Melindungi Anak Anda Saat Menggunakan Internet

0
18

Melindungi Anak anda saat berada di dunia maya merupakan kewajiban anda sebagai orang tua

Ini adalah fakta dan kenyataan yang tidak menguntungkan, tapi anak-anak adalah korban penggunaan Internet komputer paling banyak saat ini. Kabar baiknya adalah bahwa ada beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil untuk melindungi anak-anak Anda dari pemangsa s*xsual, hacker, dan hal berbahaya lainnya yang bisa membahayakan. Artikel ini akan menjelaskan beberapa di antaranya.

 

Tips cara Melindungi Anak Anda Saat Menggunakan Internet

Gunakan Sandi Pada Beberapa Aplikasi dan browser internet

Langkah pertama dalam melindungi anak-anak Anda di komputer adalah dengan mencegah akses mereka ke bebrapa aplikasi dengan menggunakan kata sandi. Kata sandi atau password akan mencegah mereka secara tidak sengaja membuka program berbahaya dan juga beberapa hal buruk yang tidak seharusnya mereka lihat di internet.

Tentu saja usia anak yang saya maksud disini adalah usia balita yang belum sepenuhnya memahami bahaya internet, lagipula tidak ada alasan mengapa anak berusia lima, tujuh, atau dua belas tahun perlu pendampingan orang tua saat hendak mengakses internet. Mungkin merepotkan untuk anda selalu mengetikkannya setiap kali mereka ingin online, tapi hal ini lebih baik mengetahui waktu yang mereka hubungkan daripada membiarkannya menyelinap online tanpa seizin dan pengetahuan Anda tentang aktivitas mereka saat online.

Jangan Berikan Mereka Komputer atau smartphone sendiri

Langkah kedua untuk melindungi anak-anak Anda secara online adalah menggunakan komputer bersama-sama. Duduk di samping anak Anda saat dia membaca dengan teliti artikel yang ada diInternet, Anda juga dapat membimbingnya untuk membuat keputusan yang aman dan cerdas. Anda dapat menyetujui situs web dan menandainya bersama-sama.

Anda dapat memantau percakapan yang dimiliki anak Anda dengan teman mereka dan mengajarkan perilaku online yang tepat pada saat yang bersamaan. Anda bisa membuat rekomendasi dan membuat waktu pribadi untuk waktu yang berkualitas juga.

Hal ini mungkin bisa disebut dengan internet education, saying nya orang tua sekarang lupa mengawasi anak-anak mereka saat menggunakan internet.

Blokir akses ke situs kurang pantas

Langkah ketiga melibatkan pemblokiran akses ke area yang tidak tepat sama sekali. Anda dan anak-anak Anda mungkin tidak selalu menyetujui apa yang sesuai, tapi sebagai wali, Anda memegang kendali dan Anda bertanggung jawab atas keselamatan mereka. Luangkan waktu untuk menyelidiki perangkat lunak yang membuat Anda memegang kendali dan memungkinkan Anda memblokir akses ke situs web tertentu.

Jika Anda menggunakan layanan online seperti AOL (America Online), Anda dapat menggunakan setelan Parental Control internal untuk memblokir akses ke berbagai chatroom dan situs web. Anda bahkan bisa memblokir pesan instan dan email dari siapapun yang bukan sesama pengguna AOL.

Jika di Indonesia mungkin sudah secara otomatis dilakukan oleh internet sehat saying nya tidak semua situs dapat di deteksi internet sehat karena banyaknya situs yang beredar di dunia maya saat ini.

Perhatikan dengan siapa anak anda berkomunikasi

Jangan pernah membiarkan anak-anak Anda berbicara dengan orang asing dan jangan pernah meninggalkan mereka sendirian di komputer tanpa pengawasan. Anak-anak tidak memiliki pengalaman yang dimiliki orang dewasa dan mereka tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menangani percakapan, email, atau gambar yang tidak pantas ditemukan secara online.

Beberapa alat keamanan ini mencakup browser web khusus anak yang akan mengunjungi situs web yang telah disetujui sebelumnya. Lainnya termasuk plug-in browser yang tidak mengizinkan akses ke area online yang berisi kata kunci terlarang.

Ajarkan kepada anak untuk tidak memberikan informasi kepada situs atau website secara sembarangan

Langkah lain membutuhkan pengajaran anak-anak Anda untuk tidak pernah memberikan informasi pribadi secara sukarela. Dalam keadaan apa pun, sebaiknya anak memberi nama, alamat rumah, nomor telepon, atau informasi pribadi kepada orang lain melalui internet tanpa mempedulikan situasinya. Bahkan dalam informasi ini pun diperlukan untuk mengikuti kontes, pastikan bahwa Andalah yang membuat keputusan untuk memasukkan dan bahwa Andalah yang melakukannya.

Melakukan semua langkah ini tidak akan mudah. Namun, Anda dapat membantu meminimalkan hambatan terhadap upaya pemantauan Anda dengan menjelaskan mengapa Anda melakukan tindakan pencegahan ini.

Anak-anak yang lebih kecil mungkin akan menikmati waktu yang Anda habiskan bersama di depan komputer, namun anak-anak dan remaja yang lebih tua mungkin akan membencinya. Untuk membantu membangun sebuah kasus untuk perhatian Anda,

Anda mungkin juga bisa menunjukkan pada anak-anak Anda beberapa berita yang mencontohkan bahaya yang dihadapi anak-anak yang tidak diawasi. Hal ini akan memberikan contoh baik bagi mereka tentang bahaya internet tak terkontrol.

Mungkin itu saja semoga anak anak lebih cerdas dalam menggunakan media satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.