Peran Jasa Pengiriman Dalam Perkembangan Bisnis Online Saat Ini

0
56

Peran Jasa Pengiriman

Belanja online mampu terus menarik minat para konsumen baru karena menjanjikan banyak kelebihan dan keuntungan, terutama dari segi efisiensi baik itu biaya, ruang, tenaga, dan juga waktu.

Contoh nyata dan gambaran paling sederhana yang mudah dijumpai saat ini adalah sekarang penjual mampu menjual produk nya dalam cangkupan yang lebih luas dari sebelumnya, bahkan dalam beberapa kasus penjual lokal kita mampu menembus sampai kepasar mancanegara. Sedangkan dari segi konsumen saat ini pembeli sangat dimudahkan dalam proses mencari dan membeli produk apapun yang diinginkan semudah memainkan tangan, barang akan sampai ke depan pintu rumah anda dengan sendirinya, itulah hebatnya.

Saat ini bisnis online terus berkembang pesat, antusiasme masyarakat yang semakin besar ini juga akhirnya mampu memberikan semacam lahan baru dan juga menciptakan usaha baru salah satunya yang paling besar adalah jasa pengiriman barang. Jika Anda menjual barang secara online dan menggunakan portal e-Commerce, tentu salah satu tantangan dalam bisnis yang harus anda hadapi adalah bagaimana mengirimkan produk ke konsumen dengan tepat waktu, tanpa cacat secara efektif dan efisien nah disinilah masuk jasa pengiriman barang menawarkan solusinya.

Apa itu Jasa Pengiriman Barang

Jasa pengiriman barang

Perusahaan Expedisi jasa pengiriman barang adalah salah satu usaha dibidang logistic yang mengkhususkan terutama pada jasa yang menawarkan pelayanan berupa pengiriman barang (logistic).  Dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile yang memudahkan konsumen atau pun bisnis kecil hingga menengah jasa pengiriman menawarkan jasa dalam hal pengiriman barang untuk keperluan personal maupun bisnis.

Gambaran Jasa Pengiriman Barang dan Logistik

Peran jasa pengiriman barang sendiri sangat fital bahkan tidak bisa dipisahkan dari yang namanya transaksi online, karena jasa pengiriman lah yang menjadi perantara suksesnya transaksi dari penjual ke pembeli. Bahkan mungkin Tanpa didukung dengan bantuan jasa pengiriman sangat sulit rasanya toko online bisa berkembang sepesat sekarang. Istilah logistik sendiri seenarnya cukup luas, yaitu mencakup aspek seperti pergudangan, manajemen inventori, penagihan, pengemasan, label, pengiriman, cash on delivery, pembayaran, dan lian-lain.

Apa Saja Tugas Yang Harus Dilakukan Jasa Pengiriman

Meskipun Tugas dari jasa pengiriman terlihat cukup sederhana sebenarnya banyak proses dan ketentuan didalamnya, berikut ini beberapa tugas dan kewajiban dari jasa pengiriman:

  1. Memastikan produk pesanan konsumen sampai dengan tepat waktu.
  2. Jasa pengiriman harus mampu Meminimalisir hingga menghilangkan kemungkinan cacat produk pada saat proses pengiriman.
  3. Melakukan update informasi pengiriman selama paket berada dalam perjalanan sampai dengan produk sampai ditangan konsumen (penerima).
  4. Melayani Reverse logistic/return barang, yang biasanya dibutuhkan ketika konsumen meminta pengembalian produk karena rusak ataupun apabila mereka ingin melakukan penukaran tipe, ukuran, warna produk, dan hal-hal lainnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, dalam dunia perbelanjaan online, staf pengantar merupakan salah satu titik yang langsung berhubungan dengan konsumen, sehingga secara tidak langsung mereka mewakili produk yang mereka antarkan. Sehingga Sangat penting bagi para pemain e-Commerce untuk secara ketat memilih jasa pengiriman yang para pegawainya bersifat professional, ramah, dan membantu kepada konsumen.

Dalam Rantai bisnis online pada bagian mana Jasa Pengiriman Mengambil Peran

Di negara dengan tingkat peminat e-Commerce yang besar seperti Indonesia, sarana logistik semakin menjadi tulang punggung yang ikut menopang keberhasilan dan perkembangan pasar karena jika konsumen tidak mendapatkan produk mereka secara cepat, murah, dan dapat diandalkan maka bisnis semacam ini tidak akan berkembang.

Peluang pasar inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh beberapa jasa pengiriman, di Indonesia sendiri banyak sekali jasa pengiriman yang sudah sangat diminati saat ini contohnya seperti JNE, TIKI, hingga Pos Indonesia. Selain yang saya sebutkan diatas sebenarnya jasa pengiriman barang atau jasa kurir baru juga mulai banyak bermunculan.

Tips Memilih Jasa Pengiriman Terbaik

Bagaimana Memilih Jasa Pengiriman Terbaik? Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih perusahaan penyedia jasa kurir :

Pilih yang terbesar cabangnya tersebar disetiap daerah

Karena dengan semakin banyaknya cabang yang tersebar jangkauan pengiriman nya pun semakin luas.

Cari yang mampu menawarkan jaminan keamanan

Perusahaan pengiriman barang juga harus menyediakan jaminan keamanan barang saat proses pengiriman. Faktor keamanan ini meliputi adanya jaminan jika barang konsumen hilang atau rusak.

Pilih jasa pengiriman yang menjanjikan kecepatan dan ketepatan pengiriman

Lama waktu pengiriman merupakan factor yang harus diperhatikan. Karena beberapa jasa pengiriman telah memiliki batas waktu yang telah ditentukan.

Carilah jasa pengiriman yang menawarkan tarif kompetitif

Biaya merupakan salah satu pertimbangan yang harus anda pikirkan dalam memilih jasa pengiriman.

Cari yang mengikuti perkembangan jaman

Kebanyakan jasa pengiriman sekarang telah memanfaatkan kemajuan teknologi, hal ini akan memudahkan anda sebagai pelanggan.

Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya, online, dan ontime

Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya, online, dan ontime. Hal ini akan meningkatkan hubungan bisnis anda dengan konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.