Peluang Usaha Ternak Kambing Yang Menjanjikan Untuk Sampingan

0
93

Usaha beternak kambing

Usaha beternak kambing

Inilah salah satu peluang bisnis rumahan yang bisa dijadikan sebagai sampingan yang menguntungkan dan menjanjikan selain itu juga mudah untuk dilakukan. Sehingga cocok dijalankan oleh pengusaha yang memiliki modal minim.

Usahanya simpel tidak repot dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan serta kambing memiliki banyak manfaat yaitu untuk susu, daging, bulu, dan kulit.

Kebutuhan oleh masyarakat yang sangat besar terhadap kambing menunjukkan potensi besar bisnis ini. Permintaan akan kambing semakin besar pertahun.

Terutama waktu menjelang idul adha. Belum lagi keperluan lain semisal acara syukuran, aqiqah, hajatan dan juga keperluan daging konsumsi untuk masayrakat sehari-hari yang umumnya membutuhkan kambing.

Gambaran Keuntungan Yang Bisa Diperloleh dari Usaha Ternak Kambing

Tidak usaha melihat contoh jauh-jauh, Saya sendiri dulu sudah 5 tahun kurang lebih berpengalaman memelihara kambing.

Jujur Saya awalnya memilih usaha ternak kambing awalnya tidak sengaja, bukan karena tidak ada keinginan tapi karena jujur saat itu saya hanyalah anak kampung SD yang tidak tau apa apa dan tidak memiliki uang juga boro boro untuk membeli kambing, sekedar seratus dua ratus perak saja sekedar untuk uang saku sekolah saya tidak punya.

Untungnya Dalam kasus saya, saya bisa memulai usaha ternak kambing ini tanpa modal sama sekali. Berawal dari kambing titipan kenalan jauh, saat itu saya dipercayakan 1 ekor kambing berjenis kelamin perempuan yang kemudian saya rawat dan saya besarkan sendiri dengan cara merumput sepulang sekolah sampai sore (ngarit istilahnya).

Untuk mengawinkannya saya meminjam kambing jantan milik tetangga Satu tahun setelah satu kambing ini beranak 3 biji, kemudian saya diberikan upah 1 ekor untuk saya rawat sendiri.

Berawal dari satu ekor inilah hingga akhirnya kambing yang saya pelihara beranak-pinak hingga menjadi 8 ekor. Dalam kurun waktu kurang dari 4 tahun.

Bayangkan untuk ukuran anak SD saat itu yang tinggal kampung memiliki 8 ekor kambing itu tentu merupakan sebuah anugerah tersendiri, karena dengan menjual satu ekor saja sudah cukup untuk biaya masuk SMP.

Sayapun selalu bersyukur sampai sekarang kalau dulu tidak jadi tukang angon kambing mungkin beda ceritanya, saya tidak akan bisa melanjutkan pendidikan sampai mendapat gelar S1 seperti sekarang.

Prospek dari Usaha Beternak Kambing

apa yang anda fikirkan bila mendengar nama kambing?

Soto kambing, sate kambing, gulai kambing atau hewan mengembik.

Jika dijadikan gulai, soto, dan sate maka daging kambing sangat enak dan lezat dengan rasa khas tersendiri. hewan berkaki empat ini sudah dikenal banyak orang. Bukan hanya di Indonesia tapi kambing dikenal di seluruh dunia.

Selain itu Kambing juga umum dijadikan sebagai salah satu hewan kurban. Sehingga setiap hari raya Idul Adha kambing selalu laris manis dicari dan dibeli orang untuk berkurban.

Kelebihan Usaha Tenak Kambing

Ada banyak hal yang membuat usaha ternak kambing lebih menguntungkan dari bisnis lain, misal ternak sapi. Diantaranya yaitu:

  • Modal usaha yang lebih kecil.
  • Harga kambing yang lebih murah dibanding sapi.
  • harga daging kambing yang jauh lebih terjangkau ketimbang daging sapi.
  • Selain itu usaha merawat peternakan kambing lebih gampang daripada merawat kandang ternak sapi.
  • biaya pakan, biaya bibit dan biaya kesehatan yang sangat murah ketimbang bisnis peternakan sapi potong dan pedaging.

