Usaha Yang Laris Menjelang Wisuda

Wisuda siapa yang tidak senang mendengarnya? Moment yang paaaling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa dan mahasiswi tingkat akhir. Waktu yang sangat penting dan berkesan baik di dikalangan mahasiswa maupun orang tua yang ingin menyaksikan langkah awal putra putrinya menuju dunia yang sebenarnya. Seluruh mahasiswa berbondong-bondong mempersiapkan segala hal demi tampil menarik dan maksimal pada saat hari perayaan kelulusan tersebut.

Tidak hanya itu, para kerabat dekat, sahabat, pasangan, maupun teman juga ikut sibuk memikirkan hadiah apa yang pantas untuk diberikan kepada para widudawan wisudawati yang mereka kenal. Berbagai jenis hadiah seperti bunga, boneka, karikatur, pakaian, atau aksesoris lainnya seakan membanjiri lingkungan gedung yang dijadikan tempat perayaan kelulusan tersebut.

Jenis Usaha Sederhana yang Terbukti Kebanjiran Orderan saat Menjelang Wisuda

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha sederhana yang akan kebanjiran orderan saat wisuda datang:

Bucket Bunga asli dan flanel

Bucket bunga adalah salah satu tujuan utama para pemberi hadiah saat wisuda. Berbagai jenis bunga mulai dari mawar merah, mawar putih, melati, ashter, dan kombinasi lainya seakan mengisayaratkan kebahagiaan tersendiri dikalangan wisudawan dan wisudawati yang diberikan sebagai wujud ucapan selamat atas tercapainya jalan utama menuju jenjang kehidupan yang sebenarnya, yaitu pengangguran yang akhirnya nanti akan bekerja didunianya masing-masing untuk memperjuangkan karir dan namanya. Jika beruntung, dan memiliki pengetahuan maka akan berhasil, dan sebaliknya jika tidak memiliki kemampuan, alias lulusan ijazah yang hanya nilai, maka akan menemui tantangan tersendiri dunia yang penuh dengan persaingan kerja. Maka dari itu, bunga dipilih sebagai salah satu isyarat kebahagiaan yang merekah dan akan layu jika tidak diperjuangkan. Usaha bucket bunga terbukti meraup banyak keuntungan saat moment –moment mendekati wisuda, seperti yudisium, ujian komprehensif bahkan roposal yang cukup banyak menarik minat para audience nya untuk menyaksikan, yang mau tidak mau harus nenberikan hadiah, yang salah satunya adalah bunga. Bunga seakan-akan menjadi budaya rutin yang ditujukan untuk para wisudawan dan wisudawati pada masnya.

Rangkaian Bunga

Selain bucket bnga, tidak kalah menariknya yaitu rangkaian bunga ucapan selamat dari seseorang yang special, baik dari institusi, atasan, sahabat, organisasi atau bahkan sanak saudara yang sangat menghargai prosesi kelulusan saudara/saudarinya pada saat itu. Biasanya, rangkaian bunga dikirimkan untuk anak-anak para pembesar saja, namun sekarang ini banyak organisasi-organisasi atau persatuan pertemanan bergotong royong demi memberikan suatu penghargaan berupa karangan dan ragkaian bunga dalam rangka ucapan selamat kepada yang telah lulus dari perguruan tinggi.

Bucket Snack

Bucket snack adalah yang paling laris dan dicari masyarakat terutama mahasiswa/I yang ingin memberikannya pada acara wisuda kepada orang-orang tercinta mereka. So sweet bukan :D, maka dari itu bucket snack merupakan salah satu yang paling dicari karena harganya yang murah dan membahagiakan bagi mata yang melihatnya. Snack yang dipakai bisa sangat beragam, sehingga harga penjualan dapat dihitung berdasarkan jenis makanan apa saja yang termasuk kedalam bucket snack tersebut.

Mug ucapan selamat

Baru baru ini ada usaha yang cukup menarik, yaitu mug ucapan selamat wisuda, ulang tahun atau anniversary, dengan desain yang menarik. Penjualnya sengaja memberikan pilihan dan permintaan yang cukup beragam, seperti bisa didesain dengar gambaar/ foto sendiri maupun dengan beragam ucapan, do’a, dan quotation yang dapat membangkitkan semangat para pembacanya sekaligus membuat perasaannya menjadi terharu. Mug ini juga menjadi salah satu usaha yang cukup menghasilkan, karena selain harganya sesuai kantong mahasiswa, juga unik dan menarik.

