7 April 2017

Cara Memulai Usaha Gas LPG Yang Menguntungkan

Memulai Usaha Gas LPG

memulai usaha gas LPG

Gas elpiji baik yang 3 kg, 5 kg ataupun 12 kg merupakan salah satu barang yang sangat dicari karena merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat diperlukan setiap hari. Khususnya untuk ibu rumah tangga, gas lpg merupakan bahan bakar kompor untuk keperluan memasak.

Pilih jadi pengecer atau suplyer

Yang perlu anda tahu adalah jika menjual gas lpg anda bisa memilih antara mau menjadi agen ataupun pengecer.

Perbedaannya adalah terletak pada modal yang di perlukan.
sebagai agen, pangkalan, sub agen, karena penjualan dan pembelian dilakukan dalam skala besar sehingga memerlukan modal yang cukup besar besar. Tapi keuntungan yang bisa didapatkan juga lebih besar.

Sedangkan untuk modal yang terbatas menjadi pengecer bisa bisa menjadi pilihan yang cocok karena bisa dilakukan dengan modal yang cukup kecil.

Penjualan gas LPG bisa dikatakan merupakan sebuah bisnis yang jarang sekali rugi. Jika anda sedang bingung mencari bisnis yang tepat maka usaha berjualan gas elpiji 3 kg ataupun 12 kg merupakan pilihan yang bagus.

Keuntungan Usaha Gas Elpiji

Hal yang perlu anda ketahui mengapa banyak sekali baik warung, toko, rumah tangga, dll yang menjalankan bisnis gas elpiji.

Alasannya yaitu karena usaha ini bisa dikatakan sangat praktis, menguntungkan, menjanjikan untung besar tanpa perlu direpotkan dengan proses produksi dan pemasaran.

Nah berikut inilah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh melalui bisnis gas elpiji, antara lain:

1. Mudah dijalankan

Kelebihan utama dari usaha penjualan gas elpiji 3 kg, 5 kg dan 12 kg pertamina yaitu adalah mudah sekali dijalankan. Anda tinggal memasang papan, spanduk atau banner di depan warung, toko atau rumah tempat anda berjualan dengan tulisan “ada gas LPG”. Umumnya Para pembeli akan datang dengan sendirinya.

2. Dibutuhkan dan dicari Orang

Jualan gas 3 kg elpiji akan selalu laku dan dicari orang.
Apalagi ketika terjadinya kelangkaan akibat kurang pasokan dari pihak pertamina.

Saat harga gas tiba tiba naik anda bisa meraih keuntungan lebih banyak lagi, sehingga jika anda membeli gas lpg dalam jumlah besar anda tidak akan pernah rugi.

Alasan apa yang membuat gas elpiji 3 kg selalu dicari orang ?

Seperti yang telah saya jelaskan diawal yaitu Karena gas 3 kg elpiji merupakan kebutuhan utama kegiatan rumah tangga saat ini. Terutama untuk keperluan memasak di dapur.

Karena kita tau sekarang bahan bakar lain seperti minyak tanah sudah digantikan oleh gas elpiji semenjak ada program konversi dari minyak tanah ke gas 3 kg.

Selain diperlukan untuk keperuan rumah tangga gas lpg 3kg juga diperlukan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Misalnya seperti penjual somai, penjual bakso, dan usaha kecil lainnya.

3. Modal biusa disesuaikan dengan budget yang anda miliki

Untuk awal usaha berjualan gas elpiji 3 kg bisa anda mulai dengan modal Rp 300 ribu atau dengan dua tabung. Harga pertabung gas elpiji 3 kg dan isinya sekitar Rp150 ribu.

Semakin banyak jumlah tabung dan gas lpg yang bisa anda jual tentu akan semakin besar keuntungan yang didapatkan.

4. Harga Stabil Serta Jarang Terjadi Penurunan

Kelebihan lain dari usaha gas elpiji adalah harga jualnya yang selalu stabil bahkan selalu mengalami kenaikan setiap kali terjadi kelangkaan.

Umumnya kenaikan ini terjadi pada saat menjelang bulan puasa Ramadhan dan menjelang hari raya idul fithri dan 10 hari setelahnya.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga hari biasa juga gas lpg mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan Karena minimnya pasokan sedangkan kebutuhan masyarakat sangatlah besar.
Sementara itu, cara mudah dan sukses memasarkan bisnis gas elpiji 3 kg adalah menjalin kerjasama dengan pemilik rumah makan, usaha produksi makanan, pabrik cemilan, dll untuk menyediakan gas elpiji 3 kg dalam jumlah tertentu.

