandung didalam daging ikan patin, sangat berguna dalam mencegah terjadinya penyakit penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskuler. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini sangat tinggi mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalam ikan patin..

3. Baik untuk jantung

Salah satu jenis penyakit kronis yang dapat dicegah bila mengkonsumsi ikan patin adalah jantung koroner. Sama seperti kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya, lemak tak jenuh yang terkandung di dalam manfaat ikan patin membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh yang di konsumsi tidak akan mengendap dan menghambat aliran darah di dalam pembuluh darah.

4. Baik untuk Pertumbuhan Bayi

Bagi para ibu hamil, ikan patin dapat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan janin anda selama masa kandungan. Hal ini disebabkan oleh kandungan DHA dan manfaat omega 3 yang kaya pada ikan patin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk :

  • Menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan
  • Menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal
  • Menjaga janin agar tetap sehat

5. Tinggi Protein

Bagi  yang sedang melakukan program diet atau sedang dalam proses Pembentukan masa otot, daging ikan patin sangatlah baik untuk di konsumsi. Kandungan protein yang tinggi dari daging ikan patin, membuat daging ikan patin akan sangat efektif untuk :

  • Menambah massa otot
  • Memperkuat otot
  • Mengencangkan otot
  • Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh
  • Menambah kekuatan tubuh

6. Tingi Fosfor

Tulang dan duri dari ikan patin memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi ini akan membantu memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium dalam tubuh dalam sehari. Selain itu, kalsium dan fosfor juga baik untuk :

  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Mencega osteoporosis

Selain itu Salah satu manfaat dari ikan patin, selain bagi kesehatan tubuh kita juga dapat menunjang dalam segi ekonomi. Anda dapat mencoba bisnis pengembangbiakan ikan patin atau bisa juga melakukan bisnis hasil olahan ikan patin. Salah satu jenis hasil olahan ikan patin yang sudah sukses adalah abon ikan patin. Tentu saja bagi yang jeli dalam melihat peluang, ikan patin akan menjadi sumber kesehatan dan juga sumber penghasilan yang utama.

Keunggulan Ikan Patin

Ikan patin sendiri, memiliki beberapa keunggulan yang membuat ikan ini menjadi salah satu favorit. Keunggulan ini antara lain :

1. Daging yang lembut dan gurih

Salah satu keunggulan paling mencolok dari ikan patin adalah tektur dari dagingnya yang gurih dan lembut. Hal ini membuat ikan patin menjadi favorit dari segala kalangan masyarakat di Indonesia.

Baca juga >>  Untung menjadi petani timun yang menjanjikan

2. Mudah ditemui 

Ikan patin merupakan jenis ikan yang mudah ditemui. Hampir setiap tempat pasar ikan  menjual jenis ikan patin ini.

3. Hampir Semua bagian ikan patin bisa diolah

Tak hanya daging dan kepalanya saja, tulang dan duri ikan patin ternyata juga dapat diolah. Adalah abon ikan patin, yang juga melibatkan duri dari ikan patin dalam pembuatannya. Hal ini membuat hampir seluruh bagian ikan patin bermanfaat dapat dikonsumsi.

4. Tinggi Kandungan Gizi

Ikan patin memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Ikan ini memiliki nilai kandungan protein dan lemak tak jenuh yang sangat tinggi.
Itulah beberapa manfaat dan keunggulan ikan patin yang bisa diperoleh, tidak hanya dagingnya namun tulangnya pun bermanfaat bagi tubuh kita, serta mampu bernilai ekonomi.

5. mudah di budidaya

Ikan patin termasuk salah satu jenis ikan yang mudah di budidaya dan tidak rewel. budidaya ikan patin juga tidak terlalu menguras waktu.

Tips Membudidayakan Ikan Patin

Berikut tips cara membudidaya ikan patin

1. Persiapan Lahan

1. Keringkan kolam sebelum kolam di isi air
2. Taburkan garam grasak untuk membasmi jamur saat penjemuran kolam, besihkan
3. Jangan lupa membersihkan sisa sisa garam dikolam agar air tidak asin karena bisa membunuh ikan
4. Jika menggunakan kolam tanah, ada baiknya menggemburkan tanah sebelum di isi air bila kolam tanah

2. Penebaran Benih Ikan Patin

Hal sangat penting yang sering dilupakan dalam proses tebar ikan patin adalah proses tebar bibit patin yang salah, berikut ini beberapa tips saat menebar patin.

1.    Siapkan ember untuk perendaman benih ikan sebelum di tebar
2.    Isi air ke dalam ember secukupnya ( ambil air dari kolam yang akan di tebari benih Patin)
3.    Rendamlah benih ikan patin selama 15 menit untuk adaptasi dengan air kolam yang baru.

Penting untuk di perhatikan saat perendaman benih di kolam Biarkan ikan berenang sendiri kekolam dan jangan di tuang,  langsung, tunggu saja sampai ikan berenang sendirinya karena jika langsung dituang akan membuat ikan strees dan tidak mau makan, sehingga akhirnya mati.

3. Pemberian Makan 

Untuk pemberian makanan biasanya dalam sehari ikan patin di berikan makan 2 – 3 kali, yaitu pagi, agak sore dan habis magrib.
Jangan memberikan makanan terlalu sedikit karena akan membuat ikan kurang makan, dan jangan terlalu berlebihan karena sisa makanan yang tidak dimakan akan membuat koolam kotor dan mengganggu ikan.

4. Modal Memulai usaha Budidaya Ikan Patin

Untuk Kolam dengan ukuran 7 x 10 meter dengan kedalaman air  mencapai 120 cm Mampu menampung 6.000 ekor bibit ikan dengan ukuran bibit 1 inch atau sebesar sedotan air minum. 

Modal:

Untuk modal sebenarnya relatif tapi saya akan memberikan gambaran modal yang di butuhkan untuk memulai usaha ini.

  • Bibit ikan 1 inch    Rp.        150
  • Pakan apung pf.1000    Rp. 130.000
  • Pakan apung 781-2    Rp. 200.000
  • Obat    Rp.   25.000 – 100.000
  • lain lain –

5. Keuntungan

  • Harga jual ikan patin dipasaran berkisar antara Rp.14.000
  • Prakiraan hasil penghitungan umum selama 7 bulan,panen 1kg isi 3 ekor. 
  • jadi 6.000 ekor ikan Patin di bagi 3 ekor = 2.000 kg dikalikan harga konsumsi Rp.14.000/kg =Rp.28.000.000
  • Pendapatan jual = Rp.28.000.000 (belum di kurangi modal)

tentu saja angka angka diatas barulah perkiraan dan pada prakkteknya bisa saja jauh berbeda.

Ikan Patin ini tidak kanibalisme sehingga aman meskipun dipelihara dengan berbagai ukuran. ikan ini termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan dan pemberian pakanpun tidak mengeluarkan modal yang terlalu banyak, serta harga jualnya pun mahal dipasaran, tapi memang ikan patin ini tidak seperti ikan lainya, ikan patin ini memang agak lama panennya.

mungkin hanya itu dulu yang bisa saya bagikan tentang bisnis Budidaya Ikan Patin Lengkap Tips Budidaya, semoga bermanfaat

SHARE:
budidaya 0 Replies to “Budidaya Ikan Patin Lengkap Tips Budidaya”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.