15 Maret 2017

Tips menjadi Youtuber pemula Agar Sukses

Tips menjadi Youtuber pemula Agar Sukses – mungkin sudah bukanlah sebuah rahasia lagi jika menjadi seorang youtuber itu  bisa menjadi pekerjaan yang sekaligus bisa menghasilkan pundi pundi uang.

Tips menjadi Youtuber pemula Agar Sukses

tapi bagi anda yang mungkin belum sempat tau atau baru tau saya akan sedikit menjelaskan bagaimana sih kok bisa seseorang itu mendapatkan uang dari youtube?

fakta pertama tama yang harus anda pahami adalah. yotutube mungkin sama hanya dengan TV, youtube juga merupakan salah satu media hiburan, tidak perlu diperjelas lagi saya yakin anda sendiripun sudah sering menonton video diyoutube kan. mulai dari video berita, musik, komedi, bahkan video video vlog dari youtuber youtuber favorit anda juga pasti ada..Tetapi berbeda dengan stasiun Televisi yang membuat dan memproduksi sendiri content videonya.  yaoutube tidak membuat content video sendiri.

lalu siapa yang membuat video video di youtube itu ada?

youtuber lah yang sebenarnya orang orang yang paling berkontribusi menjadikan youtube itu jadi seperti sekarang ini, bisa dibayangkan jika dulu youtube tidak ada orang orang yang mengupload videonya disana saya yakin sekarang pun youtube tidak se-terkenal sekarang. jadi bisa ditarik kesimpulan youtuberlah contributor utama youtube.

nah tentu saja orang tidak akan mau susah payah membuat video dan menguploadnya kesebuah media tertentu jika tidak mendapatkan apa apa kan. untuk itulah akhirnya youtube menawarkan sebuah kerjasama dalam sebuah program yang biasa disebut dengan program adsense youtube.

melalui kerja sama ini para pemilik video bisa memonentise video yang mereka upload. dengan memonentise video nantinya iklan akan ditampilkan pada video mereka dan setiap iklan itu di klik pemilik video akan dibayar dengan bayaran tertentu. semakin banyak viewer (penonton) yang menyaksikan sebuah video yang di monentise maka semakin besar kemungkinan iklannya di klik hal ini tentu juga akan meningkatkan penghasilan si youtuber itu sendiri.

Apakah sulit untuk menjadi youtuber?

mendaftar menjadi youtuber dan memonentise video kedalam adsense yotube sebenarnya sangat mudah, jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendaftar adsense untuk blog, tetapi yang susah dalam bermain youtube sebenarnya justru adalah bagaiamana membuat video yang bagus dan juga bisa di lihat dan disukai oleh banyak orang.

nah berikut ini adala beberapa panduan serta tips menjadi youtuber yang baik agar bisa mendatangkan penghasilan yang lebih besar.

sediakan peralatan youtuber

apa yang perlu disediakan untuk menjadi seorang youtuber?

baayak yang jelas, tetapi bisa disesuaikan dengan dana yang anda miliki. berikut benda yang paling sering digunakan  seorang youtuber.

  • kamera untuk merekam.
  • sound mic recorder untuk mereka suara lebih baik.
  • komputer/laptop untuk keperluan editing.
  • properti dan lain lain.

memilih dan menentukan jenis video

ketahui jenis jenis video pada youtube dan tentukan minat serta pilihan jenis video yang akan anda buat.

didalam youtube ada banyak sekali jenis video yang bisa ditampilkan.

nah tips pertama  sebelum bermain youtube adalah menentukan topik video yang akan anda buat. sesuaikan dengan kemampuan dan hobby  anda, kalau anda suka bermain game anda bisa mengupload video berupa review game, panduan/tutorial dan juga lain lain yang sesuai dengan minat anda. hal ini akan memudahkan anda dalam membuat video jika membuat video sesuai dengan minat.