 

Memulai Usaha Gas Elpiji 3 Kg

berikut ini adalah langkah-langkah persiapan dan modal usaha yang nantinya diperlukan dalam memulai bisnis gas elpiji 3 dari tahap awal sampai berdiri:

Baca juga >>  Apa Itu Unicorn, Startup dan Valuasi Dalam Bisnis

1. Anda harus punya Lokasi/Tempat Usaha

Untuk lokasi usaha bisa dimulai di rumah. Gunakan ruangan yang kosong untuk menyimpan stok tabung gas elpiji 3 kg, 12 dan 5 kg yang anda miliki. Pastikan memasang pemberitahuan jika anda menjual Gas LPG Agar tetangga, dan masyarakat sekitar mengetahui keberadaan bisnis kita

Penting:

Untuk menjaga keamanan bisnis gas elpiji anda pastikan lokasi usaha sangat jauh dari jangkauan anak anak dan sumber api.

2. Kendaraan Operasional

Selanjutnya unuk memudahkan proses angkut anda memerlukan sebuah alat transportasi. Alat transportasi ini bisa sesuaikan dengan ayang anda miliki. Anda bisa menggunakan mobil, colt, truk atau sepeda motor.

3. Mencari Cari Supplier

Setelah mempunyai lokasi usaha yang memadai, tepat yang strategis dan memiliki modal alat transportasi mobil atau sepeda motor, langkah selanjutnya adalah mencari pemasok.
Pasokan bisa berasal dari pangkalan gas elpiji 3 kg (agen gas yang resmi) . seperti ini proses bisnisnya ;

  • biasanya konsumen membeli gas 3 kg elpiji dari pengecer.
  • Dan pengecer mengambil pasokan dari pangkalan.
  • Dan pangkalan pasokan dari agen resmi setempat.
  • Dan agen mengambil pasokan gas dari distributor pusat.

Jika anda memutuskan menjadi pengecer maka hendaknya mencari pemasok atau penyedia gas yang lokasinya terdekat dengan lokasi usaha anda.

Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah anda dalam proses pengiriman dan menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi.

Tanyakan pada mereka apakah masih menerima pengecer gas 3 kgm karena seringkali pangkalan sudah menerima banyak pelanggan dari kalangan pengecer.

Oleh karenanya, pilih pangkalan paling dekat yang masih jarang pelanggan atau pengecer. Sebab itu, peluang anda sebagai pengecer gas yang dapat pasokan dari pangkalan terbuka lebar.

4. Mempersiapkan Tabung Gas LPG

Jika anda hendak membuka usaha gas LPG maka anda harus memiki tabung gas
Sebenarnya dengan tabung 10 buah sudah bisa memulai usaha jual beli gas, tapi jika anda memiliki tabung lebih banyak tentu akan lebih bagus karena persediaan tabung anda bisa bertahan beberapa hari dan tidak perlu sering sering belanja GAs.

Untuk memiliki tabung gas kosong anda bisa membelinya langsung dari pangkalan, agen atau dari pengguna langsung. Anda juga bisa membeli tabung dari orang yang mungkin berniat membeli tabung misal karena akan pindahan dan lain lain, karena harganya bisa di runding dan umumnya lebih murah.

Berapa Harga Tabung Gas Elpiji 3 Kg Kosong

Berdasarkan pengalaman saya membeli tabung, waktu itu perbiji tabung 3 kg elpiji yang kosong sebesar Rp 125 ribu pertabung. Sedangkan yang sudah ada isinya sekitar Rp 140 ribu per tabung.

Namun ada juga yang menjual dengan harga Rp 150 ribu per tabung.
harga berbeda-beda tergantung situasi dan wilayah setempat tempat anda tinggal.

5. Mulai datang kepangkalan gas LPG dan lakukan Pengisian

Setelah semua persiapan selesai sekarang satnya melakukan pengisian tabung gas yang kosong.
Anda tinggal dan mengisinya ke pangkalan terdekat dengan harga biasanya sekitar Rp 17.000 pertabung elpiji 3 kg.  Untuk gas elpiji 5 kg harga pengisian sebesar Rp 70.000

6. Keuntungan Jualan Gas LPG

keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang pengecer tertantung dengan berapa anda menjualnya, biasanya keuntungan yang bisa anda peroleh untuk setiap penjualan tabung gas lpg bisa mencapai Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu.

