Tips Daftar Adsense Setelah Ditolak Berkali-kali

tips daftar adsense

Adsense merupakan salah satu goal yang tentu ingin dicapai oleh hampir semua blogger, karena dengan mendaftar google adsense kita sebagai pemilik blog bisa menghasilkan uang untuk keperluan membeli paket internet, membayar hosting dan domain blog, dan juga untuk biaya hidup sehari-hari.

Kenapa adsense? Apakah tidak ada alternative iklan lain?

Sebenarnya ada banyak alternative iklan lain, berdasarkan pengalaman saya adsense adalah jaringan pengiklan paling aman bagi publisher karena selalu membayar tepat waktu, adsense mampu menampilkan iklan yang relevan dengan konten yang ada diblog saya, selain itu adsense memberikan control penuh bagi kita sebagai publisher untuk mengontrol iklan dan juga memonitoring penghasilan yang kita peroleh dari kinerja iklan.

Yang menjadi permasalahan adalah untuk diterima menjadi publisher iklan dari adsense sangatlah sulit. Saya sendiri telah merasakan pahitnya ditolak oleh adsense berkali-kali sebelum akhirnya diterima. Kalau dihitung-hitung mungkin saya telah ditolak lebih dari 80 kali dalam jangka waktu kurang lebih 1 tahun.

Apa tidak putus asa?

Putus asa pasti ya, apalagi setiap membaca balasan dari adsense yang mengatakan “maaf situs anda tidak disetujui” putus asa rasanya, belum lagi waktu yang diperlukan untuk menerima email balasan diterima atau ditolak bisa lebih dari 7 hari. Untungnya saya adalah orang yang tidak mudah menyerah, setelah puluhan kali di tolak alhamdulilah 2017 lalu akhirnya saya diterima juga.

Bagaimana caranya saya kok bisa diterima? Apa saja tips yang saya terapkan? Berikut saya akan uraikan sedikit tips yang saya terapkan waktu itu.

Bagaimana cara mendaftar adsense agar mudah diterima

Berikut adalah beberapa hal yang mnurut saya menjadi penentu apakah blog itu ditolak atau diterima saat mendaftar adsense.

Website/blog layak monetise

Mungkin banyak diluar sana yang merasa kalau review adsense dilakukan oleh robot sehingga beranggapan kalau yang lolos seleksi itu dikarenakan keberuntungan. No, 80 kali lebih ditolak membuat saya paham kalau review site yang dilakukan oleh adsense itu dilakukan oleh manusia.

Jadi kalau anda sudah berkali kali daftar namun belum juga diterima coba tinjau kembali blog anda, lihat artikelnya, templatenya, lihat tata letaknya widgetnya, menu dan navigasi situsnya, pastikan mudah dinavigasi pengguna.

Halaman pendukung seperti kontak, about serta kebijakan privasi juga sebaiknya anda lengkapi agar blog anda terlihat lebih professional.

memiliki Konten Layak Di monetise

Coba lah luangkan waktu membaca dan memperbaiki kembali artikel yang pernah ditulis, kalau artikelnya bagus anda memiliki kesempatan lebih besar diterima oleh google adsense.

Sebisa mungkin jangan ada artikel copypaste, Kalau memang ada artikel copas edit kembali artikel-artikel hasil copypaste itu, tulis ulang dengan kalimat sendiri sehingga lebih terlihat kualitas serta originalitasnya.

Perhatikan Kebijakan Program Google adsense

Selain kualitas tulisan google juga memiliki persyaratan sangat ketat terkait konten layak monetise, ada beberapa artikel yang secara tegas dilarang oleh google untuk dimonetise diantarnya:

  • Melanggar hak cipta.
  • Konten berisi ujaran kebencian.
  • berita palsu. Obat-obatan terlarang
  • Terorisme dan konten yang melanggar hokum yang berlaku.

Silahkan Klik disini untuk mengetahui lebih detail mengenai kebijakan program adsense.

Tampilan Blog mendukung Untuk Dimonetise

Percaya atau tidak percaya template atau themes website ternyata juga mempengaruhi hasil pendaftaran adsense, kok bisa?

logikanya sama dengan pakaian orang melamar kerja, karena penampilan sangat mempengaruhi kesan pada orang yang melihatnya.

Saran dari saya gunakan tema yang clean, sederhana dan rapih. Sebaiknya jangan menggunakan themes dengan warna terlalu mencolok.

Kurangi widget terlalu banyak

Widget yang terlalu banyak akan memperambat blog anda, sedangkan google sangat menyukai kecepatan,  hal ini berpengaruh terhadap SEO. Blog dengan loading cepat juga membuat pembaca menjadi nyaman.

Kurangi Intensitas Pendaftaran adsense anda

Maksudnya gimana mas?

Jadi gini setelah ditolak jangan dulu buru-buru mendaftarkan lamaran ulang adsense anda. Alasannya apa?

Agar anda memiliki waktu memperbaiki kelayakan situs anda, selain itu pendaftaran yang terlalu sering dalam jangka waktu yang berdekatan juga membuat situs anda dianggap spam, selian itu bisa jadi situs anda dianggap mirip seperti situs milik peternak adsense. (paham kan maksud saya)

Perhatikan Isi Email Penolakan

Awalnya saya bingung dengan email penolakan yang dikirimkan oleh adsense kepada saya, yang isinya singkat dan tidak menjelaskan detail masalah yang membuat situs saya selalu di tolak, tetapi sebenarnya jika diperhatikan dengan seksama ternyata email penolakan ini memiliki semacam petunjuk kenapa situs anda selalu di tolak.

Contohnya situs kurang memadai, berarti adsense beranggapan kalau situs anda belum sepenuhnya siap untuk dimonetise, solusinya anda coba terapkan tips yang sudan saya jelaskan diatas, contoh lain adalah situs belum selesai/siap digunakan biasanya terjadi jika saat review situs anda melakukan perubahan pada tampilah blog anda , entah itu merubah tema atau menambahkan widget. Ada juga email penolakan yang situs sulit dinavigasi kalau saya dulu permasalahannya terletak pada tampilan tema dan menu navigasi yang terlalu banyak. Sisanya silahkan anda sesuaikan dengan email penolakan yang anda terima.

Kesimpulan

Saya sudah jelaskan semua yang saya tau berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan adsense, jika anda tau apa yang mungkin saya belum tau silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah agar kita bisa sama-sama belajar ya..

Ok, Sisanya silahkan anda coba sendiri, nikmati prosesnya, pesan saya Cuma satu jangan pernah putus asa walaupun merasa sudah berkali-kali ditolak saat mendaftar adsense, kalau anda konsisten percayalah suatu hari nanti anda akan diterima oleh adsense.

Nah itu saja semoga tulisan panjang ini bermanfaat untuk anda, semoga anda lekas diterima oleh adsense. Sampai jumpa lagi..

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.