27 Maret 2017

5 Hal yang harus dipersiapkan sebelum terjun ke masyarakat

terjun ke masyarakat

terjun ke masyarakat

Sebelum kita terjun kedalam sebuah masyarakat tentunya ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, tujuannya ya tentu saja agar nantinya kita bisa dterima dan menjadi bagian dari sebuah masyarakat tersebut, agar kita tidak kesulitan untuk membiasakan diri hidup bermasyarakat,

Berikut ini ada 4 hal yang harus di persiapkan sebelum terjun bermasyarakat:

1. Mempersiapkan diri dengan Skill Dan Keahlian

Skill dan keahlian inilah bekal utama untuk masa depan kamu .

Skill dan keahlian ini sangat berguna untuk memudahkan kamu mencari pekerjaan, jika kamu tidak mempersiapkan diri dengan skill dan keahlian yang berguna mulai dari sekarang, nantinya kamu akan kesulitan mencari kerja.

Apalagi kita tau sekarang ini dunia kerja sudah tidak seramah jaman bapak ibu kita dulu. Kalau dulu mungkin lulusan smp dan sma saja sudah cukup untuk mencari kerja tapi kalau sekarang yang Lulusan kuliahan saja banyak yang kesulitan mencari kerja, apalagi untuk orang yang tidak bersekolah dan tidak memiliki skill serta keahlian kan?

Nah untuk itu disini saya ingin menekankan pentingnya pendidikan.

Pendidikan itu tidak melulu hanya bisa diperoleh dari sekolahan formal ya yang SD, SMP, SMA, dan kuliah. Tetapi juga bisa diperoleh dari kursus, pelatihan, bimbingan, otodidak dan juga media pengembangan diri lainnya.

Jadi kalau mau mendapatkan skill dan mengetahui dimana letak skill kamu, sebaiknya sedari sekarang kamu banyak banyaklah mempelajari hal hal yang baru, apa saja menurut kamu itu positif, sekolah mungkin mengajarkan secara formal tapi itu saja mungkin tidak cukup coba gali lagi dan belajar lagi dari yang ada di lingkungan kamu.

Bagaimana cara mendapatkan skill lebih?

Berkut ini contoh contoh untuk memperoleh skill ekstra untuk diri kita:

  1. Misalnya kamu suka sekali dengan otomotif kamu bisa bantu bantu di bengkel motor yang ada disekitar rumah kamu sepulang sekolah.
  2. Misal kamu suka pertanian dan kebetulan orang tua kamu adalah petani ikutlah orang tua kamu keladang bantu bantu apa saja sebisa kamu, lama kelamaan juga kamu akan mmperoleh wawsan serta skill yang tanpa kamu sadari itu sangat bermanfaat.
  3. Contoh lain jika kamu sudah dengan teknologi seperti saya, kamu bisa memanfaatkan media internet sebagai media pembelajaran, cari situs yang memberika tulisan tulisan yang bermanfaat untuk kamu, pelajari hal hal baru di internet seperti cara membuat blog, cara menulis arti kel, cara agar tulisan bisa keluar di google dan cara cara lain. Asal kamu rajin semua hal hal itu bisa kamu peroleh secara gratis di internet.

Kuncinya Cuma kamu harus pintar mencari, dan mamu mempelajarinya. Jangan lupa juga untuk menerapkan batasan mana yang positif dan mana yang negatif karena kita tau internet itu super luas apa saja ada disana, jadi pintar pintar saja kita memilah informasi yang kita perlukan jangan sampai kamu malah jatuh ke hal hal yang sebenarnya kurang bermanfaat misalnya seperti game online, dll.

2. Menjadi lebih dewasa dalam berfikir dan bertindak

Hal selanjutnya yang harus kamu persiapkan untuk bisa terjun dan hidup bermasyarakat nantinya kamu pasti di tuntut untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa baik dalam segi pemikiran maupun perbuatan.

Karena siap tidak siap nantinya kita akan mengalami yang namanya tertimpa masalah, cobaan, dan juga ujian dalam kehidupan, dan orang tua yang biasanya selalu ada sedari kita kecil, selalu bisa kita andalkan juga kan tidak mungkin bisa selamanya mendampingi kita. Untuk itu kita harus menjadi dewasa agar kelak bisa terjun bermasyarakat.

