Istilah dan Singkatan Yang Sering Digunakan dalam Jual Beli Online

0
61

Jual beli online melalui online shop merupakan sebuah life style baru di tengan kehidupan masyarakat kita sekarang ini, melalui proses transaksi jual beli online inilah kemudian tercipta beberapa istilah baru dan singkatan yang biasa digunakan oleh penjual maupun pembeli yang menggunakan media internet. Apa saja istilah yang biasa digunakan dalam proses transaksi jual beli online? simak berikut ini:

Daftar Tulisan

Istilah dan Singkatan yang sering digunakan dalam jual beli online

 istilhah yang sering digunakan pada proses belanja online

Gan/Agan

gan/agan merupakan singkatan dari juragan, panggilan ini biasa ditujukan oleh pembeli kepada penjual ataupun dari penjual kepada pembeli. julugan gan biasanya di tujukan jika orang yang di maksud adalah laki-laki.

Sis/Sista

panggilan sis pasti sudah sering kalian dengan saat kalian membuka toko online produk perempuan seperti tas, kosmetik dan lain-lain. Sis atau sesta sebenarnya adalah sinonin kata dari sister yang berarti saudara perempuan, julukan ini sering digunakan baik oleh penjual maupun pembeli perempuan.

COD

C.O.D merupakan kepanjangan dari Cash On Delivery, istilah yang sering digunakan untuk barang-barang yang dijual secara online tetapi penjual juga memberikan opsi transaksi yang bisa dilakukan dengan dengan cara bertemu secara langsung antara penjual dan pembeli.

Net

Net sering digunakan oleh penjual jika barang yang dijual harganya pas dan tidak bisa di tawar lagi.

Nego Alus

Nego alus adalah istilah yang digunakan jika barang yang dijual bisa ditawar sedikit, jadi kalau anda menemui barang yang dijual dan bisa di nego halus itu artinya barang yang dijual bisa ditawar sedikit dari harga jual sebenarnya.

Afgan/sadis

afgan/sadis merupakan istilah yang digunakan jika penawaran yang diajukan oleh pembeli terlalu sadis alias tega karena jauh dari harga yang diharapkan oleh pembeli. sering juga kita menjumpai penjual menyematkan kata kata seperti ini di postingan penjualannya “boleh nego tapi jangan sadis ya”, itu artinya penjual memberikan kesempatan kepada pembelinya untuk menawar tetapi dengan harga yang wajar dan tidak terlalu jauh.

WTS

WTS merupakan kependekan kata dari want to sell yang jika di artikan dalam bahasa indonesia berarti mau menjual barang tertentu,

WTB

WTB merupakan kependekan kata dari want to buy alias pengen membeli, itu artinya penjual memberitahukan kalau dia sedang mencari barang dan ingin membelinya.

UP

Up adalah istilah yang digunakan apabila penjual tidak setuju, tidak tertarik dengan penawaran yang diberikan oleh calon pembeli. Up juga bisa di gunakan untuk meminta pembeli sebelumnya berhenti, dan menunggu penawaran dari pembeli selanjutnya.

Rekber

Rekber adalah singkatan dari rekanan bersama alias pihak ketiga. misal kalian ingin membeli barang kepada seseorang tetapi takut ditipu dan untuk mencegah terjadinya penipuan maka digunakan rekber tersebut sebagai penengah transaksi, jadi barang penjual dititpkan kepada rekber yang dituju, begitu juga uang pembeli di kirimkan kepada rekber, selanjutnya si rekber bertugas mengirimkan barang kepada pembeli dan uang dari pembeli di berikan kepada penjual, rekber sekarang ini bisa juga dilakukan dengan memnfaatkan toko online oh misal Bukalapak dll.

Pance

pance atau panjang cerita adalah istilah yang di tujukan kepada pembeli yang saat akan banyaj transaksi berkelit dan berputar putar, akhirnya transaksi di batalkan. Atau bisa juga di gunakan untuk menyebut pembeli yang cuma tanya-tanya panjang kali lebar tanpa membeli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.