Bahaya Merubah Permalink Pada Website Bervisitor Tinggi

Apakah anda adalah pemilik blog yang sudah memiliki pengunjung? kalau iya maka jangan sekali-kali anda merubah permalink blog anda hal ini dapat menyebabkan masalah dikemudian hari, apa saja masalah yang diakibatkan oleh penggantian permalink ini?

Apa itu permalink?

Mungkin sebagian dari anda yang membaca tulisan ini sudah mengerti apa itu permalink, permalink merupakan “link” atau alamat yang menunjukan sebuah halaman pada blog atau website. Permalink biasanya dibuat secara otomatis berdasarkan judul artikel yang anda terbitkan di blogspot atau wordpress.

Contoh Permalink umum yang digunakan pada blogspot custum domain adalah sebagai berikut:

bahaya merubah permalink
pilihan permalink

Kalau kita perhatiakan pada permalink diatas formatnya adalah nama-domain/tahun/bulan/linkpostingan dengan tambahan .html diakhirnya

Kelebihan wordpress selfhost (sewa hosting sendiri) adalah anda bisa dengan leluasa merubah dan menggunakan format permalink sesuai kesukaan anda. Bahkan bisa mengubah permalink menjadi sangat sederhana.

Sebelum merubah permalink saya membaca peringatan dibagian atas berbunyi seperti ini:

“PERINGATAN:
Mengubah pengaturan permalink Anda dapat berdampak serius terhadap visibilitas mesin pencari Anda. Seharusnya hampir tidak pernah dilakukan di situs web langsung. Pelajari tentang mengapa permalink penting untuk SEO.

sudah saya terjemahkan dalam bahasa indonesia
WordPress menawarkan Anda kemampuan untuk membuat struktur URL khusus untuk permalink dan arsip Anda. Struktur URL khusus dapat meningkatkan estetika, kegunaan, dan kompatibilitas tautan Anda. Sejumlah tag tersedia, dan berikut adalah beberapa contoh untuk membantu Anda memulai.

Berikut setingan umum permalink yang tersedia untuk wordpress.org

Plainhttps://www.berwirausaha.net/?p=123
Day and namehttps://www.berwirausaha.net/2019/02/28/sample-post/
Month and namehttps://www.berwirausaha.net/2019/02/sample-post/
Numerichttps://www.berwirausaha.net/archives/123
Post namehttps://www.berwirausaha.net/sample-post/
Custom Structurehttps://www.berwirausaha.net bebas dibuat seperti apa

Berbekal iseng dan tergiur karena ingin memiliki permalink yang singkat dan mudah diingat saya mencoba merubah permalink website ini menjadi simple permalink. Tapi setelah kurang lebih setengah bulan saya menemukan kendala yang sangat berbahaya karena dapat mempengarusi SEO dan SERP pada sebuah website.

Bahaya merubah permalink pada sebuah blog atau website

  • Terjadi error 404 atau halaman tidak di temukan, setelah anda mengganti permalink biasanya pada webmaster tool mendapat peringatan bahwa di blog yang anda kelola banyak ditemukan link mati 404.
  • Penurunan jumlah visitor secara signifikan. berdasar pengalaman saya dulu dalam sehari visitor di blog ini mencapai 4000-10000 perhari tapi setelah merubah permalink visitor saya anjlok tinggal tersisa 70an perhari.
  • Hilang dari SERP (Search Engine Result Page). blog saya yang biasanya nongkrong di page one ikut terdampar di page belakang, efek ini mirip seperti efel sandbox yang disebabkan oleh google sandbox.
  • Penurunan penghasilan yang signifikan pula. Karena penurunan visitor berimpek sangat besar terhadap penghasilan saya.
  • Kehilangan backlink berharga yang membantu peningkatan PA(page Autority) dan DA(Domain Autority).

Saran Jika Ingin Mengganti Permalink

Lakukan diawal sebelum blog memiliki pengunjung. Hal ini supaya kita tidak kuwalahan memperbaiki error 404 yang terlalu banyak dan bisa melakukan redirect/penghalihan halaman.

Lakukan segera setelah berpindah dari blogspot ke wordpress hosting. sekalian karena biasanya setelah migrasi hosting pengunjung masih sedikit dan belum kembali normal.

pikirkan kembali sebelum menyesal. Karena setelah anda mengganti permalink dan dikembalikan lagi seperti semula anda sudah terlanjur kehilangan pengunjung, anda akan buang buang waktu dan tenaga.

Nah itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, saya terbuka untuk koreksi jika terdapat kesalahan, dan jika dirasa ada yang kurang silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah..

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.