ide usaha makanan ringan pinggir jalan paling menguntungkan

0
69

halo apa kabar?

pada kesempatan kali ini berwirausaha akan mencoba membagikan tips tentang 15 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula yang mudah dikelola, dan yang pasti akan mendatangkan keuntungan.
Sebelumnya apa itu makanan ringan?

Makanan ringan adalah makanan yang biasa disebut juga dengan kudapan, atau snack.

Makanan ini biasanya dijadikan sebagai  teman minum kopi, dan dihidangkan pada saat ada tamu, juga biasa dinikmati pada saat bersantai atau berkumpul dengan kelarga.

Makanan ringan biasanya dijual pada pinggiran jalan raya yang ramai.
Meski dijual di pinggir jalan tapi keuntungan yang di dapatkan dari bisnis makanan ringan ini tidak bisa disepelekan, hal ini dikarenakan besarnya minat masyarakat akan makanan ringan.
Jika anda tertarik untuk memulai usaha ini atau anda sedang mencari ide makanan ringan apa saja yang digemari masyarakat? berikut ini saya akan memberikan ulasannya.

15 Ide Peluang Usaha Makanan Ringan Modal Kecil Paling menjanjikan



1.Piscok

Piscok atau pisang cokelat adalah sejenis pisang yang digoreng krispi di bungkus dengan kulit yang renyah dan didalamnya diisi dengan cokelat yang lezat.
Makanan ini sangat di minati oleh masyarakat dari segala kalangan, baik anak anak, muda atau desawa. Hal ini dikarenakan makanan yang satu ini memang sangat nikmat, cocok dihidangkan dalam setiap kesempatan, juga bisa dijadikan hidangan saat ada acara seperti arisan, yasinan dan lain lain.


2. Tahu Bulet

Makanan tahu bulat saat ini sedang buming bumingnya belakangan ini, bahkan saking terkenalnya sampai diangkat menjadi sebuah permainan yang bernama tahu bulat. Hehehe
Seperti namanya makanan yang satu ini berbahan dasar terbuat dari tahu yang berbentuk bulat.
Jika anda ingin membuka usaha makanan ringan maka makanan yang satu ini akan sangat menjanjikan mengingat sudah banyak masyarakat yang familiar dengan makanan yang satu ini.

3. Empek Empek Palembang

Jika bicara tentang empek empek pasti kita akan langsung teringat dengan empek empek palembang,  empek empek palembang memang adalah rajanya empek empek, makanan yang satu ini sudah sangat dikenal dan diterima baik oleh masyarakat. Maka jika anda berfikiran membuka usaha makanan ringan empek empek palembang menjadi salah satu pilihan yang patut anda coba.

4. Gorengan (pisang, tahu, bakwan)

 usaha makanan ringan

Jika bicara soal makanan ringan maka kita tidak bisa lepas dari yang namanya gorengan, dan gorengan ya tidak bisa lepas dari 3 serangkai yang sangat terkenal ini, yaitu pisang goreng, tahu bunting, dan bakwan.
Makanan ini sudah menjadi jamuan rutin dalam setiap kegiatan, acara, maupun suguhan.

5. Cireng Isi

Apakah anda sering mendengar atau pernah membeli makanan cireng? Sesuai dengan namanya, Cireng adalah makanan yang terbuat dari aci dan dimasak dengan cara di goreng yang didalamnya sudah diisi dengan berbagai macam isian.
Cireng sangat cocok dijual pada malam hari atau pada saat hujan karena rasanya yang hangat dan juga nikmat cocok dionsumsi saat hujan.

6. Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau, hampir sebagian besar orang lebih suka makanan bubur kacang hijau dibanding bubur lainnya, sehingga bubur kacang hijau merupakan bubur favorit. Selain itu bubur kacang hijau memiliki kandungan gizi yang cukup komplit dan tinggi, serta proses pembuatan bubur kacang hijau juga tidak sulit.

7. Roti Bakar

Roti bakar merupakan salah satu usaha yang Saat ini sudah banyak digeluti. Bisnis roti bakar ini dapat dijalankan dengan modal kecil dan berpotensi mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.
lokasi paling cocok untuk berjualan roti bakar adalah dipinggir jalan, daerah dekat taman, dan tempat keramaian lain.

