17 Februari 2017

Tips Cara Resign atau mengajukan pengunduran diri

Apakah anda sedang memikirkan langkah untuk berhenti dari perusahaan tempat anda bekerja sekarang?
Kita tau jika kita tidak mungkin akan selamanya bekerja disebuah perusahaan, terutama saat kita merasa sudah mulai tidak nyaman atau juga mungkin telah menemukan pekerjaan lain yang lebih baik dan berpeluang memberikan penghasilan lebih besar daripada pekerjaan yang sekarang.
Nah saat itu lah saat nya anda mulai memikirkan langkah untuk mengajukan resign.

cara resign

Apa itu resign

Resign atau penguduran diri yaitu adalah sebuah proses (prosedur) yang bersifat resmi, yang tujuannya adalah untuk menyatakan secara pasti bahwa anda (sebagai pekerja) berhenti dari pekerjaan dan keluar dari perusahaan tempat anda bekerja. 

Kenapa harus mengundurkan diri

Pasti banyak sekali ya alasan ya mungkin membuat seseorang akhirnya memutuskan diri untuk resign dari pekerjaannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bosan

Bosan adalah salah satu alasan yang paling simpel dan paling banyak dirasakan oleh seseorang pekerja kenapa akhirnya memutuskan untuk melakukan penguduran diri. Rasa bosan dalam pekerjaan memang sulit untuk di hilangkan sepenuhnya tapi bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini cara paling mudah menghilangkan rasa bosan dalam pekerjaan.

2. Kurang nyaman dengan pekerjaan lamanya

Tidak sedikit orang yang merasa kurang nyaman atau merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti lingkungan kerja yang kurang sesuai, teman teman kerja yang kurang solid, atau mungkin jutru dari pekerjaannya sendiri memang sulit untuk dikerjakan.

3. Ingin mencari tantangan atau sesuatu yang baru

Kegiatan yang itu itu saja dan sudah dilakukan selama bertahun tahun atau dalam jangka waktu yang sangat lama tentu membuat kita merasa bosan dan ingin mencoba melakukan hal hal baru.

4. Mendapatkan tawaran yang lebih menggiurkan

Tidak bisa dihindari pasti kita merasa tergiur untuk pindah dan berhenti bekerja jika memperoleh tawaran yang lebih baik dari pekerjaan yang kita lakukan sekarang.

Hal hal yang harus di perimbangkan sebelum mengajukan pengunduran diri

Dari penjelasan sebelumnya tentu kita bisa mengambil kesimpulan jika alasan yang menjadi pendorong seseorang akhirnya memutuskan berhenti dari pekerjaannya sangat banyak.  Tapi sebelum berhenti tentu kita harus memiliki beberapa pertimbangan, nah berikut ini beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan berhenti dari pekerjaan anda yang sekarang:

1. Pastikan anda tidak akan menyesali keputusan ini.

Hal yang paling penting dan paling mendasar untuk dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan berhenti dari pekerjaan yang sekarang adalah mempertimbangkan secara masak masak, apakah keputusan yang anda ambil untuk berhenti ini sudah tepat dan jangan sampai anda nantinya malah menyesalinya. Ingat jaman sekarang ini sulit mencari pekerjaan.

Baca juga >>  Tips Meraih Tidur yang Berkualitas

2. Pastikan kemana anda akan pergi setelah keluar dari pekerjaan yang sekarang.

Sebelum memutuskan untuk melayangkan surat penguduran diri, alangkah baiknya jika anda sudah memiliki persiapan tempat kerja, atau setidaknya rencana tempat untuk bekerja setelahnya. Jika anda berhenti dari pekerjaan yang sekarang sementara anda tida tau mau kemana dan bekerja apa ini sama dengan anda melakukan tindakan yang konyol.

3. Pastikan anda akan memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

Tujuannya seseorang berhenti memberikan sumbangsihnya pada perusahaan yang sekarang tentu untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari pada yang sekarang, jika hanya berhenti untuk mendapatkan seseuatu yang sama atau justru lebih sulit tentu ini menandakan keputusan anda berhenti kurang tepat.

