alasan kenapa saat ini pasar sepi dan tips cara mengatasinya

pasar sepi dan alasan kenapa sepi.

pasar sepi

pasar merupakan salah satu tempat menggantungkan hajat hidup orang banyak, sudah sejak dulu pasar merupakan tempat jutaan orang mencari penghasilan dengan cara berdagang, ada juga orang yang bekerja, tempat membeli dan memperoleh kebutuhan masyatakat sehari-hari.

Dipasar masyarakat saling berinteraksi baik pedagang dengan pembeli, serta semua orang yang bekerja dan berkepentingan dipasar. Sehingga secara garis besar pasar merupakan salah satu tempat yang cukup fital karena mampu menyerap tenaga kerja juga sebagai tempat sebagain masyarakat mencari penghasilan.

kenapa pasar sekarang semakin sepi?

Sayangnya  sekarang ini minat masyarakat terhadap pasar sudah mulai sedikit berkurang hal ini dikarenakan dari tahun ketahun semakin banyaknya muncul pusat perbelanjaan yang menyediakan segala macam barang kebutuhan masyarakat, yang sebenarnya juga disediakan oleh pasar tradisional. sehingga sebagian dari pembeli yang dulunya mengandalkan pasar untuk berbelanja kebutuhan sekarang beralih belanja ke toserba dan swalayan seperti indomart dan alfamart. padahal kalau difikirkan secara bijak banyak sekali kelebihan belanja di pasar tradisional dibandingkan di pusat perbelanjaan.

Kelebihan Belanja di pasar tradisional dibandingkan di pusat perbelanjaan

1. dari masyarakat untuk masyarakat

seperti yang kita ketahui pasar tradisional hampir 100% dikelola dan pedagang yang miliki nya merupakan anggota masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar pasar tersebut, sehingga dengan berbelanja dipasar secara tidak langsung kita membantu menjadikan daerah kita memiliki penghasilan. kalau pusat perbelanjaan biasanya dimiliki oleh sebuah perusahaan tertentu dan yang kaya ya tentu saja csi pemilik usaha bukan masyarakat.

2. Bisa ditawar sehingga kita sebagai pembeli diberi kebebasan untuk mencari produk dengan harga termurah

tawar menawar barang sudah menjadi tradisi jual beli kita sudah sejak jaman dahulu kala,  dan salah satunya tempat yang menyediakan barang yang bisa ditawar adalah dipasar. Bandingkan kalau kita beli di pusar perbelanjaan harga yang kita lihat di bandrol adalah harga pas yang sudah tidak bisa ditawar lagi.

3. masyarat tergiur oleh diskon

kalau kita perhatikan dipusat perbelanjaan yang tidak bisa ditawar, kita selalu melihat harga diskon dengan tulisan besar 20%, 30% dan seterusnya…

padahal kalau kita cermati harga yang ditawarkan sebenarnya jauh lebih mahal, kenapa? karena sebelum didiskon barang tersebut harganya sudah dinaikkan beberapa kali lipat, silahkan anda perhatikan, perhitungkan dan bandingkan sendiri.

tips cara mengatasi pasar yang sepi

karena tidak bisa bersaing dengan pusat perbelanjaan yang semakin banyak bahkan sudah sampai masuk kedaerah banyak akhirnya pedagang pasar yang memutuskan berhenti berjualan atau akhirnya bangkrut.  nah untuk itu ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dagangan anda yang sepi.

berikut ini tips mengatasi dagang dipasar yang sepi

  1. jualan produk yang tidak disediakan oleh pusat perbelanjaan.

makanan merupakansalah satu jenis usaha yang mungkin tidak disediakan oleh pusat perbelanjaan, sehingga usaha ini masih sangat menjanjikan untuk dikerjakan.

2. manfaatkan media online untuk berjualan.

kalau dagangan anda adalah berbentuk produk misalnya seperti sepeda, perlengkapan motor dan sejenisnya ada bisa memabantu memasarkannya juga dimedia online seperti olx, bukalapak, tokopedia dan media jual online lainnya.

3. tetap jualan dan meningkatkan pelayanan

kalau anda perhatikan meskipun makin banyak pusat perbelanjaan masih banyak masyarakat yang mencari dan berbelanja kebutuhan di pasar tradisional kok karena tidak mungkin kan pusat perbelajaan menyediakan semua yangdicari masyarakat, selain itu untuk hal hal tertentu masyarakat sudah tau kalau belanja dipasar tradisional lebih bebas memilih. untuk itu mau tidak mau anda harus meningkatkan pelayanan anda agar toko anda tidak sepi.

nah mungkin itu beberapa alasan yang menyebabkan pasar menjadi sepi dan cara cara yang mungkin bisa di gunakan untuk mengatasinya. semoga artikel ini bermafaat.

 

 

 

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.