Mungkin hal hal inilah yang akhinya menjadikan pertimbangan banyak orang terutama yang tinggal di pedesaan lebih memilih usaha ternak kambing secara sampingan.

Karena modal usaha yang dibutuhkan kecil dengan potensi untungnya yang besar dan hampir tidak pernah rugi. Jarang sekali ada istilah peternak kambing rugi.

Kecuali kambingnya terkena penyakit lalu mati. Tapi kan hal ini tentu sangat jarang terjadi. Kalau anda rawat kambing peliharaan anda secara tepat.

Bagaimana Memulai Usaha Ternak Kambing Untuk Sampingan

Anda bisa membeli kambing satu pasang dulu untuk indukan, kalau harganya dirasa terlalu berat anda bisa beli dari yang ukurannya masih kecil dan rawat sendiri hingga besar.

Tapi hati-hati kalau tidak dirawat dengan benar bisa bisa kambing malah mati.

Syukur-syukur anda punya modal sendiri untuk usaha ternak kambing, atau bisa pinjam dari sanak kerabat, anggota keluarga, kenalan, teman, sahabat, orang tua, dst .

Hal-hal yang perlu diPersiapan untuk usaha ternak kambing

Sebelum memulai usaha ternak kambing berikut ini Hal-hal yang perlu diPersiapan:

1. Calon Indukan/Bibit Kambing

Hal pertama yang perlu anda persiapkan sebelum memulai usaha ternak kambing adalah mencari dan membeli calon indukan, kalau anda memiliki modal besar beli 5 ekor kambing dengan komposisi 4 kambing perempuan dan 1 kambing jantan.

Hal ini karena 1 kambing jantan cukup untuk membuahi 4 kambing betina permusim kawin.

2. Kandang

Kalau anda mau beternak kambing tentu anda harus memiliki sebuah kandang, tempat untuk tinggal kambing, makan, dan melahirkan.

Pembuatan kandang bisa dibuat sesuai dengan keperluan anda, sebenarnya kandang kambing bisa dibuat secara sederhana dari kayu.

Tapi lebih baik jika kandang dibuat dalam bentuk panggung dengan lubang lubang kecil di bagian lantainya, sehingga kotoran akan jatuh langsung ke tanah dan tidak menyebabkan koreng atau penyakit pada kambing.

3. Pakan

Pakan bisa anda peroleh langsung dari alam dengan cara ramban/ngarit, atau anda juga bisa memanfaatkan pakan konsentrat konsentrat vitamin yang bisa anda beli.

Kalau saran saya lebih bagus pakan kambing itu di variasi sehingga vitamin yang dikonsumsi oleh kambing sesuai, jadi kadang anda beri rerumputan, kadang konsentrat, dan seterusnya.

4. Pengawinan

Untuk proses pengawinan biasanya dibuatkan sebuah ruangan khusus, (jangan terlalu besar) yang pas untuk dua ekor kambing dan biarkan beberapa hari nanti kambing akan kawin dengan seindirinya….

Ciri ciri kambing yang siap kawin bisa anda perhatikan dari tingkah laku betina, nantinya si betina akan memberikan gelagat yang bisa anda kenali, dan biasanya jantan akan cenderung lebih agrasif mendekati si betina.

5. Perawatan

Tidak Banyak kok jenis perawatan yang di perlukan untuk budidaya kambing, cukup beri makan dan minum teratur dengan memberikhkan kandang secara rutin minimal 2 kali seminggu untuk mencegah kambing anda terkena penyakit.

6. Modal

Berapa sih Modal untuk memulai Usaha beternak kambing?

Modal yang di perlukan sebenarnya relatif tergantung bagaimana dan berapa modal yang anda miliki untuk memulai usaha yang satu ini.

Untuk lebih detailnya silahkan kangsung datang ke peternak kambing yang anda kenal tanyakan satu kambing berapa, karena harga kambing terus berubah dari waktu ke waktu.

Saran saya jangan membeli kambing saat mendekati masa masa lebaran dan idhul adha atau hari raya kurban, karena biasanya harganya akan naik melambung.

Nah mungkin Cuma itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini, semoga yang sudah saya tulis ini bermanfaat sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.