Hal Yang Wajib Dilakukan Sebelum Membuka Usaha

Sebelum membuka usaha ada beberapa hal yang perlu dipersiakan baik itu besifat material ataupun non material yang bersifat abstrak sepeti mental dan persiapan perencanaan. untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini:

hal yang perlu dipersiakansebelum membuka usaha :

Persiapan Sebelum Membuka Usaha

1. Mencari dan mendapatkan modal

Yang namanya usaha apapun itu mau besar mau kecil pasti membutuhkan yang namanya modal, ibaratnya kendaraan modal adalah bahan bakar yang digunakan untuk menghidupkan dan menjalankan bisnis anda. Tanpa modal kecil sekali kemungkinannya sebuah bisnis bisa berdiri.

Modal ini merupakan pengeluaran awal yang nantinya akan dialokasikan keberbagai keperluan usaha anda. Misal digunakan untuk membeli peralatan usaha, menyewa ruko, membeli bahan baku dan menggaji karyawan jika memang memakai jasa karyawan.
Tapi sebenarnya modal ini bisa disesuaikan dengan keadaan keuangan anda dan juga besar usaha yang ingin anda bangun, kalau usaha anda usaha UKM yang dilakuak dalam skala rumahan tentu modal ini tidak terlalu besar karena kebanyakan bisnis UKM hampir semua kebutuhan peralatan dan pendukngnya bisa disediakan secara mencicil satu persatu dan tidak harus dilengkapi sekaligus tapi ditambah apaila dirasa perlu.
Modal didapatkan dari berbagai sumber bisa dari milik pribadi, ataupun pinjaman. Pinjaman bisa berasal dari berbagai sumber misalnya seperti pinjaman dari bank ataupun pinjaman nn resmi misal dari sanak saudara.
Kalau anda baru didunia usaha lebih baik mencari aman saja jika memang ingin melakukan pinjaman, yaitu dengan meminjam dari keluarga karena lebh aman dan juga anda tidak akan tertekan dalam proses pengembaliannya.

2. Membat rencana usaha

Setelah modal yang anda perlukan ddapatkan selanjutnya anda harus membuat sebuah rancangan usaha yang akan anda bangun, hal ini termasuk penting demi untuk memperkirakan pengeluaran dan pendapatan anda kedepannya, selain itu juga untuk mengetahui resiko yang mungkin bisa membahayakan usaha anda dan membantu anda mencari solusi untuk mencegahnya.
Ibaratnya membuat sebuah bangunan anda harus membuat rancangan nya agar bangunan yang anda dirikan bisa kokoh, indah dan sesuai dengan yang anda harapkan begitu juga dengan rencana usaha.
Rencana usaha sangat luas ya mulai dari perincian modal, proses usaha yang terjadi, rencana pengembangan, serta hal hal teknis serta non-teknis lainnya.
Hal-hal seperti ini biasanya dilakukan dengan kalkulasi dan perhitungan diatas kertas.

3. Mencari reseler, penyedia barang, dan sumber daya yang akan anda gunakan

Kalau anda hendak membuka sebuah usaha tentunya anda akan mencari partner kan?
Baik itu penyedia barang atau jasa, maupun partner dalam menjalankan usaha anda.
Misalnya anda membuka usaha ayam goreng maka anda harus menari penjual ayam.

Kenapa sumber daya itu penting?

Kita tau jika sebuah usaha itu haruslah dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, sehingga kita harus memastikan ketersediakan sumber daya itu mencukupi untuk proses dagang kita sehari hari.

Jadi tidak mungkin kan kita membuka usaha warung makan ayam tapi kita tidak memiki langganan penjual ayam? Untuk itu setelah membuat rancangan dan sebelum mendirikan usha pastikan bahan dan sumber daya yang dibutuhkan tersedia.

4. Meminta pendapat keluarga, pasangan dan sanak saudara sebelumnya

Sudah siap mendirkan sebuah usaha ada sebuah tiket yang tidak kalah ajaibnya yang sedikit banyak menentukan perkembangan usaha anda, yaitu adalah pendapat keluarga, lebih bagus lagi kalau anda sekaligus meminta rentu dari orang tua karena sebelum orang lain memberikan penilaian terhadapa usaha anda, penilaian yang pertama harus anda dengan adalah penilaian dari orang-orag terdekat anda.

Kalau skala usaha anda berbentu join venture, atau usaha bersama rekan, al ini harus dirapatkan lebih dulu untuk membangun usaha kedepannya sepetri apa.

5. Mulai mendirikan usaha sesuai yang anda rencanakan

Modal sudah ada, rencana sudah dibuat, dan restu sudah didapat sekarang saatnya anda muli memakai pakaian kerja dan mulai mengemudikan usaha anda seperti apa yang telah direncanakan.

Rencana memang tidak selalu sama dengan apa yang terjadi pada realita tapi setidaknya memiliki rencana masih lebih baik dibandingkan anda berjalan tanpa ada pegangan kan.
Halangan dan rintangan sudah pasti akan ada tapi kalau anda yakin itu tidak akan menjadi penghalang untuk anda.

So tetap teguh dengan pendirian anda dan jalankan usaha sesuai dengan apa yang anda percaya.

6. Mulai promosikan usaha baru anda kepada orang orang

Usaha tidak akan bisa berjalan kalau tidak dibarengi dengan promosi, kalau anda Cuma pasrah dan hanya menungu pengunjung datang menghampiri anda maka sekarang rubah pola pikir anda ini,  Sekarang ini kita sebagai penjual harus mau mendatangi pelanggan kita, jangan malu untuk keluar kejalan dan membagikan selebaran untuk orang orang berisi promosi tentang produk anda.

Karena semakin banyak orang tertarik dengan apa yang anda tawarkan tentu dampaknya akan lebih baik untuk dagangan anda. Apapun itu bentuk dagangan dan usahanya.

Nah mungkin itu apa apa saja yang sebaiknya anda persiapkan sebelum mendirikan usaha, semoga bermanfaat dan semoga berhasil denga usaha anda.
Saampai jumpa

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.