Manfaat Menabung Untuk Masa Depan

Apakah kamu sudah mempunyai tabungan? Kalau belum sebaiknya mulailah menabung dari sekarang? Menabung memiliki banyak sekali manfaat positif untuk kehidupan yang bisa membantu kamu jika suatu saat memiliki keperluan uang secara mendadak.

Apa itu menabung?

Pengertian dari menabung adalah menyisihkan sebagian uang, harga, atau kekayaan kita untuk di simpan. Simpanan ini dimaksudkan untuk uang jaga jaga apabila membutuhkan uang secara mendadak di kemudian hari(kelak).

Tabungan

Manfaat Menabung Untuk Masa Depan | karir dan pendidikan
menabung

Tabungan memiliki dua makna sesuai dengan penggunaannya untuk istilah yang pertama di gunakan untuk menyebutkan tempat penyimpanan uang(celengan) untuk anak anak.
Sedangkan secara umumnya kata Tabungan lebih sering di artikan untuk menyebut uang yang sudah berhasil kita simpan. Contoh penggunaan kalimat : “tabungan saya yang ada di bank sudah mencapai 100 juta”

Nasabah

Dalam kaitan hal ini, Nasabah adalah istilah yang di gunakan untuk menyebutkan subjek (bisa orang atau lembaga tertentu) yang memiliki kepentingan dengan bank. Jika dalam dunia perdagangan nasabah bisa disetarakan artinya dengan pelanggan yang menggunakan jasa kita.

Alasan paling dasar kenapa menabung menjadi sangat penting dilakukan adalah untuk mempersiapkan pencegahan terjadinya kemungkinan kekurangan keuangan disaat saat yang sangat dibutuhkan. Untuk itu pada anak sebaiknya menabung di biasakan sedikini mungkin.
Apa saja sih manfaat menabung yang utama? Silahkan disimak rangkuman berikut ini:

10 Manfaat Menabung Untung Masa Depan:

1. Belajar mengatur keuangan

Dengan menambung mau tidak mau kamu harus bisa mengatur keuangan kamu, mana yang harus di gunakan untuk keperluan sehari hari, mana yang harus di gunakan untuk keperluan sekunder dan tersier, serta mana yang harus disisikan untuk di simpan.

2. Membuat Kamu Belajar Hidup Hemat

Secara tidak langsung Menabung dapat membantu kamu belajar untuk hidup lebih hemat, karena menabung adalah menyisikan sebagian uang yang kita miliki untuk keperluan masa depan. Jadi menabung mampu mencegah kamu menghabiskan uang mu untuk keperluan yang kurang bermanfaat, dan menyimpannya untuk sesuatu yang lebih penting dimasa mendatang.

3. Mempunyai Uang Cadangan Saat Keperluan Mendesak

Kita tidak pernah tau akan nasib seseorang, siapa tau dimasa depan kita tiba tiba membutuhkan uang kita memiliki uang cadangan. Tentu saja klita sadar bahwa memperoleh uang tidak mudah sehingga dengan menabung sedikit demi sedikit kita sudah mempersiapkannya jauh jauh hari. Jadi ketika tiba waktunya uang itu di butuhkan kita sudah memiliki tabungan yang cukup. Atau setidaknya tabungan itu akan mengurangi beban kita.

Advertisement

4. Menghindari Terjerat Hutang

Bagaimana kita memperoleh uang secara mendadak ketika secara tiba tiba kita perlukan, misal ada sesuatu yang sangat penting yang memerlukan banyak uang, seperti contoh biaya pengobatan, biaya pendidikan dan lain lain. Mungkin jalan satu satunya adalah dengan hutang, oleh sebab itu menabung mampu menghindarkan kita dari terlilit hutang.

5. Investasi Jangka Panjang

Investasi adalah sebuah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan kegiatan yang menganggarkan uang kita untuk keuntungan dimasa depan.
Contoh kita investasikan uang kita di bank, nantinya ketika bank mendapat keuntungan kita akan mendapatkan bagian dari keuntungan nya (biasanya dalam bentuk persen).

Contoh dari bentuk investasi lain yang lebih sederhana adalah saat kita membeli emas, 10 tahun kemudian ketika harga emas naik kita menjualnya kita mendapat keuntungan, maka itu juga diartikan sebagai investasi. Tapi dalam bentuk yang masih tradisional.

6. Melatih Pola Hidup Sederhana

Dengan mengatur keuangan maka kita akan terhindar dari hidup boros, karena menabung memaksa kita menentukan penggunaan uang berdasarkan kebutuhannya. Pada saat kita memiliki uang lebih dari pada menghabiskannya untuk sesuatu yang tidak terlalu penting kita akan memilih untuk menabungnya dan dari sanalah akan tercipta hidup yang sederhana. 

7. Melatih Kesabaran

Saat menabung kita juga akan belajar yang namanya sifat sabar, kenapa karena setiap hari kita di latih untuk  menahan diri agar tidak menggunakan uang untuk keperluan yang kurang penting. Selain itu saat uang kita telah banyak di tabungan kita juga akan di uji untuk menahan perasaan ingin untuk menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain.

8. Melatih Sifat Disiplin

Kenapa menabung membentuk sifat disiplin, karena seperti yang kita tau menabung itu dilakukan secara sedikit demi sedikit dan continue, jadi kita setiap hari kita dilatih disiplin dalam menggnakan dan menyisikan uang kita.

9. Mencegah Kamu Kehabisan Uang

Seberapapun banyaknya nominal uang yang kamu punya saat ini kalau kamu tidak mampu mengelolanya secara tepat pasti lama lama akan habis juga, oleh sebab itu menabung mampu mencegah kamu menghabiskan uang mu untuk sesuatu yang tidak sebenanrya tidak kamu perlu.

10. Membuat Kamu Berkemungkinan Cepat Kaya

Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit, sebuah istilah yang cocok di gunakan untuk menggambarkan poin nomer terakhir ini, meskipun kamu hanya menabung 20 ribu sehari, kalau 20 tahun juga sudah bisa di hitung sendiri hasilnya. Jadi jangan menyepelekan kecilnya nominal yang yang kamu tabung. Bahkan seorang pemulung dari tiongkok mampu membeli mobi sport dengan uang recehan hasil tabungannya selama bertahun tahun.

Mungkin Cuma itu saja yang bisa berwirausaha bagikan kali ini semoga tulisan ini bermanfaat, dan mari kita mulai belajar menabung sejak dini.
Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di tulisan selanjutnya 

Advertisement

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.