Baca juga >>  10 Cara Meningkatkan Traffic Website

Saat kita sudah dewasa dan berada di tengah masyarakat nanti, Masalah dan ujian itu bisa datang dari mana saja, misal datang dari segi finansial (keuangan) ataupun permasalahan lain yang mungkin lebih kearah masalah personal (diri kita sendiri).

Permasalahan yang terjadipun semakin kompleks seiring bertambahnya usia. Dan yang harus kamu tau adalah tidak semua masalah bisa langsung diselesaikan dengan mudah. Untuk itu dibutuhkan kedewasaan.

Bagaimana agar menjadi pribadi yang lebih dewasa?

Sebagian orang mungkin beranggapan jika kedewasaan itu terjadi dengan sendirinya, tapi kalau menurut saya kedewasaan itu terbentuk karena suatu proses pembelajaran, pembelajaran ini tidak kamu dapatkan disekolah tetapi bisa kamu dapatkan dari orang tua dan lingkungan yang mendukung.

Misalnya yaitu dengan cara bergaul (kearah yang positif) dengan orang yang lebih dewasa, berdiskusi dengan orang tua saat akan memutuskan sesuatu, mendengar wajangan sanak sodara dan lain sebagainya.

3. Belajar Menempatkan Diri, tau sopan santun, tata krama, dan sebagainya..

Kenapa kita harus bisa menempatkan diri?

Saat kamu telah dewasa nanti kamu akan mengenal yang namanya adat istiadat, tata krama, sopan satun dan hal hal etik lain yang mungkin tidak kita sadari sebelumnya.

Penempatan diri ini sangat menentukan bagaimana sifat orang terhadap kita. Semakin pintar kita menempatkan diri, kita akan semakin di sukai, orang orang akan menghargai dan memperlakukan kita dengan baik.

Begitu juga sebaliknya jika kita tidak bisa menempatkan diri, kita akan dianggap sebagai orang yang tidak memiliki tata krama.

Saya yakin setiap orang tua pasti mengajarkan tentang hal ini kepada anaknya yang jadi masalah adalah karena saking banyakmya yang harus diajarkan mungkin ada beberapa hal yang lupa diajarkan kepada kamu.

Untuk itu kamu harus mempelajarinya sendiri lihat dan perhatikanlah orang orang sekitar kamu, pilih dan tentukan mana yang sebaiknya kamu lakukan, dan juga mana yang mungkin sebaiknya kamu hindari..

4. Harus Lebih Pintar Besosialisasi Dengan Lingkungan Dan Masyarakat Sekitar

Kenapa saya harus bersosialisai dengan masyarakat sekitar?

Kita tau jika manusia itu adalah mahluk sosial, artinya manusia itu selalu membutuhkan orang lain dan tidak mungkin bisa hidup dan memenuhi kebutuhannya sendiri, untuk itulah kenapa kita di tuntut untuk bisa bersosialisasi.

Sosialisasi itu bagaimana sih?

Segala bentuk interaksi kita terhadap masyarakat dan ingkungan itu disebut sosialisasi, contohnya:

  • Saat kita berbicara terhadap orang lain, Saat kita bertanya dengan teman, serta lain lain.
    Apa yang terjadi jika kita tidak bisa atau tidak pintar bersosialisasi?
  • Kalau kita tidak bisa atau tidak pintar bersosialisasi kita akan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, memiliki sedikit teman, dan lebih parahnya lagi kita bisa tersingkirkan oleh masyarakat sekitar.

Untuk itu kita perlu bersosialisasi, pandai pandailah beramah tamah.
Semakin pintar kita bersosialisasi semakin kita disukai orang dn semakin bnyak juga teman kita, jadi jika sewaktu-waktu kita mengalami kesulitan kita bisa dengan mudah meminta pertolongan dengan orang lain.

5. ikut andil dan menjadi bagian dari suatu masyarakat.

yang terakhir adalah sebelum terjun ke masyarakat yaitu menjadi bagian dan ikut andil serta berperan sebagai bagian aktif dari suatu masyarakat.

contohnya:

aktif mengikuti kegiatan seperti pertemuan warga, gotong royong, datang ketika ada tetangga mengadakan hajat, serta hal hal yang mungkin dianggap sepele lainnya, tetapi sangat dihargai oleh masyarakat.

nah mungkin itulah beberapa hal penting yang harus kita siapkan untuk terjun ke masyarakat, semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai ketemu ditulisan selanjutnya..

SHARE:
tips 0 Replies to “5 Hal yang harus dipersiapkan sebelum terjun ke masyarakat”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.