Manfaat Toko Online Untuk Pengembangan Usaha

Manfaat Toko Online Untuk Pengembangan Usaha

toko online

Saat ini toko online di Indonesia mulai berkembang pesat.

Semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk membeli dan menjual barang ataupun jasa. Toko online di indonesia memang sangat cocok sekali karena letak geografis indonesia sendiri yang luas, serta perubahan gaya hidup masyarakat saat ini yang sudah terbiasa belanja secara online.

Apa sih toko online itu?

Toko online atau online shop adalah tempat dimana kita bisa menjual, memajang, dan mempromosikan barang dagangan kita di internet. Konsep yang diusung Toko online memungkinkan kita selaku konsumen membeli barang sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu datang ke tempat penjualnya langsung.

Caranya bagaimana?

Caranya yaitu Dengan memanfaatkan handphone, buka toko online, tinggal klik barang yang ingin kita beli, transfer uang, lalu tunggu barang akan sampai dengan sendirinya melalui jasa media pengiriman barang.

Tujuannya apa sih punya toko online sendiri itu?

Tujuannya tentu saja untuk memperoleh pelanggan dan menjual produk anda sendiri. Seperti yang kita tau sekarang ini era digital sudah semakin maju, bahkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari saja kita sudah tidak perlu lagi repot-repot datang ke toko swalayan, tinggal klik barang akan dikirimkan kerumah anda.

Berikut ini Cara menjadiikan Bisnis anda menjadi Online:

Manfaat Toko Online Untuk Pengembangan Usaha

 

  1. kita membuat website yang sesuai dengan barang dagangan yang kita jual.
  2. untuk meletakkan toko online kita di internet dan bisa dibuka oleh semua orang dari mana saja, kita membutuhkan sebuah tempat yang disebut hosting.
  3. Selanjutnya setelah memiliki tempat tentu kita membutuhkan alamat, nah alamat ini disebut domain. Nantinya domain akan menjadi alamat yang dibuka oleh pengunjung di internet. Contoh nya www.berwirausaha.net
  4. Pembuatan website tidak perlu kita pusingkan karena banyak yang sudah menyediakan jasa pembuatan website toko online dengan berbagai media website seperti blogspot, wo commerce, wordpress, oscommerce, dll.
  5. Kita perlu satu orang karyawan yang mampu mengoperasikan website kita. Atau kalau anda mampu anda bisa buat dan kelola sendiri toko online anda, syaratnya anda harus bisa mempelajari sediksed koding, seperti Html, CSS, dan SEO (atau Search engine optimation). biayanya tentu bisa jauh lebih murah lagi. Bahkan cenderung hampir gratis.
  6. Selanjutnya anda tinggal rajin mengupload foto gambar mengupdate isi toko online anda, dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk baik itu melalui pemesanan secara online, maupun melalui nomer telpon.
  7. Terus yang terakhir saat anda mendapat pesanan, anda harus menggunakan jasa pengiriman.
    jasa pengiriman banyak sekali kok yang bisa dipilih dan digunakan saat ini. Contohnya pakai pos juga bisa kalau perusahaan pengiriman seperti TIKI, JNE dan 21 Express pun sangat mendukung.
  8. Jika tertarik ingin belajar membuat website sendiri saya rekomendasikan untukĀ  membaca artikel berikut “cara membuat blog di WordPress“.

berapa sih biaya yang di habiskan untuk membuat sebuah toko online?

Murah kok yang jelas tidak semahal biaya sewat tempat di kehidupan nyata.

Apa saja Sih Hal hal yang Diperoleh jika memiliki toko online?

Berikut ini adalah kelebihan yang diberikan oleh toko online bagi pelaku bisnis maupun usaha kecil:

Bagi pelaku bisnis dan Pemilik Toko Online:

1. Target Pasar Yang Sangat Luas

Secara segmentasi pasar yang mampu di jangkau toko online sangat luas, karena internet tidak terbatas ruang dan waktu, tidak terhalang regional geografis, pembeli bisa jadi berasal dari mana saja bisa dari dalam negeri maupun di luar negeri .

berbeda dengan toko yang konvensional kemampuan penetrasi pasarnya hanya yang bisa di jangkau oleh kita saja, misalkan hanya di daerah sekitar tempat usaha kita, kalau untuk orang luar kota saja sudah pasti akan kesulitan kita jangkau karena keterbatasan segmentasi tadi.

2. Lebih Hemat Modal dan Biaya

Dengan membuka toko online maka modal yang kita gunakan akan jauh hemat misalkan saja jika kita punya toko konvensional maka kita harus nyari tempat yang strategis untuk menyewa tempat, berapa puluh juta uang yang anda habiskan untuk menyewa sebuah ruko selama sebulan? Belum lagi gaji karyawan, administrasi dll.

karyawan yang kita gaji juga akan sangat banyak kemudian ruang administrasi yang kita butuhkan juga banyak, mulai dari ruang pajang(showroom) , ruang casier, dll.

Penjual tidak harus berinvestasi di toko fisik, asuransi, atau infrastruktur karena yang dibutuhkan toko online adalah ide cemerlang, produk unik, dan design webstore yang baik untuk menjangkau pembeli. Dengan terjun di dunia eCommerce, penjual bisa melakukan promosi dan marketing secara lebih efektif melalui berbagai channel.

Sistem toko online yang sepenuhnya otomatis seperti manajemen stok barang, pembayaran, penghitungan ongkos kirim, dan fitur lainnya, jumlah pegawai yang diperlukan untuk menjalankan bisnis online cukup sedikit saja.
Perizinan yang diperlukan untuk memulai toko online jauh lebih sedikit dibandingkan toko fisik.
Berbagai penghematan ini berarti penjual bisa mengurangi biaya operasional dan menawarkan produk dengan harga yang jauh lebih bersaing.

3. Tidak Perlu Melayani Kostumer langung Jadi hemat Tenaga

Karena pembeli online umumnya sudah tau akan membeli apa, ditambah lagi toko online kita biasanya sudah memberikan informasi berupa deskripsi produk sehingga pembeli sudah paham barang apa yang akan mereka beli.

Jadi Informasi tambahan yang perlu diberikan kepada calon customer maupun customer juga relatif lebih global dan banyak yang bisa kita informasikan sehingga customer akan lebih puas dengan produk kita dan tidak banyak bertanya-tanya tentang produk kita.

4. Media Promosi lebih murah

Internet kan bisa dilihat hampir oleh semua orang di dunia ini, tinggal bagaimana kita menargetkan pasar kita saja, kalau target kita untuk indonesia ya kita buat toko online bahasa indonesia, tapi kalau barang dagangan anda berupa barang yang ingin di jual secara export seperti kerajinan dan lain-lain anda perlu membuat toko online berbahasa inggris.

Nantinya melalui kurs dollar dan biaya eksport import harga barang yang anda jual bisa memperoleh keuntungan berkali-kali lipat.

5. Kesempatan Bisnis kamu Go-internasional

Kesempatan bisnis kamu untuk go internasional akan semakin bertambah dengan adanya toko online, karena produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa ditemukan dengan mudah oleh pembeli potensial dari negara manapun.

6. Lebih Profesional dan Terpercaya

Memiliki website toko online sendiri akan membuat bisnis makin terlihat profesional. Beberapa perusahaan ternama bahkan telah memakai toko online untuk memperlihatkan bagaimana kualitas kinerja dan manajemen yang mereka miliki.

Selain itu, memiliki toko online sendiri memberikan kepercayaan