Peluang Usaha Budidaya Nanas Madu Yang menjanjikan

1
53
Peluang Usaha Budidaya Nanas Madu

Selamat datang diberwirausaha.net pengunjung yang budiman!
Apakah anda memiliki minat untuk memulai usaha budidaya buah nanas? Jika iya kali ini berwirausaha.net ingin membagikan ulasan mengenai peluang usaha budidaya nanas madu, bagaimana prospek usaha nya, serta sedikit memberikan gambaran kepada anda cara menanam buah nanas. Selamat membaca.

Apa itu nanas madu?

Nanas madu merupakan salah satu jenis buah nanas yang saat ini sedang menjadi primadonanya buah nanas, karena dari namanya saja kita sudah bisa ditebak jika nanas ini memiliki rasa yang sangat manis dan juga segar.

Memang benar nanas madu memiliki rasa manis yang lebih di banding nanas biasa dan juga memiliki daging serat lebih lunak serta banyak mengandung air, sehingga lebih segar dan cocok dikonsumsi pada siang hari saat cuaca panas.

Apa sih kelebihan budidaya buah nanas?
Nanas jenis madu memiliki keunggulan dibandingkan dengan buah buahan lainnya diantaranya yaitu:

  • Lebih diminati masyarakat.
  • Masa produktif panen terbilang lebih lama.
  • Mudah dibudidayakan.
  • Bisa bertahan dari segala jenis musim.
  • Gampang beradaptasi dengan areal tempat budidaya.
  • Tahan dari berbagai macam penyakit ataupun hama.
  • Hampir bisa tumbuh disemua jenis tanah (kecali tanah lempung).

Bagaimana sih prospek Peluang Usaha Budidaya Nanas Madu dipasaran?
Seperti yang diketahui bersama jka nanas memliki harga yang lumayan tinggi dipasaran, sehingga membudidaya nanas bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang tepat.
Selain itu permintaan pasar akan nanas juga kadang belum bisa dipenuhi oleh petani dan tidak jarang hal ini menjadikan pemerintah mendatangkan buah nanas dari daerah lain, dan tentu saja ini menjadi sebuah peluang yang mejanjikan jka dikerjakan dengan serius.

Siapa Target Pasar Anda?
Sebenarnya target konsumen buah nanas sangat luas, karena nanas madu merupakan buah yang bisa dikonsumsi oleh sapa saja dan baik bagi kesehatan karena banyak mengandung fitamin, tapi secara spesifik target konsumen anda meliputi :

  • Pejual buah yang menjajakan buah buahan.
  • Penual jus.
  • Penjual petisan
  • Atau Bisa juga langsung dijual dipinggir jalan.

Bagaimana proses Budidaya dan Cara menanam Nanas?
Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum membudidayakan nanas madu, yaitu:

1. Mempersiapkan lahan

Lahan nantinya akan menjadi tempat proses anda menanam dan merawat tanaman nanas madu anda, sehingga mempersiapkan lahan merupakan hal yang wajib anda lakukan sebelum anda menanang bibit nanas madu, karena hal ini akan sangat menetukan hasil produksi dari nanas madu yang anda tanam.
Sebenarnya Nanas madu bisa tumbuh subur dimana saja asal bukan tanah berlempung. Nanas madu juga membutukan lahan yang gemur dan memiliki cukup asupan air, agar tanaman ini tidak kering selain itu kekurangan air bisa menyebabkan nanas madu anda menjadi kuntet dan tidak bisa besar.
Sebaiknya bajak dahulu halan yang akan anda gunakan atau cangkul agar lahan lebih gebur dan bentuklah barisan gundukan tanam memanjang.

2. Pemilihan Benih Nanas Madu

Anda diharuskan memilih benih yang baik untuk mendapatkan hasil nanas madu yang memuaskan, anda bisa langsung membeli pada toko bibit atau bisa juga membelinya langsung dari petani lain.
Hal yang harus diperhatikan dalam memilih benih:

  1. Pastikan memiliki catatanĀ  hasil panen yang baik.
  2. Tidak memiliki riwayat penyakit.
  3. Dan cocok dibudidaya pada daerah anda.

3. Proses Penanaman Nanas Madu

Buatlah lubang pada gundukan tanah yang tadi disiapkan berikan pupuk secukupnya.
Kemudian taburkan langung benih kedaam lubang yang telah disediakan.
Tutup kembali lubang dengan tanah
Kemudian padatkan (tapi jangan terlalu padat benar) untuk memberikan kesempatan bakal tanaman merambat keluar.

4. Pemeliharaan

  • Penyulaman

Kegiatan penyulaman nanas diperlukan, untuk menggantikan beberapa bibit nanas yang mati, tidak tumbuh karena kesalahan teknis penanaman atau faktor lain.

  • Penyiangan

Penyiangan dilakukan guna membersihkan kebun nanas dari rumput liar dan gulma pesaing tanaman nanas dalam hal air, unsur hara & sinar matahari. Cara penyiangan dilakukan dengan mencabut rumput dengan tangan/kored/cangkul. Tanah di sekitar bedengan digemburkan dan ditimbunkan pada pangkal batang nanas sehingga membentuk gundukan.

5. Pemupukan

Pemupukan dilakukan setelah nanas berumur 2sampai 3 bulan dengan pupuk buatan. Pemupukan susulan berikutnya diulang tiap 3 sampai 4 bulan sekali sampai tanaman berbunga dan berbuah. Untuk Jenis dan dosis pupuk yang digunakan anda bisa langsung berkonsultasi dengan penjual pupuk dan atau petani lain yang lebih berpengalaman. karena setiap jenis pemupukan disesuaikan dengan kwalitas tanaman anda.

6. Panen

Panen dilakukan setelah nanas berumur 12 sampai 24 bulan, tergantung dari jenis bibit yang digunakan. Bibit yang berasal dari mahkota bunga berbuah pada umur 24 bulan, hingga panen buah setelah berumur 24 bulan. Tanaman yang berasal dari tunas batang dipanen setelah umur 18 bulan, sedangkan tunas akar setelah berumur 12 bulan.

Ciri-ciri buah nanas yang siap dipanen:

  1. Mahkota buah terbuka.
  2. Tangkai ubah mengkerut.
  3. Mata buah lebih mendatar, besar & bentuknya bulat.
  4. Warna bagian dasar buah kuning.
  5. Timbul aroma khas nanas yang harum & khas.

Bagaimana Proses dan Cara Panen?

Panen dapat dilakukan dengan memotong bagian pangkal buah nanas madu dan mengambilnya langusng dari batang nya.
Jangan menunda panen karena jika terlambat nanas madu anda bisa busuk.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa bwerwairausaha,net bagikan kali ini tentang peluang usaha budidaya nanas maduĀ  buah yang menhasilkan semoga bermanfaat an sukses selalu dengan usaha anda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.