menanam untung dari budidaya kacang tanah

0
32
usaha budidaya kacang tanah

apakah anda suka dengan pecel lontong? salah satu bahan dasar membuat sambel pecel adalah kacang tanah.
dan kali ini berwirausaha.net akan mengupas tentang peluang bisnis budidaya kacang tanah.

seperti yang di ketahui bersama kacang tanah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan masyarakat saat ini. dan juga kacang tanah memiliki harga yang lumayan tinggi di pasaran.
kacang tanah biasa di manfatkan untuk berbagai keperluan seperti bumbu masakan, dijadikan berbagai macam olahan, dan cemilan yang bisa dijual kembali.

selain itu kacang tanah kaya akan protein dan lemak

keunggulan budidaya kacang tanah

  • Daya penghasilan tinggi.
  • Umurnya pendek (genjah) sehingga cepat panen yaitu antara 85-90 hari.
  • Hasilnya stabil.
  • Tahan terhadap penyakit seperti (karat dan bercak daun).
  • Toleran terhadap kekeringan atau tanah becek.

Jenis kacang tanah yang banyak dibudidaya  di Indonesia yaitu :

  • Kacang Brul, berumur pendek (3-4 bulan).
  • Kacang Cina, berumur panjang (6-8 bulan).
  • Kacang Holle, merupakan tipe campuran hasil persilangan antara varietas-varietas yang ada. 

Cara Berbudidaya kacang

sebelum bercocok tanam kacang ada beberapa hal yng perlu di perhatikan, diantaranya :

persiapan lahan
Lahan merupakan media tempat tanam kacang, kacang dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur. Sehingga untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah anda bisa menggemburkan tempat yang akan dijadikan media tanam kacang tanah terleih dahulu dengan cara dicangkul atau dibajak.
Sehingga tanah menjadi gembur/bertekstur ringan dan subur.
Biasanya tempat penanaman akan dibuat gundukan lurus berjajar untuk menghindari kacang terendam air jika banjir. Pastikan tanaman kacang anda cukup air, karena Kekurangan air akan menyebabkan tanaman kurus, tidak berisi, kerdil, layu dan akhirnya mati.

Pembibitan

Biasanya bibit kacang tanah adalah berupa biji yang masih berada dalam kulit, anda bisa langsung membelinya dari penjual bibit kacang tanah atau bisa juga membeli dari petani lain dengan memastikan terlebih dahulu kwalitas kacang yang hendak anda beli, dan anda bisa menyesuaikan jenis kacang dengan yang anda minati.

Penanaman

kacang biasanya ditanam jika akan memasuki masa penghujan untuk memastikan kacang mendapat curah hujan yang cukup dan jika memasuki panen sudah musing kemarau.
cara penanamannya yaitu dengan membuat lubang dan memasukan beberapa butir bibit kacang, hal ini dilakukan untuk cadangan jika bibit satu mati masih ada gantinya.

Panen

seperti yang saya jelaskan diawal setiap jenis kacang memiliki masa panen yang berbeda tapi anda bisa mengetahui nya langsung denan melihat kodisi fisik salah satu tanaman kacang anda apakah sudah siap panen atau belum carangnya yaitu dengan mencabut salah satu nya dan melihat ciri ciri fisiknya seperti :

  • kacang sudah besar dan terisi penuh
  • daun mulai menguning
  • jika dikupas kacang sudah keras dan tidak lunak.

untuk harga anda bisa langsung mengeceknya langsung dipasar terdekat dari lokasi tempat tinggal anda karena harga kacang selalu berbeda setiap musimnya.

mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini semoga bermanfaat, dan sukses selalu dengan usaha anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.