4. Pastikan penghasilan anda akan jauh lebih baik.

Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum keluar dari pekerjaan adalah  gaji atau pendapatan, kira kira jika berhenti nanti dapat pekerjaan yang gajihnya lebih besar atau tidak.

5. Pastikan lokasi tempat anda bekerja sesuai dengan yang anda harapkan.

Lingkungan kerja yang nyaman adalah yang diharapkan oleh semua orang, termasuk saya dalam mencari pekerjaan. Akan sangat percuma kan pekerjaan yang gajinya besar jika ternyata tempat kerjanya berbahaya, jauh dari keluarga, atau yang mungkin bisa berseiko untuk keselamatan anda sendiri. 

Kapan saat yang tepat untuk mengajukan resign

Setelah faktor faktor pertimbangan diatas semuanya dipenuhi sekarang saatnya memilih saat yang pas untuk mulai mengajkan pengunduran diri, kapan saat yang tepat untuk mengudurkan diri? Berikut ini:
Saat saat kegiatan perusahaan sedang tenang.
Saat anda sudah tidak memiliki tanggungan.
Saat anda sudah siap dan sudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.
Jangan melakukan penguduran diri secara mendadak, karena biasanya hal seperti ini akan meninggalkan kesan buruk, atau bahkan membuat citra anda menjadi jelek jika dilakukan pada saat yang tidak tepat.

Bagaimana cara mudah untuk berhenti bekerja (resign)

1. Membuat surat penguduran diri.

Berikut ini adalah contoh surat penguduran diri (resign)

contoh surat resign
contoh surat pengunduran diri

2. Serahkan surat pengunduran diri anda kepada atasan

Setelah surat penguduran diri selesai anda buat serahkan surat tersebut kepada atasan anda dan tunggulah persetujuan. jangan dulu berkemas untuk pergi sebelum surat pengunduran diri adna  disetujui

3. Melakukan packing dan Pamitan

Packing alias beres beres biasanya dilakukan setelah semua urusan yang bersifat resmi telah dilakukan. Saat ini juga biasanya anda pamitan dengan kawan kawan dan rekan kerja anda di tempat kerja, bersalam salaman, dan meminta maaf mungkin jika ada kesalahan.

Hal lain yang mungkin di tanyakan

  1. Berapa lama surat pengajuan diri di acc? Tergantung kebijakan atasan, atau mungkin sesuai dengan kebijakan perusahaan tempat anda bekerja
  2. Bagaimana jika pengajuan pengunduran diri saya di tolak? Jarang sekali perusahaan menulak pengunduran diri seorang karyawan kecuali anda memang masih memiliki kontrak atau tanggungan terhadap perusahaan. Kalaupun alasan pengunduran diri ditolak karena anda adalah aset perusahaan harusnya perusahaan memberikan penawaran yang menarik untuk anda agar merubah keputusan anda.

Sebelum pergi alangkah baiknya jika anda mencarikan pengganti untuk posisi anda, dengan cara merekomendasikan seseorang yang memang memiliki kopetensi untuk menggantikan anda. Tapi ini sifatnya Cuma optional atau jika anda diminta sajam jika tidak ya tidak usah tidak apa apa.

Nah mungkin Cuma itu saja tips tips yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentanng tata cara mengajukan resign alias penguduran diri, semoga bermanfaat dan sampai jumap lagi ditulisan berikutnya ya.
 

SHARE:
tips One Reply to “Tips Cara Resign atau mengajukan pengunduran diri”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

COMMENTS

One comment on “Tips Cara Resign atau mengajukan pengunduran diri

    Author’s gravatar

    saya setuju banget dengan point yang no 2 dan 3
    2. Pastikan kemana anda akan pergi setelah keluar dari pekerjaan yang sekarang.
    3. Pastikan anda akan memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

    I like this artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.