Baca juga >>  Hal Umum yang sering Menjadi Masalah Bila Belanja secara Online

1. kalau anda gemar bernyanyi dan mengcover lagu anda bisa membuat video cover lagu.

tapi untuk catatan, membuat video cover lagu biasanya membutuhkan biaya/budget yang paling besar karena memerlukan peralatan tambahan seperti peralatan musik, rekaman, belum lagi editing video dan lain lain . tetapi video jenis ini memiki kelebihan bagi pelakunya, yaitu anda selaku penyanyi akan menjadi terkenal jika video anda sukses dan disukai banyak orang.

prospek terbaiknya dalam jangka panjang adalah selain anda memperoleh penghasilan  dari youtube anda juga bukan tidak mungkin akan  memiki kesempatan diundang sebagai pengisi acara secara live yang tentu akan dibayar.

2. kalau anda pandai berbicara, melucu, dan bercerita, buatlah jenis video berupa vlog (video blog).

video jenis ini sedang sangat viral belakangan karena merupakan video yang aling mudah dibuat. anda tidak memerlukan kemampuan teknis ekspert karena video yang ditampilkan tidak memerlukan editor yang handal cukup rekam kegiatan sehari hari anda, sembari berbicara kepada para penonton anda layaknya seorang reporter.

modal yang diperlukan pun tidak banyak mungkin cuma kamera memadai, dan laptop/komputer untuk mengedik video, itupun kalau anda ingin mengeditnya.

kalau anda ingin contoh youtube video jenis vlog anda bisa lihat pada video yang saya ambil dari vlog nya pak presiden jokowi dibawah ini.

3. kalau anda memiliki kemampuan khusus misal berkaitan dengan komputer/internet anda bisa membuat video jenis tutorial.

kalau video tutorial anda bisa menggunakan media sesuai dengan tutorial yang akan anda buat, misal anda ingin membuat tutorial tentap aplikasi komputer, anda bisa gunakan aplikasi penangkap layar. tetapi kalau anda ingin membuat tutorial hijab tentu memerlukan kamera dan perlengkapan hijab serta kemampuan dalam berhijab.

membuat video secara rutin dan continue.

kalauingin sukses menjadi seorang youtuber tentu saja tidak bisa dengan cara instan butuh perjuangan dan kerja keras, terus membuat video berkualitas dan tidak berubah rubah jenis video,.

tidak mungkin anda akan sukses menjadi seorang youtuber hanya dengan membuat satu vide saja, pasti membutuhkan puluhan, ratusan bahkan ribuan untuk bisa menerima bayaran sesuai dengan jumlah klik video anda dari youtube.

tau pasar dan trend video yang banyak dicari

kebanyakan orang memiliki menonton jenis video yang mereka sendiri pilih serta sukai.

dan jika seseorang merasa suka dengan sebuah program dapa video seseorang biasanya mereka akan melakukan ubscribe, yaitu berlangganan pemberitahuan apabila anda membuat video baru.

 

belajar SYO dan Video Optimasi

apa itu syo, syo adalah singkatan dari search youtube optimation.. yaitu sebuah cara mengoptimalkan hasil encarian terhadap sebuah video di youtube. biasanya optiomasi dilakuakn dengan berbagai cara mulai dari membuat judul yang viral dan bayak di cari, pemberian descripsi yang sesuai dan masih banyak lagi, anda bisa mempelajarinya sembari berjalan nantinya.

video optimasi adalah upaya untuk mengoptimalkan video yang anda buat, caranya bagaimana? caranya bisa dengan membuat video yang baik dari segi teknis, non teknis dan juga dari segi materi.

kwalitas video yang baik juga lebih disukai oleh pengunjung.

 

nah mungkin itu saja beberapa tips dan nasehat untuk para pemula dalam memulai menjadi youtuber, semoga bermanfaat.

 

SHARE:
tips 2 Replies to “Tips menjadi Youtuber pemula Agar Sukses”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

COMMENTS

2 thoughts on “Tips menjadi Youtuber pemula Agar Sukses

      Author’s gravatar

      Iya belum sempat update artikel, terima kasih masukan nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.