Desain foto dan Karikatur

Selanjutnya adalah karikatur. Keistimewaan dari karikatur ini sendiri yaitu selain unik, bagus,  juga sesuai dengan permintaan. Foto-foto yang dihasilkan biasanya sangat mirip dan mendekati wajah aslinya. Karikatur atau desain foto sangat diminati karena memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki bentuk yang mengedepankan bagian kepala diperbesar mendekati aslina dan bagian badannya dengan ukuran yang lebih kecil. Karikatur dan desain juga kini sudah marak dikalangan mahasiswa/mahasiswi pemberi hadiah, sebagai tanda buah tangan atau ucapan selamat kepada sanak saudara yang telah menyelesaikan pendidikannya.

Selempang nama

Selempang nama peraih gelar nampaknya sudah menjadi salah satu ciri benda yang wajib diberikan kepada si peraih gelar, baik dari permintaan siperaih gelar maupun dari orang-orang terdekat yang secara suka rela memberikannya sebagai bentuk penghargaan yang tidak akan pernah terlupakan. Selempang nama kini telah memiliki motif dan warna yang beragam, harganya juga berkisar antara 50 hingga diatas seratus tibu rupiah, tentunya dengan kualitas dan motif yang berbeda dan lebih menarik. Pesanan selempang nama biasanya akan menumpuk pada saat tiap universitas mendekati waktu wisuda, yudisium maupun ujian komprehensif. Suatu kebahagiaan dan kebaggaan tersendiri ketika mengenakan selempang nama berisi gelar yang diidam-idamkan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini menunjukkan awal terbebasnya dari segala rutinitas dan hiruk pikuk tugas kuliah yang akan berganti dengan kesulitan dan kebingungan mendapatkan pekerjaan 😀 . semoga diberi kemudahan .. aamiin.

Foto Wisuda

Menjelang hari-H wisuda biasanya banyak mahasiswa yang mencari jasa foto, bahkan jauh jauh hari sebelum wisuda. hal ini karena saat wisuda pasti banyak wisudawan dan wisudawati yang ingin berfoto bersama keluarga dan mengabadikan momen kelulusan.

Boneka wisuda

Cantik, manis lucu, lembut dan menarik adalah salah satu karakteristik benda kesayangan yaitu boneka. Kali ini sedikit berbeda, boneka yang berpenampilan seperti lulusan universitas ternama dan sangat gagah dan menggemaskan. Itulah boneka wisuda. Sangat menarik bukan?. Saat ini sudah banyak sekali boneka yang dimodifikasi dengan berbagai macam hiasan, seperti toga wisuda, selempang dan pin nama orang-orang kesayangan yang diwisuda, atau telah lulus dari kampus tercinta. Boneka kecil yang tadiya tak berarti apa-apa kini terlihat begitu menarik dan menyenangkan. Selain lembut, juga terdapat nama si wisudawan/wisudawati yang menyebabkan orang yang bersangkutan menjadi tersenyum bahagia dan sumringah. Tidak heran banyak orang yang menjadikan boneka wisuda sebagai pilihan terbaik untuk kado wisuda. Apalagi untuk orang orang terkasih, seperti istri contohnya. Eh.. :-D.. pasangan maksudnya, sahabat terbaik, atau saudara-saudarinya. Hal ini biasanya membuat permintaan boneka wisuda menjadi meningkat menjelang detik-detik hari H wisuda, tentunya setiap universitas memiliki waktu yang berbeda untuk merayakan kelulusan mahasiswanya. Sehingga, bisa dikatakan, permintaan boneka akan terjadi secara terus menerus dan sangat menguntungkan bagi para penjualnya.

Nah bagaimana? Cukup menarik bukan? Tunggu apalagi? Bagi kalian para mahasoswapun bisa mempraktikan usaha-usaha diatas lo..

Sekarang ini sudah banyak tatngan-tangan yang lihai dalam membuat bucket, baik bucket snack maupun bucket bunga. Para mahasiswa seringkali memanfaatkan waktu-waktu ini untuk mendapat pendapatan tambahan diluar padatnya kegiatan perkuliahan. Sedangkan desain dan karikatur pun seringkali bukan menjadi masalah yang besar bagi mereka yang telah belajar desain grafis, sehingga lebih mudah bagi mereka mengaplikasikannya sebagai salah satu peraih pundi-pundi rupiah yang cukup menjajikan tentunya. Bahkan, yang penulis temui, seorang mahasiswi lulusan suatu perguruan tinggi berhasil mengaplikasikan pembuatan mug dengan cara yang dibilang cukup rumit, yaitu menyatukan gambar atau foto si pembeli ketubuh mug.

Itulah tadi beberapa jenis usaha sederhana yang bisa dengan diaplikasikan dilingkungan mahasiswa atau umum, dan yang pasti cukup menghasilkan.

Salam wirausaha!!!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.