10 usaha yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa jurusan TI

usaha mahasiswa jurusan ti

usaha mahasiswa jurusan ti

Usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa jurusan komputer dan informatika.

Apakah kamu seorang mahasiswa TI (Teknik Informatika) yang setiap hari selalu rajin duduk didepan komputer, sering begadang nunggu kuota internet malem Cuma untuk browsing dan mencari informasi dari internet tentang cara memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki?

Jika iya coba kamu baca beberapa rekomendasi ide usaha yang berhasil saya rangkum dari tanya jawab mahasiswa ti tentang kira kira bisnis apa yag bisa mereka kerjakan seandainya mereka diberi modal.

Silahkan disimak beberapa ide usaha yang mereka sampaikan yang sudah saya rangkum berikut ini:

1. Sturt-UP digital

Apakah kamu itu apa itu digital sturtup? Kalau kamu memanfaatkan koneksi internet kamu dengan maksimal dan sering membuka forim forum dan gedget informasi pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini.

Strurt up digital adalah seseorang yang membangun sebuah usaha digital baik itu berbasik aplikasi, maupun webservice.

Kalau kamu masih bingung, kamu tau siapa itu mark zurerburg?

Dia adalah mahasiswa lulusan standforn university dan merupakan salah satu pemuda paling kaya saat ini, mark adalah salah satu sturup digital aing sukses saat ini, diusianya yang terglolong masih muda saat ini mark sudah berhasil menciptakan sebuah jejarig sosial yang paling banyak digunakan saat ini, yaiut facebook.

Kalau kamu jago bikin program dan senang mendevelop aplikasi tidak ada salahnya kamu membuat sebuah aplikasi baru berbasis kepada minat dan kebutuhan masyarakat, saat aplikasi yang kamu buat bagus dan ternyata dapat diterima masyarakat saat itulah saatnya kamu mencari pendaan dari perusahaan untuk meluncurkan aplikasi kamu tersebut secara luas. Nah proses peluncuran aplikasi oleh seorang digital preneur ini adalah yang disebuat dengan sturtup.

Contoh lain orang yang sukses dibidang sturtup adalah steve jobs, serge brin dan larry page serta masih banyak lagi.

 

2. Buka Usaha Instal Ulang OS

Kalau kamu tidak bisa koding, dan membuat apliksi sendiri, sebagai mahasiswa IT setidaknya pastikan kamu bisa menginstal komputer atau laptop?

Nah ternyata install ulang OS yang kita anggap sepele ini sebenarnya lumayan dibutuhkan oleh masyarakat  terutama yang awam terhadap sistem operasi. Sehingga dengan membuka jasa install ulang kamu akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan untuk tambahan biaya jajan kuliah kamu.

 

3. Buka Usaha Rental Komputer/pengetikan

Kalau kamu punya lokasi kos ataupun tempat tinggal membuka usaha rental komputer sekaligus pengetikan nampaknya bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik untuk dikerjakan.

Apalagi mengingat jika tidak semua mahasiswa itu memiliki laptop atau komputer sendiri terutama untuk mahasiswa yang baru masuk.

pastikan mereka membutuhkan komputer untuk mengerjakan tugas, mengirim email dan lain lain. So tidak ada salahnya membuka usaha yang satu ini.

 

4. Penjilidan dan percetakan

Siapapun mahsiswanya tidak perdui dari program study apa pasti nantinya akan membutuhkan yang namanya jilid dan cetak, baik itu untuk cetak tugas makalah, laporan pkl, terlebih lagi tugas akhir (ataupun skirpsi).

Sehingga jika kamu memiliki kemampuan untuk mencetak dan menjilid usaha yang satu ini sangat cocok, terlebih jika kamu merupakan mahsiswa dan harga cetak ditempat kamu lebih murah di bandingkan tempat kamu pasti teman teman kamu akan memilih menjilid tempat kamu.

 

5. Jasa Service Handphone

Kalau kamu suka oprek oprek sistem operasi handphone seperti ganti room, benerin hp bootloop atau service yang lainnya nggak ada salahnya kamu buka usaha jasa servis handphone, selain modal dan alat yang diperlukan seperti komputer dan obeng obeng umumnya sebagai mahsiswa TI sudah kamu miliki, tinggal memanfaatkannya saja.

 

6. Jasa Cetak Banner, Pembuatan Mug, dan Kartu Nama

Nah kalau jasa yang satu ini berkaitan dengan kemampuan desain, kalau kamu intr membuat desain, membuat animasi, karikatur, dan bentuk bentuk desain lainnya. Maka membuka usaha percetakan banner, pembuatan mug, dan karikatur nampaknya merupakan sebuah usaha yang sangat layak untuk kamu kerjakan mengingat jasa jasa seperti ini lumayan di butuhkan baik untuk keperluan instansi, pendidikan maupun oleh masyarakat umum.

 

7. Rental PS 3

Kalau kamu punya banyak teman yang hobby maen game pasti kamu sering kan nonggkrong di tempat rental ps (playstation)?

Biasanya sembari menungu jam kuliah, pas suntuk ataupun pas lagi bolos dan males kuliah.

semakin banyak teman kuliah kamu semakin bagus prospek untuk rental kamu karena kamu bisa ajak teman teman kamu untuk nonggrong di tempat kamu sembari menyewakan ps yang kamu miliki.

 

8. Android Developer & Games developer

Kata siapa bikin aplikasi android harus jago desain?

Kenyataannya sekarang ini banyak sekali aplikasi yang bisa memudahkan kamu membuat game serta aplikasi android, misalnya seperti unity, construct, flash dan lain lain.

Setelah aplikasi selesai kamu buat selanjutnya kamu tinggal membuat akun playstore dan selanjutnya memonentise aplikasi kamu dengan iklan.

Sudah deh biarkan aplikasi kamu bekerja ,menghasilkan uang untuk kamu.

 

9. Service Printer

Untuk kamu yang suka otak atik elektronik pasti bisa dong memperbaiki printer printer itu barng yang bisa dibilang barang umum sekarng ini hampir setiap perusahaan dan kamtor punya, bahikan mahasiswa saja banyak yang punya. Nah oleh sebab itu jasa perbaikan pronter ini lumayan dibutuhkan.

 

10. blogger, Internet Marketer dan Produk/gedget Review

Kalau kamu seorang gedget antusias seperti saya yang hobby berkecimpung di internet untuk mencari informasi sebaiknya kamu mencoba membuat sebuah blog setelh blog kamu itu memiliki bayak konten dan ramai p[engunjung daftarkan ke adense pasangkan ilan di blog kamu dan tunggu penghasilan akan mengalir dengan sendirinya ke kantong kamu.

Yang jadi catatan kalau kamu ingin menjadi internet marketer sebaiknya kamu mulai secepatnya karena menjadi internet meskipun kedengarannya gampang tapi kenyataannya tidak semudah yang kita kira loh, butuh dedikasi perjuangan dan juga pengorbanan.

Nah itu dia tu 10 rekomendasi yang bisa berwirausah berikan untuk kamu para calon sarjana komputer dan it.  Semoga tulisan  usaha mahasiswa jurusan ti ini bermanfaat dan sampai ketemu ditulisan berikutnya.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.