Pengertian pasar dan Jenis Usaha Yang Paling Cocok Dilingkungan Pasar

Apakah anda mencari jenis usaha apa yang memiliki kentungan paling besar dari berjualan khususnya dipasar?
Seperti yang kita ketahui bersama Jualan merupakan salah satu cara paling efektif untuk memperoleh penghasilan dan keuntungan. Keuntungan yang diperoleh dari berjualan umumnya bersifat langsung dengan cara mengambil mengambil selisih dari harga eli awal barang dan harga jual kembali. jualan umumnya dilakukan di lingkungan pasar.

Apa Itu Pasar?

Pengertian Pasar adalah Tempat bertemunya penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa, tujuannya tentu saja untuk penjual adalah memperoleh keuntungan dari dagangan yang di tawarkan, sedangkan pembeli memperoleh barang yang di butuhkan. Yang disebut dengan pasar sebenanrnya adalah sebuah kegiatan jual beli yang dilakukan pada suatu lokasi tertentu.

Transaksi Jual Beli

Transaksi merupakan kesepakatan yang dilakukan antara penjual dan pembeli, maksudnya adalah penjual menawarkan barang dengan harga tertentu, nantinya kalau pembeli setuju membeli barang tersebut terjadilah suatu transaksi atau pertukaran, yang umumnya di gunakan sebagai media tukar adalah uang. Tapi jual beli juga bisa dilakukan dengan sistem barter atau tukar barang dengan barang.

Jenis jenis pasar

Pasar di bedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Berdasarkan bentuknya : pasar nyata dan pasar abstrak/maya yang mengunakan media lain seperti internet, dll.
  2. Berdasarkan Jenis Transaksinya : pasar Tradisional, dan pasar modern.
  3. Berdasarkan Distribusinya : pasar lokal, pasar daerah, pasar nasional dan internasinal.
  4. Berdasarkan waktu dilakuknnya : misal pasar minggu, pasar pagi, dan pasar biasa.

Jenis Usaha Yang Paling Cocok Dilingkungan Pasar

Apa Saja Jenis Usaha Yang Paling Cocok Dilakukan Di Lingkunga Pasar?Berikut ini rangkumannya:

1. Sembako

Sembako sebenarnya merupakan singkatan Sembilan Barang Pokok kebutuhan masyarakat yang terdiri dari:

  1. Beras, sagu dan jagung
  2. Gula pasi dan gula merah
  3. Sayu sayuran dan buah buahan
  4. Daging ayam, sapi dan ikan
  5. Minyak goreng dan margarin
  6. Telur
  7. Susu
  8. Bahan bakar dan gas (ELPIJI)
  9. Garam dan penyedap rasa

Jualan Sembaku merupakan salah satu jenis usaha yang paling cocok dilakukan atau dibuka di lingkungan pasar, karena pasarmerupakan tempat tujuan pertama masyarakat mencari bahan kebutuhan pokok seperi yang saya jelaskan diatas. Bahkan orang tua saya saja saat ini berjualan sembako.

2. Barang Pecah Belah

Barang pecah belah merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan barang keperluan rumah tangga seperti piring, gelas, sendok, mangkok, gayung, ember dan sejenisnya.
Seperti namanya barang pecah belah biasanya terbuat dari bahan bahan yang bisa pecah seperti plastik ataupun beling. Tapi ada pula beberapa barang lain yang tidak memiliki sifat pecah tetapi di kategorikan sebagai barang pecah belah.
Jualan barang barang pecah belah ini sangat menguntungkan karena jenis dagangan seperti ini termasuk dagangan awet yang bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama, karena tidak basi dan tidak mudah rusak.

3. Sayur Mayur

Sayur sayuran merupakan keperluan yang di perlukan setap hari terutama oleh ibu ibu dan rumah tangga, Sayur sayuran ini sangat di butuhkan untuk keperluan memasak, sehingga jenis jualan ini sangat cocok jika dijual pada lingkungan pasar. Sayuran memiliki kelebihan yaitu dibutuhkan setiap harinya.

4. Makanan

Jenis usaha ini juga tidak kalah menggiurkan dengan jenis usaha sebelumnya karena yang namanya pasar itu sudah pasti selalu ramai idatangi pembeli dan setiap hari manusia itu butuh yang namanya makan. Selain itu makanan biasanya memiliki keuntungan lebih besar karena keuntungan yang di dapatkan perharinya bisa mencapai 2 kali lipat harga total modal belanja yang di keluarkan.

5. Sandangan atau pakaian

Usaha yang paling menggiurkan berikutnya adalah pakaian atau sandang.
Pasar sudah sejak lama di kenal sebagai tempat untuk mempeoleh sandangan, baik itu berupa baju, celana, sarung dan jenis jenis barang keperluan sandang lainnya.
Kelebihan dari membeli pakaian di pasar adalah harganya biasanya jauh lebih murah dan bisa ditawar.

6. Jualan Pakan Ternak

Jualan paka ternak merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menggiurkan jika dilakukan dilingkungan pasar karena pakan ternak biasanya memiliki harga yang lumayan dan di butuhkan terutama dalam proses budidaya ternak.

7. Keperluan sehari hari lainnya.

Sebenanrnya kalau mau di rinci masih sangat banyak jenis usaha yang bisa di buka di lingkungan pasar, tapi secara garis besar kita bisa ambil kesimpulan jika usaha itu merupakan usaha jualan peralatan dan keperluan masyarakat sehari hari.
Misalnya seoerti keperluan bertani dan berladang, keperluan budidaya, sampai dengan keperluan khusus lainnya yang mungkin tidak bisa saya sebutkan semuanya.

Mungkin Cuma itu dulu yang bisa saya bagikan kali ini tentang Pengertian pasar dan Jenis Usaha Yang Paling Cocok Dilingkungan Pasar. Semoga yang telah saya uraikan kali  dapat bermanfaat.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.