20 Maret 2017

Alasan Warnet Sepi Serta Cara Mengatasinya

Alasan Warnet Sepi – Warnet (Warung Internet) atau mungkin sebagian dikenal dengan dikenal dengan istilah rental komputer game dan browsing, merupakan sebuah usaha jasa yang menawarkan kesempatan kepada penggunanya untuk menggunakan perangkat komputer dan koneksi internet yang ada. Pengunaan warnet itu relatif ya sesuai dengan tujuan penggunanya, baik untuk mengerjakan tugas, bermain game, ataupun sekedar browsing, download ataupun nonton youtube.

Alasan Warnet Sepi

Masalahnya sekarang ini banyak orang yang merasa kalau warnet cenderung sudah kurang diminati, dan juga tidak sedikit yang akhirnya pemiliknya gulung tikar akibat pendapatan yang tidak sesuai. Nah menurut bincang bincang saya dengan salah satu pemilik usaha warnet saya bisa menyimpulkan beberapa alasan kenapa warnetnya bisa sepi berikut ini adalah alasan yang membuat warnetnya menajadi sepi:

Speed internet super lelet.

Hal pertama dan paling mendasar yang membuat sebuah warnet sepi adalah kecepatan akses dan transfer data yang terdapat warnet tersebut sangat rendah (terutama speed download). Padahal yang perlu anda tau orang orang yang datang ke warnet itu bukan berarti mereka tidak memiliki komputer dan koneksi internet sendiri ya??

Justru kadang orang orang seperti saya pergi ini pergi kewarnet karena percaya dan yakin kalau download di warnet itu lebih cepat dan juga lebih hemat. Jadi logikanya main di warnet internetnya lebih lemot daripada speed hp apa nggak mending beli kuota untuk hp?

Komputer Jadul sehingga Tidak bisa untuk bermain game tertentu

Bagi sebagian orang yang merasa budgetnya pas pasan saat membuka warnet pasti akan membeli komputer second tipe lama yang penting bisa di gunakan untuk browsing, tapi pernah tidak berfikiran semakin kesini rental rental saingan anda semakin maju dan memberikan pelayanan terbainya untuk menggait pelanggan. Jadi kalau anda masih berpikiran ingin membuka wrnet dengan komputer pentium 4 saya rasa lebih baik anda mundur dari sekarang karena sudah pasti tidak akan bisa mendang bersaing dengan warnet lain.

Harga Yang Tidak Sesuai dengan pelayanan

Sering sekali pengusaha warnet hanya memikirkan keuntungan yang didapat tapi tidak mengutamakan pelayanan, jadi yang di pikirin bagaimana mengeluarkan biaya sedikit mungkin untuk mendapatkan hasil yang sebesar munkin.

Oke mungkin kalau warnet anda adalah satu satunya dan tidak punya pesaing hal ini bukan menajadi masalah yang berarti tapi bagaimana kalau seandainya didaerah sekitar warnet sudah bertebaran seperti sekarang ini?
Jadi mau tidak mau ya anda harus mmemberikan pelayanan sebaik baiknya.

Welaupun harga sedikit lebih mahal tidak masalah asalkan sesuai dengan pelayanan yang di dapat. Kalaupun seandainya saya sendiri diberi pilihan, saya pasti lebih memilih membayar sedikit lebih mahal tapi puas saat bermain internet. Daripada harga beda seribu dua ribu tapi pelayanannya mantap, tempatnya nyaman dan speednya nggak mengecewakan.

untuk lebih pasnya, alangkah lebih baiknya jika anda sebagai pemilik warnet melakukan riset harga dan pelayanan ditempat lainnya, guna menentukan harga yang tepat untuk warnet Anda.

Letak Tempat Yang Kurang Strategis

Pemilihan tempat yang strategis merupakan salah satu strategi yang wajib dilakukan diawal jika tidak ingin warnet anda seperti kuburan angker. Karena dengan letak strategis, warnet tempat usaha Anda akan mudah ditemukan, dikenal dan diketahui banyak orang. Sehingga, mudah pula mendatangkan pelanggan.

Fasilitas pendukung Kurang Memadai

Yang dimaksud fasilitas pendukung di sini, yaitu hardware komputer dan softwarenya. Dari hardwarenya, misalnya terdapat banyak kerusakan. Mouse yang kadang konek kadang tidak, keyboard yang banyak tombol-tombolnya tidak berfungsi, port USB yang rusak, dan masih banyak lagi.

Baca juga >>  Tips Cara Management Keuangan Bagi Anak Kos dan Manfaatnya

Dari software, misalnya browser yang sering eror, tidak bisa menonton video di youtube, tidak bisa buka berbagai web/blog, tidak ada microsoft office, dan masih banyak lagi. yang jelas, kurangnya fasilitas yang memadai di sebuah warnet, akan membuat pengunjung malas datang kembali.

Operator Yang kurang tanggap

Oerator (OP) atau penjaga warnet yaitu orang yang bertugas menjaga dan mengurus warnet..

