Mengatasi Tulisan Terputus pada Meteran Listrik

Beberapa hari lalu saya mendapat telpon dari mertua jika listrik yang ada dirumah tidak menyala dan pada layar meteran keluar tulisan “terputus”.

Selanjutnya saya bertanya kronologi bagaimana awalnya meteran tersebut kenapa bisa sampai muncul tulisan terputus.

Lalu mertua saya menjelaskan jika pertama kali lampunya sempat mati sebanyak kurang lebih 4 kali tapi keadaan meteran nya on (tidak “njepret”).

Lalu saya bertanya pada saat daya mati 4x kali itu perangkat apa saja yang sedang dipakai?

Mertua saya lalu menjelaskan jika pada saat meteran tersebut mati adik ipar saya sedang menggunakan semacam alat semprot cat tenaga listrik.

Nah setelah saya tau penyebabnya kemudian saya mencari tau di internet sampai saya mendapat penjelasan jika ternyata tulisan terputus tersebut muncul karena daya yang dipakai melebihi dengan kapasitas meteran, lalu pada forum tersebut juga dijelaskan jika cara mengatasi tulisan terputus tersebut meteran cukup di istirahatkan selama kurang lebih 45 menit sampai 1 jam.

Cabut semua perangkat listrik yang terpasang seperti kulkas, megicom, tv, kipas dan lain-lain.

Biasanya setelah kurng lebih meteran istirahat 1 jam meteran akan kembali seperti biasanya dan tulisan terputus hilang.

Penting Untuk di ingat jangan pernah mengotak atik meteran apalagi sampai berani membuka baut/stampel yang tertera pada box meteran karena jika sampai terjadi kerusakan pada segel box meteran takutnya anda malah bisa dikenakan denda yang jumlah nya bisa mencapai jutaan karena disangka sengaja melakukan perusakan pada meteran.

Advertisement

Kalau selama 1 jam meteran belum juga menyala anda bisa coba datangi kantor pelayanan pln terdekat, nanti anda akan dibantu untuk menyelesaikan masalah anda.

Namun berdasarkan pengalaman mertua saya sih tulisan terputus itu bisa hilang dengan sendirinya.

Kalau tulisan terputus sudah huilang namun daya listrik masih juga sering putus itu tandanya daya yang anda gunakan tidak cukup untuk menampung keperluan konsumsi daya  anda jalan satu-satunya ya anda harus datang ke PLN untuk tambah daya.

Catatan penting untuk menhindari denda karena kerusakan meteran

Jangan menggunakan jasa atau menyuruh ahli listrik selain pihak resmi/karyawan PLN sendiri, karena jika terjadi apa-apa anda akan disalahkan.

Ingat untuk selalu menanyakan identitas resmi dari karyawan pln yang datang, biasanya mereka menggunakan pakaian kerja resmi atau setidaknya membawa kartu tanda pengenal dari PLN.

Ambil bukti berupa foto/video pada box meteran sebelum dan sesudah perbaikan dilakukan oleh karyawan pln, supaya anda memilki bukti kuat jika ternyata selama pengerjaan terjadi kerusakan pada box meteran yang bukan dilakukan oleh anda.

Awasi proses pengerjaan yang dilakukan oleh pihak PLN yang datang, sediakan minum atau kopi itu lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat, bukankah labih baik waspada daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Advertisement

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.