Ide Usaha Dengan Memanfaatkan Limbah Kayu

2
193

Apakah di sekitar anda banyak terdapat limbah kayu yang di buang begitu saja? Atau mungkin hanya dijadikan sebagai bahan bakar menghidupkan api tungku?
Padahal jika ditangan tangan orang orang kreatif sampah kayu yang semula dianggap tidak penting tersebut mampu disulap menjadi sebuah karya seni yang bernilai jual tinggi dan bisa berpotensi menjadi sebuah peluang usaha yang menggiurkan untuk di geluti seperti yang akan kami bagikan pada tulisan kali ini.
Perlu diketahui peluang usaha memang bisa datang dari mana saja, termasuk dari limbah kayu yang sudah tidak digunakan. Sayaratnya Kita hanya harus sedikit lebih jeli lagi dalam melihat peluang.

Daftar Tulisan

Kenapa harus limbah kayu?

Ada beberapa alasan kenapa limbah kayu dapat dipilih untuk di olah menjadi sebuah peluang usaha, diantaranya :

  • Limbah kayu bisa didapatkan secara gratis.
  • Sumber daya untuk Limbah kayu sangat melimpah dan banyak sekali ditemukan di sekitar kita.
  • Kayu sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari hari kita.
  • Kerajinan tangan dari kayu cenderung mampu bertahan lebih lama, karena tidak mudah pecah, ataupun rusak.

Selain itu kayu dapat diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah karya seni bernilai jual tinggi.

Syarat dan tantangan usaha pengolahan kayu limbah menjadi kerajinan.

Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk bisa memulai usaha kerajinan limbah kayu, diantaranya yaitu :

  1. Memiliki keahlian khusus, terutama dibidang pengolahan kayu.
  2. Anda harus memiliki kemampuan dan kreatifitas yang tinggi untuk mengubah sesuatu yang di buang menjadi karya seni dan tentu saja ini tidak mudah.
  3. Anda harus rajin serta kreatif dalam membuat bentuk bentuk baru yang unik yang mampu menarik minat beli masyarakat.
  4. Anda harus bisa memperkenalkan hasil kerajinan anda agar lebih dikenal dan diketahui oleh masyarakat secara luas.

Berikut ini contoh contoh usaha kerajinan yang di buat menggunakan bahan limbah kayu

1. Hiasan kayu berbentuk lukisan 3 dimensi 

lukisan kayu

Apakah anda pernah melihat lukisan 3 dimensi?
Jika lukisan biasa mungkin hanya ilusi mata. Berbeda dengan kerajinan tangan berikut ini, kerajinan tangan ini memang benar benar dibuat menjadi bentuk 3 dimensi, yang memiliki tekstur nyata. Dibuat dengan menggambar kayu menjadi suatu gambar objek tertentu jika dilihat dari bagian depan.
Kerajinan tangan ini dibuat menggunakan media lukis, proses pembuatan dengan mengambar bagian tengah kayu yang dipotong dan dibentuk menggunakan bantuan sinar laser sehingga mampu menghasilkan hasil potongan yang halus, rapih dan sempurna.

2. Hiasan Pot terbuat dari akar kayu

naga kayu

Apakah anda penggemar barang unik? Jika iya maka kerajinan yang berikut ini pasti akan sangat menarik perhatian anda.
Pasalnya Kerajinan tangan ini terbuat dari akar kayu yang sengaja di bentuk mengikuti alur dan bentuk dari akar kayu itu sendiri.
kerajinan ini menghasilkan sebuah karya seni rupa berbentuk patung yang menyerupai naga yang sangat gagah. Patung ini sangat unik padahal terbuat dari limbah akar kayu yang biasanya tidak terfikirkan lagi untuk  dimanfaatkan, apalagi dibuat menjadi sebuah karya seni yang unik dan menarik.

3. Jam tangan dari potongan kayu

jam kayu

Jika melihat jam tangan mewah dan mahal mah mungkin anda sudah biasa, tapi bagaimana jika jam tangan yang justru terbuat dari bahan kayu? Yang pasti akan memberikan kesan berbeda dengan jam  tangan umum yang biasa dipakai orang kebanyakan.
Jam tangan ini juga memiliki harga pasaran yang sangat tinggi bahkan saya pernah melihat harga untuk sebuah jam tangan di bandrol dengan kisaran harga antara 500 ribu sampai 1 juta, bahkan yang lebih mahal lagi pun ada.

4. Kandang burung dari limbah kayu jati

kandang kayu

Apakah anda pencinta burung? Jika iya pasti anda pernah melihat sebuah kerajinan tangan berupa sangkar burung yang terbuat hampir keseluruhannya dari bahan kayu jati.
Sangkar burung ini terkenal memiliki harga jual yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan sangkar burung lainnya, karena bentuknya yang sangat kokoh dan kuat, jadi jangan heran kalau bobotnya lumayan berat. Selain itu harga sangat burung dari bahan limbah potongan kayu jati ini juga harganya tidak main main tingginya, untuk satu kandang burung dengan ukuran standar anda harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah demi mendapatkannya.

5. Hiasan dinding berbentuk muka dari limbah kayu

hiasan muka dari kayu

Mainan berbentuk muka ini sering dijadikan pajangan di kantor kantor dan juga di ruang tamu, karena memang bentuknya yang sangat unik.
Mainan ini berbentuk wajah jelek yang tertawa dan mengejek, mainan ini terbuat dari akar bambu yang telah di haluskan sehingga membentuk menyerupai muka seseorang,

Mungkin Cuma itu dulu yang bisa saya bagikan tentang peluang usaha kreatif dengan memanfaatkan limbah kayu.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.