Dalam mengakses komputer di sebuah warnet, ada kalanya pelanggan akan menemukan kesulitan (terutama perempuan) dalam hal-hal tertentu. Misalnya masalah seputar koneksi yang ngadat, eror, dan lain-lain. Sebagai pelanggan mungkin yang awam, tentunya akan meminta pertolongan kepada operator tersebut. Nah, sertelah diteliti ternuata tidak sedikit operator yang jutek dan menjengkelkan.

yang kerjanya malah asik sendiri memainkan komputer atau bermain hp saat dimintai tolong terkesan malas malasan, tentunya hal ini juga yang akan membuat pelanggan enggan kembali lagi ke warnet tersebut dan akhirnya membuat penyebab warnet sepi.

jadi sebaiknya carilah operator warnet yang benar benar mau kerja, taat peraturan dan yang terpenting jujur. atau kalau tidak mau warnet anda sepi lebih baik di tunggu sendiri.

Tempat Kurang Nyaman

kadang warnet hanya mengutamakan ramai saja. tapi tidak memperhatikan tentang masalah kenyamanan tempat..

pasalnya pengunjung yang benar benar baik akan memperhatikan tempatnya juga, terutama untuk mahasiswa dan anak sekolahan yang benar benar menggunakan warnet untuk kegiatan positif pasti akan memilih warnet yang nyaman, tidak banyak anak anak berandal dan anak anak kecil yang melihat orang lain main padahal tidak menyewa .

contoh warnet yang kurang nyaman : sudah Panas, pengap, kotor, bahkan banyak abu rokok dimana mana. terlihat seperti tempat yang tidak pernah di sapu dan dibersihkan, lebih parahnya lagi tempatnya tertutup rapat dan ber AC, tapi diperbolehkan merokok di dalam ruangan.

 

Kesimpulan:

tips agar warnet tidak sepi/tips warnet ramai yaitu:

  1. Buka Usaha Sampingan. selain membuat warnet anda bisa membuka usaha sampingan seperti nenbuka rental pengetikan naskah, buka desain spanduk banner dll (apalagi musim kampanye), suntik game, film dan lain-lain. toh sekalian untuk anda menunggu warnet anda sekalian anda berjualan jasa. itu bisa mendorong bisnis game online yang menguntungkan untuk anda.

2. Adakan kontes bermain game online. jika nama warnet anda baik dimata gamers niscaya warnet anda akan ramai karena games biasanya main membawa kelompok dan teman temannya,. 

lomba warnet

3. Koneksi Stabil. (usahakan menguanakn Biznet/Speedy Yang sudah FO) agar koneksi selalu stabil

4. Suasana Warnet Harus Nyaman Dimata Pengguna. Kalau memungkinkan sebaiknya dipisahkan saja untuk penguna Game Online dan warnet untuk tugas dan browsing. misal dibuatkan 2 Lantai. Lantai 1 untuk pengetikan dan Lantai 2 untuk game. sebaiknya larang pengguna membawa makanan ke ruangan.

5. Bangun Warnet Dekat Kampus / Sekolah SMA. kalau anda ingin warnet anda produktif dan di manfaatkan dengan baik , bangun di tempat tempat dekat dengan lingkungan sekolahan SMA atau dekat dengan kampus,  kenapa harus dekat kampus?

kita tau mahasiswa biasanya memerklukan tempat untuk mengerjakan laporan, mengirim email, dan mengerjakan tugas, dan lain-lain. Apalagi untuk itu siswa setara sma dan kuliahan kan banyak tugas yang biasanya mengharuskan mengunakan internet, sementara tidak semua siswa sma itu punya laptop sendiri, mahasiswa pun demikian apalagi untuk mahasiswa baru, pasti hampir 60% kebanyakan mahasiswa baru biasanya mengerjakan  tugas di warnet. Umumnya mahasiswa baru setelah tahun ke 2 mahasiswa mulai pada memiliki laptop sendiri.

6. kelengkapan lain :

  1. Ada Ruang Khusus Untuk Yang Merokok
  2. Ada Ruang Tunggu
  3. Ada ACnya (Khusus Ruangan Bebas Rokok)
  4. Perhatikan Ventilasi Udara (Agar Ruangan Tidak Pengap )
  5. usahakan ada lamar mandi dan wc.

 

SHARE:
tips 2 Replies to “Alasan Warnet Sepi Serta Cara Mengatasinya”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

COMMENTS

2 thoughts on “Alasan Warnet Sepi Serta Cara Mengatasinya

    Author’s gravatar

    ampun ampunan lah ini saingannya sama hp android, dan harga paket internet yang semakin murah sebagai pemilik warnet emaang perlu banyak inovasi, terbeih spek konputer memang harus upgrade kekinian.

    Author’s gravatar

    Waduh kalo solusi nomor 5 bukannya gak mungkin kalo bangun warnet/rental deket sekolah atau kampus bisa² nanti diusir sama kepala yayasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.