Perbedaan Nintento 3Ds, 3Ds XL, New 3Ds Xl, 2Ds dan New 2Ds Xl

Nintendo merupakan game consol genggam yang dikeluarkan oleh perusahaan Nintendo yang telah diluncurkan sejak 2010/2011 lalu, Nintendo 3ds pernah menjadi primadona pecinta Nintendo tepat sebelum diluncurkannya Nintendo Switch. Meskipun sudah lama beredar nyatanya masih banyak peminat console Nintendo 3ds, hal ini karena Nintendo memiliki banyak sekali game bagus dan harga secondnya saat ini sudah lebih terjangkau. Sekedar catatan saya sendiri pernah 2 kali membeli dan menggunakan Nintendo yang pertama 3ds biasa dan yang kedua 3ds xl semuanya saya beli dengan kondisi preowned alias second.

Yang perlu diketahui consol 3ds ini memiliki banyak sekali varian(tipe) sehingga kadang membuat bingung terutama untuk gamer yang baru ingin mencoba konsol 3ds, nah pada postingan ini saya akan coba jelaskan sedetail mungkin sebisa saya agar pengguna bisa lebih paham dengan jenis 3ds yang ada saat ini.

Macam macam varian Nintendo 3ds

Nintento 3ds memiliki setidaknya 5 varian resmi yang berdar dipasaran saat ini, diantaranya yaitu:

3Ds(model lama), 3Ds XL(model lama), 2Ds(model lama), New 3Ds, New 3Ds Xl dan New 2Ds Xl

Old 3DS Standard

Old 3DS Merupakan tipe Keluaran pertama yang dikeluarkan oleh Nintendo, model ini menawarkan kelebihan yang tidak ditawarkan oleh sony yaitu bermain game secara 3dimensi  tanpa menggunakan kacamata 3d sehingga sangat menarik karena menawarkan pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya. 3d visual bisa dihidupkan dan dimatikan dengan menggunakan tombol slid di samping consol.

Old 3ds XL/Old 3ds LL

Pada versi kedua ini Nintendo melakukan peningkata pada lebar layar dan tinggi layar sehingga merubah dimensi konsol menjadi sedikit lebih besar dan lebih nyaman jika dilihat dan dimainkan. Selain itu Nintendo juga melakukan peningkatan pada kapasitas baterai sehingga mampu bertahan lebih lama dibandingkan dengan 3ds standard.

Old 2Ds

Pada konsol ini bentuk dan tampilan sedikit berbeda karena tidak seperti model lainnya model ini memiliki tampilan tanpa buka tutup. Hal ini karena model ini dirancang untuk menargetkan pengguna anak-anak, dan pada tipe ini vitur 3d dihilangkan.

New 3Ds

New 3Ds merupakan hasil revisi dari Old 3DS Standard, peningkatan bisa dilihat dari prosesor yang digunakan dan perubahan desain dan juga penempatan tombol bahu tambahan sehingga lebih nyaman digunakan, dukungan amibo terintegrasi. Secara dimensi New 3ds juga memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan generasi pertama.

New 3Ds Xl

Perubahan yang terjadi pada new 3ds XL menurut saya Secara umum juga sama dengan new 3ds, satu satunya yang membedakan mungkin hanya ukuran dimensi. Karena jujur saya sendiri belum mencoba memegang sendiri yang versi new 3ds.

New 2Ds XL

New 2ds merupakan jenis terbaru yang di luncurkan pertengahan 2017, secara spesifikasi mirip dengan new 3ds xl, yang membedakan hanya new 2ds tidak mendukung 3d.

masih bingung? jangan kuatir anda bisa langsung lihat gambar jenis-jebis nintendi dibawah ini

Macam macam varian Nintendo 3ds

FaQ

Beberapa hal sering ditanyakan diantaranya:


Apakah game 3ds yang new bisa di mainkan di old 3ds?


Hampir semua game 3ds bisa dimainkan disemua model 3ds, baik itu old, new, xl,2ds.. hanya ada beberapa game saja yang tidak bisa dimainkan di old model, namun sangat sedikit, yang saya tau Cuma minecraft dan game baru entah apa saya lupa judulnya.


Apakah Nintendo 3ds bisa memainkan game B*jakan?


Yup, Nintendo saat ini sudah bisa di instal CFW (costum firmware) yang secara otomatis bisa menjalankan game copy.


Apakah Nintendo 3ds bisa main online?


Bisa dong, Nintendo memang menyediakan fasilitas online jadi kamu bisa bermain bersama teman kamu secara online.


Apakah bisa downl*ad game langsung di konsol?


Bisa, Nintendo memiliki toko game digital didalam consol bernama eshop disana kamu bisa membeli game-game digital milik 3ds, untuk kosol yang sudah cfw kamu bisa mendownload game langsung dari aplikasi freeshop.


Apakah bisa main online pada consol untuk cfw?


Bisa, tapi sangat disarkan untuk tidak bermain secara online karena sewaktu-waktu id kamu bisa diblok oleh Nintendo, DWYOR.

Ada pertanyaan lagi?

Kalau ada silahkan tambahkan dikomentar

Oh iya Saya terbuka untuk koreksi bila mungkin salah atau mungkin ada tambahan dari teman teman, silahkan tambahkan kritik masukan atau saran teman teman dikomentar.

Sampai jumla lagi

2 Comments

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.