7 Maret 2017

Beras Hitam Ternyata Lebih Baik Dibandingkan Beras Putih

sdah taukah anda Beras Hitam Ternyata Lebih Baik Dibandingkan Beras Putih

Apakah anda pernah mengkonsumsi beras hitam?

beras hitam
gambar beras hitam

Taukah anda jika ternyata beras hitam lebih baik dikonsumsi dibandingkan beras putih terutama jika dilihat dari segi kandunan gizinya.
Sayangnya di masyarakat kita mungkin belum banyak yang tau akan hal ini dan masih menganggap bahwa beras putihah satu satunya makanan pokok yang dijadikan sebagai bahan konsumsi sehari hari. Padahal kalau diluar negeri beras hitam dan merah adalah salah satu bahan baku yang tergolong cukup mewah, dan harganya juga cukup mahal. Hal ini dikarena gizi yang dikandungnya jauh melebihi beras putih biasa dan tentu saja lebih sehat untuk di konsumsi.

Sebenarnya Apa sih Beras hitam itu?

Seperti yang kita ketahui bersama Beras adalah salah satu bahan makanan yang sudah sejak lama dikonsumsi oleh masyatakat umum setiap hari. Beras ini biasanya dimasak hingga matang untuk menjadi nasi.Ada banyak sekali jenis varietas beras yang dibididayakan dinegara kita, tapi yang paling dikenal ada 3 jenis yaitu: beras putih (Oryza sativa), beras merah (Oryza glaberrima) dan beras hitam (Oryza sativa L. indica).

Apa saja sih kelebiihan dan manfaat beras hitam?

Manfaat beras hitam dantaranya:

  1.  Memiliki kandungan antosianin yang tinggi, berdasarkan riset, antosianin ini merupakan salah satu antioksidan/ Antosianin merupakan zat antioksidan yang diperlukan sebagai pencegah penyakit kanker.
  2.  Rendah kalori, lebih rendah dari beras putih sehingga bisa mencegah diabetes.
  3.  Tinggi serat sehingga sehingga baik untuk jantung.
  4.  Dipercaya bagus untuk memelihara kulit dan mampu mencegah aging (tanda tanda penuaan), terbuktibanyak sekali di banfaatkan sebagi bahan pembuat produk kecantikan dan lulur.

Ciri ciri beras hitam

  1.  Bulir berasnya berwarna hitam sedikit pekat/ Bulir berasnya mengilap.
  2.  Warna gabah cokelat seperti padi biasa pada saat pengisian bulir padi warna gabah akan menghitam, namun akan berubah kembali menjadi cokelat saat matang. Hal ini berbeda dengan ketan hitam yang berkulit gabah hitam juga.
  3. Postur batang padinya tanaman luamayan tinggi serta lebih langsing (meskipun tidak semuanya beras hitam berbatang tinggi).
  4.  Warna dari beras akan sedikit luntur dan berubah menjadi sedikit ke-ungu unguan setelah dimasak.
  5.  Umur panen yang lebih panjang bisa mencapai 200 hari. inilah yang menjadi kendala pembudidaya beras hitam secara umum. Namun ada beberapa varietas yang sudah genjah (berumur panen pendek), yang bisa dipanen hanya  dalam kurun waktu 4 bulan saja. sayangnya untuk saat ini benih tersebut masih sulit ditemukan dan kalaupun ada belum tentu stabil.
Baca juga >>  Makanan Sehat yang murah dan mudah diperoleh

Apakah beras hitam sama dengan ketan hitam?

Di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang menganggap jika ketan hitam itu sama saja dengan beras hitam. Padahal Meskipun warnanya sama-sama hitam, beras hitam dan ketan hitam itu sebenarnya “berbeda”. Baik dari segi rasa, tekstur, sifat, maupun kandungan nutrisinya.
Kalau bisa dibandingkan mungkin beras hitam malah lebih mirip dengan beras biasa dibanding dengan beras ketan. Dari segi rasa, beras hitam cenderung seperti beras putih rasanya, sedangkan untuk ketan hitam rasanya akan lebih “pulen”.

Kekurangan Beras Hitam

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas pada bagian ciri ciri, umur panen beras hitam ini cenderung lebih lama dibandingkan beras biasa.
Untuk memasak beras hitam membutuhkan lebih banyak air di bandingkan dengan beras biasa dan waktu yang di perlukan juga lebih lama. Tapi setelah matang, beras ini memiliki aroma kuat yang menguggah selera makan.

nah mungkin cuma itu saja yang bisa berwirasuaha bagikan kali ini tentang Beras Hitam Ternyata Lebih Baik Dibandingkan Beras Putih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi

 

SHARE:
artikel 0 Replies to “Beras Hitam Ternyata Lebih Baik Dibandingkan Beras Putih”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.