Peluang Usaha Kursus Mengemudi Yang Menjanjikan

0
34

Peluang Usaha Kursus Mengemudi Kendaraan Roda 4 dan Mobil Pribadi

Peluang Usaha Kursus Mengemudi

Memiliki kendaraan pribadi sekarang ini bukanlah sesuatu yang mewah lagi, bahkan hampir setiap kepala keluarga saat ini pasti memilki setidaknya satu kendaraan pribadi, hal ini dikarenakan kendaraan pribadi sendiri memudahkan pemiliknya untuk pergi kemana saja dan kapan saja, hal ini tentu sangat mendukung perilaku hidup masyarakat kota yang selalu dituntut untuk terus bergerak cepat dan memiliki mobiltas tinggi.

Menyadari keadaan inilah yang akhirnya memuculkan sejumlah peluang bisnis bagi para pelaku usaha, dan salah satunya yaitu dengan mendirikan sekolah kursus mengemudi khususnya mobil.

Kenapa Usaha kursus mengemudi?

logika saja setiap orang sebelum membeli mobil baru pasti harus bisa mengemudi, dan untuk bisa mengemudi secara baik serta aman tentu pemilik kendaraan tersebut di tuntut untuk belajar, sedagkan untuk belajr mengemudi hampir tidak mungkin rasanya dilakukan secara otodidak atau secara sendiri, dan pasti membutuhkan yang namanya istruktur serta pengajar.

Sehingga satu-satunya pilihan terbijaknya adalah pemilik kendaraan yang telah siap membeli kendaraan tentu siap juga mengeluarkan uang untuk belajar mengendarai kendaraan.
Nah dari sinilah peluang bisnis kursus mengemudi ini tercipta.

Apa sih usaha kursus mengemudi itu?

Secara sederhana kita bisa mengambil kesimpulan jika lembaga kursus mengemudi itu merupakan sebuah lembaga yang khusus menawarkan jasa pelatihan keterampilan dibidang mengemudikan kendaraan.

Tidak hanya sekedar bisa berkendara, lembaga kursus juga di tuntut untuk mengajarkan materi terkait proses berkendaran yang aman serta tidak melanggar peraturan berkendara yang ada, sehingga selain praktik lembaga kursus juga umumya memperkenalkan terkait peraturan mengemudi yang baik dan benar serta aman, serta juga wajib memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan.

Apa Sih Kelebihan Usaha Kursus mengemudi.

Apapun jenisnya usaha yang bersifat jasa umumnya memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa sukses dikemudian hari jika melihat semakin tingginya jumlah pemilik kendaran itu sendiri, selain itu usaha semacam ini juga sangat kecil sekali mengalami kerugian di karenakan yang di tawarkan adalah berupa jasa yang kalaupun sepi peminatnya tidak akan membuat produk yang di tawarkan menjadi tidak terpakai.

Selain itu semakin tua dan berumur sebuah usaha semacam ini, maka bisa dipastikan semakin dipercaya sebuah oleh masyarakat, hal ini menjadikan lembaga kursus mengemudi tersebut peminatnya pun akan semakin besar sehingga prospek jangka panajangnya tentu akan sangat menjanjikan.

Apa Syarat membuka Usaha Kursus Mengemudi?

Sebelum membuka Usaha kursus mengemudi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya :

1. Perizinan

Bicara tentang sebuah lembaga pembelajaran tentu tidak lepas dari yang namanya perizinan, apa lagi jika di kaitkan dengan kursus mengemudi yang notabene nantinya akan di implementasikan dengan berkendara di jalan.

Jadi yang anda pertaruhkan disini selain keselamatan pengguna jalan raya, juga adalah keselamatan peserta kursus itu sendiri, sehingga wajib hukumnya anda memiliki sebuah landasan hukum yang kuat. Untuk mnghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan dikemudian hari.

2. Kesiapan Kendaraan

Sebelum yakin mendirikan usaha kursus mengemudi harus anda pastikan juga kesiapan kendaraan sebagai sarana belajar mengejar yang nantinya anda gunakan. Pastikanlah benar anda menggunakan kendaraan yang dilengkapi dengan surat-surat, serta pastikan kendaraan anda lolos uji kelayakan kendaraan dan KIR.

3. Tenaga Pengajar Berkompeten serta Berpengalaman

Untuk mampu mengajarkan berkendara secara baik sudah barang tentu anda harus memiki tenaga pengajar yang baik pula, ingat karena disini yang dipertaruhkan adalah keselamatan maka pastikan anda menggunakan hanya jasa pengajar yang telah berpengalaman, Memiki sertifikat mengajar serta bertanggung jawan dan dapat dipercaya.