8. Singkong Keju

Jenis usaha ini mungkin masih jarang dijalankan namun bukan berarti peminat makanan ringan ini sedikit. Pelanggan singkong keju ini lumayan banyak dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha, karena bahan yang simple dan proses pembuatannya cukup sederhana. Anda bisa membuat berbagai variasi rasa seperti, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, ataupun singkong keju variasi Anda sendiri.

9. Tahu Kremes

Tahu kremes merupakan tahu yang diluarnya dilapisi tepung garing, tahu ini memiliki banyak sebutan, seperti: tahu kress, jeletot, tahu brontak, tahu goyang  lidah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tahu kremes ini merupakan salah atu jenis makanan ringan yang banyak disukai, mulai anak-anak sampai dewasa


10. Bandrek

Sebenarnya bandrek mungkin masuk kedalam kategori minuman, namun bandrek ini juga memiliki isian yang lumayan komplit sehingga cocok disajikan sebagai makanan ringan dan minum atau dimakan saat hujan, karena jahenya bisa menghangatkan badan dan memiliki kelebihan yaitu mencegah masuk angin.


11. Jagung Bakar

Jagung bakar merupaka makanan ringan paling banyak di gemari khususnya kaum muda mudi sehingga sangat cocok dijual pada malam hari, didaerah ramai seperti taman, pinggir jalan dan tempat tempat keramaian lainnya.

12. Ubi Bakar Cilembu

 Ubi bakar cilembu adalah salah satu jenis ubi yang saat ini mulai banyak dikenali oleh masyarakat kelebihan ubi ini yaitu rasanya yang enak dan tidak lembek, sehingga memiliki penggemarnya sendiri.

13. Martabak Manis dan Martabak telor

Martabak merupakan makanan ang sudah lama dikenal dan digemari oleh masyarakat, makanan  ini biasa diisi dengan berbagai isian seperti kaang, mesis, keju dan lain lain.
Berbeda dengan martabak, martabak telor adalah martabak yang dibbuat dengan bahan dasar telor.
Makanan
ini biasanya juga dikonsumsi dengan kuah, rasanyayang unik dan nikmat
menjadi salah satu penyebab makanan ini laris dipasaran.

14. Sosis Goreng

ternyata sosis goreng bukanlah makanan yang digemari hanya oleh anak anak saja makanan ini juga sekarng banyak diminati dewasa dan orang tua, selain karena banyaknya orang yang suka dengan sosis juga karena makanan in termasuk baik dan bergizi.


15. Kerak telor

Makanan yang berasal dari betawi ini memiliki keunikan pada saat proses memasaknya yaitu di bakar dengan tungku dan aran. Makanan ini saat ini sudah memiliki banyak penggemar karena rasanya yang nikmat dan aromanya yang menggoda.


Tips Sukses dalam Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha sukses makanan ringan merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki banyak pelanggan, ditambah lagi makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak menjadikan terbuka lebarnya peluang usaha ini. Beberapa tips dalam membuka usaha makanan ringan: 

1. Perhatikan Kualitas

Makanan ringan yang dijual harus memiliki kualitas, terutama dari segi rasa. Selain itu juga harus di perhatikan baik dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasan. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ringan juga haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai aturan, misalnya goreng lah camilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemaslah makanan ringan yang sudah digoreng dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik. 

2. Jangan takut Berinovasi

arena ketatnya persaingan dalam bisnis ini jika anda ingin sukses maka anda akan dituntut untuk terus berinovasi dengan produk anda, hal ini dilakukan untuk menarik minat beli masyarakat. 
 

3. Perhatikan pelayanan

Layani pelanggan dengan sangat baik dan sopan, jika pelayanan anda baik maka pelanggan tidak akan segan untuk kembali membeli dagangan anda. 

4. Gunakan Strategi Pemasaran yang sesuai

Strategi pemasaran yang baik akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya, karena itu sebagai pemula bisnis makanan ringan, Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang tepat serta mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan.
Mungkin hanya itu dulu yang bisa saya bagkan kali ini, semoga memberi inspirasi dan idebagi anda untuk memulai usaha.
Semoga bermanfaat dan semoga sukses dengan usaha anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.