Sesuaikan saja dengan penjual lain supaya tidak kemahalan dan tidak kemurahan sehingga anda tetap bisa memperoleh keuntungan dari penjualan gas LPG anda.
Perhitungan keuntungan:

Misal :

untuk 1 tabung anda mengambil untuk 7 ribu rupiah, dalam sehari anda mampu menjual 15 tabung maka anda bisa mngambil keuntungan = 7.000 x 15 tabung =keuntungan bersih 105.000 perhari.

Lumayan kan?

Tapi jika ingin keuntungan yang anda peroleh lebih besar tidak ada salahnya anda melengkapi bisnis gas elpiji 3 kg anda dengan isi gas elpiji 5 kg, 12 kg dan blue gas serta menjalankan bisnis jual beli tabung gas elpiji kosong dalam berbagai ukuran.

Selain itu anda dapat mengkombinasikan dengan usaha jualan kompor gas, regulator, perlengkapan memasak dan hal yang berkaitan dengan gas.

Tapi idealnya usaha gas lpg in dijalankan secara kombinasi dengan usaha warung kelontongan, toko sembako, dan sejenisnya.

Nah mungkin itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini mengenai Memulai Usaha Gas LPG semoga bermanfaat. Sampai ketemu di tulisan selanjutnya.

SHARE:
artikel 11 Replies to “Cara Memulai Usaha Gas LPG Yang Menguntungkan”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

COMMENTS

11 thoughts on “Cara Memulai Usaha Gas LPG Yang Menguntungkan

    Author’s gravatar

    Pengen dh usaha jadi agen resmi jual gas

    Author’s gravatar

    Bagus sekali tulisannya mas Riski, saya menggeluti bidang ini kurang lebih 2 tahun.
    Pertumbuhan penjualan gas LPG yang merupakan salah satu kebutuhan dasar, beriringan dengan penambahan perumahan atau adanya komplek-komplek perumahan baru.
    Saya tinggal di daerah bandung selatan, dekat dengan exit tol buah-batu, yang sekarang ini sedang banyak sekali didirikan komplek perumahan yang akan berimbas langsung ke meningkatnya permintaan akan gas LPG.
    Saya mengajak bermitra bagi siapapun yang ingin menjadi pengecer gas LPG terutama untuk melayani komplek perumahan yang baru.
    Untuk yang berminat menjadi pengecer atau outlet Gas 5,5kg dan 12 kg wilayah kabupaten Bandung dan bandung selatan bisa menghubungi saya di 083821822660
    Terimakasih mas Riski, salam hormat saya Tommy

    Author’s gravatar

    Disekitar rumah kami belum ada pangkalan saya mw jadi pangkalan gas gimana cara nya ya

    Author’s gravatar

    Saya mau tanya kalo mau jadi agen kecil2an tapi tabung blom punya gimana caranya ya minta solusinya dong???

      Author’s gravatar

      beli ke penjual gas gan .. biasanya di agen juga menjual sama tabungnya

    Author’s gravatar

    Slmt mlm . Maaf mas .mau tanya . ??!.kalau untuk agen gas elfiji 3 kg. 5 kg kira2 modal minimal nya berapa . Dan persyaratannya bagaumana . Mohon penjelasannya 🙏🙏

      Author’s gravatar

      kalau pengalaman saya, untuk awal membeli tabung habis 1.350.000 untuk 10 tabung, sisanya tinggal biaya ngisi aja.

    Author’s gravatar

    Berarti mas, kalo pgn jadi agen/supplier harus punya link distributor pusat ya ?

      Author’s gravatar

      iya mas dan pengurusan pendaftaran nya lebih sulit, oh iya kalau jadi suplyer itu sistem nya target harus habis tiap ada kiriman…

    Author’s gravatar

    Artikelnya bagus banget, smangat untuk buka agen lpg.

    Author’s gravatar

    Bagaimana caranya mendaftarkan diri jadi agen?infonya dongk
    -Sulawesi tenggara
    -kabupaten bombana
    -kecamatan rumbia tengah
    -kelurahan Kampung baru
    Kontak
    082327777693

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.