4. Lokasi Belajar Yang Memadai

Untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif ada baiknya anda menyediakan sarana berupa tempat untuk melakukan kegiatan belajar mengemudi, sediakan beberapa jensi trak jalan serta jalur uji coba berbeda untuk menguji kesiapan para peserta didik anda, tentu harus disesuaikan dengan tingkatan nya masing-masing.
Tips Menentukan Lokasi Belajar Mengemudi yang baik:

  •  Pilih tempat yang jauh dari keramaian, aktifitas anak-anak dan bukan dilingkungan perumahan.
  •  Jangan gunakan jalan raya sebagai tempat belajar, karena riskan terjadi kecelakaan, hanya perbolehkan perserta didik anda mencoba mengendarai kendaraan dijalan raya saat dirasa sudah siap dan benar-benar matang.
  •  Jangan lakukan kegiatan belajar pada daerah yang dekat dengan lingkungan yang banyak berdiri bangunan, tembok dan gedung.
  •  Pastikan lokasi anda aman dari berbagai tempat yang berbahaya seperti kali/sungai/kolam, jurang atau lubangan, serta medan yang sering terjadi bencana alam sepert tanah longsong atau banjir.

Tips Agar Sukses Membuka Usaha Mengemudi

Berkut ini ada beberapa tips dari kami jika anda hendak mendirikan usaha sekolah mengemudi:

1. Asuransikan kendaraan anda

Karena kegiatan belajar dan mengajar mengemudi rawan dengan kecelakaan, tidak ada salahnya anda mengasuransikan kendaraan selaku sarana belajar mengajar anda kepihak asuransi. Tujuannya apa?

Tujuannya jika terjadi sebuah kecelakaan yang tidak disengaja oleh peserta didik anda bisa dengan mudah mengganti kerusakan dengan cara melakukan klaim asuransi.

Asuransi paling sesuai untuk usaha seperti ini adalah tipe all risk dengan perluasan perlindungan yang mencakup jaminan keselamatan penumpang.

Dengan adanya asuransi jenis ini juga akan menjadi nilai tambah serta kepercayaan tersendiri bagi peserta didik anda, karena jaminan ini bukan hanya berlaku pada kendaraan tetapi juga pada keselamatan penumpangnya.

2. Tetapkan Standarisasi Yang Tinggi

Sekamin tinggi standar kelulusan yang anda selaku pemilik dan penanggung jawab tentukan maka semakin elite usaha anda dimata calon konsumen anda.

Standarisasi yang tinggi juga akan memastikan pengajar memberikan semua ilmu yang dimilikinya semaksimal mungkin, sehingga lulusan yang dihasilkan juga mampu bertanggung jawab terhadap keselamatan baik dirinya sendiri maupun pengguna jalan lainnya, seta dapat menaati semua peraturan/rambu- rambu lau lintas yang ada.

3. Lakukan Promosi Secara tepat

Banyak cara sebenarnya untuk mempromosikan usaha kursus mengemudi anda, misalnya seperti:

  •  Memberikan jaminan lulus pasti bisa atau uang kembali.
  •  Berikan kesempatan uji coba gratis untuk pertama kali.
  • Antar jemput konsumen.
  • Serta jenis-jenis promosi lain yang memang diperlukan oleh calon pelanggan anda.

4. Sesuaikan Kegiatan Kursus Dengan Jadwal Konsumen anda

Ni yang tidak kalah penting karena secara umum peserta didik kursus mengemudi adalah mereka orang orang yang bekerja tentu anda selaku penyedia jasa harus mampu menyeseuaikan diri dengan waktu dan keadaaan konusmen anda.

Misalnya jika pekerja kantoran umumnya hanya libur pada hari minggu maka anda lakukan kursus pada hari minggu.

Dengan membuat usaha anda se fleksibel mungkin diharapkan akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi calon konsumen anda.

5. Lakukan Pendampingan Sampai Peserta Didik Mendapat sim

tes mengemudi

Ada baiknya jika sebuah kursus mengemudi juga mendampingi siswa didiknya sampai pada proses pembuatan sim yang biasanya dilakukan pengujian di kantor polisi, dengan sebelumnya melewati beberapa tes mengemudi dan tes pengetahuan akan rambu-rambu lalu lintas.

6. Ada Yang Perlu di tambahkan?

Banyak hal-hal yang mungkin terlewatkan untuk kami paparkan disini terkait Peluang Usaha Kursus Mengemudi, untuk itu sebaiknya ada baiknya anda berinofasi sendiri, cari tau apa yang bisa menjadi kelebihan pada jasa yang anda tawarkan.

Dengan menjadi berbeda dan lebih baik dibandingkan yang lainnya usaha kursus mengemudi yang anda bangun akan memiliki nilai lebih dimata pelanggan dan hal ini akan membuat anda memenangkan persaingan.

Nah mungkin itu ulasan yang bisa berwirausaha bagikan kali ini mengenai peluang bisnis lembaga mengemudi, saya mohon maaf jika banyak kekurangan dan semoga artikle kali ini bermanfaat.

Samapi jumpa lagi dan sukses selalu untuk usaha anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.