Cara Membuat Sandwich Goreng Isi Sederhana

Lagi bingung mau makan apa? Sudah bosan dengan makanan yang biasa-biasa saja? Janga khawatir…!!! Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat Sandwich goreng isi sederhana, dan pastinya tidak kalah lezat dengan sandwich-sandwich lainnya…

Mari mengenal Sandwich..!!

Nah sebelum membuat sandwich ada baiknya kita mengenal apa itu sandwich, dan dari mana sandwich berasal.

Apa itu sandwich?.

Sandwich diambil dari nama seorang aristrokrat Inggris di abad ke-18 , Earl of Sandwich IV, yang merupakan penggemar masin kartu kelas berat. Earl of Sandwich IV ingin terus bermain kartu tanpa harus berhenti untuk makan, sehingga ia menjadikan daging yang dijepit dengan dua potong roti dijadikannya sebagai makanan sederhana dan praktis yang bisa dimakan dengan hanya menggunakan sebelah tangan sambil bermain kartu.

Advertisement

Sandwich atau roti lapis adalah salah satu makanan yang dibuat dari dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju, atau bahan yang lain dengan tambahan saus dan mayonise sehingga akan terasa lebih nikmat. Berbagai jenis roti bisa digunakan untuk dijadikan sandwich, bergantung pada isinya. Biasanya rotinya dioles dengan sedikit mayonise, mentega, atau margarin yang berfungsi sebagai perekat dan penambah aroma. Sandwich ini biasanya dijadikan bekal kekantor maupun kesekolah didalam kotak yang disebut luncbox atau dalam kantong kertas yang disebut sandwich bag untuk dinikmati sebagai makan siang.

Sandwich juga seringkali dibawa sebagai makanan saat piknik atau mendaki gunung karena sangat praktis dan sederhana. Kini, nama sandwich bergantung pada isiannya, atau isi yang dijepit oleh potongan roti, sehingga ada sandwich yang dinamakan peanut butter and jelly sandwich (sandwich isi selai kacang dan jelly), egg sandwich (sandwich isi telur), cheese sandwich (sandwich isi telur), dan chocklat sandwich (sandwich isi cokalat), dan sebagainya.

Sandwich biasanya dinikmati saat dingin, meskipun ada pula yang dinikmati hangat-hangat, seperti sandwich goring isi sosis misalnya dan grilled cheese (roti bakar isi keju).

Sandwich umumnya dibuat menggunakan potongan roti tawar, namun berbeda dengan sandwich di Amerika Serikat, banyak menggunakan berbagai jenis roti seperti bread roll dan focaccia. Ada juga sub barine sandwich yang dijual direstoran siap saji di Subway dan humberger juga disebut sandwich walaupun tidak menggunakan potongan roti tawar. So, sangat beragam sekali bukan, banyak hal yang kita dapat kita ketahui dengan mengenal sandwich.

Nah, sekarang adalah waktunya membuat Sandwich goring Isi sederhana ala Indonesian. Jadi ide yang berbeda dari sandwich – sandwich lainnya, karena sandwich yang kali ini adalah digoreng dengan dibaluri tepung tapioca dan juga tepung roti sebagai pembungkus.. hm.. nikmatnya..

Yuk langsung saja, check it out….!!!

Cara membuat Sandwich goreng Isi sederhana

Pada umumnya, sandwich terbuat dari roti tawar yang diisi dengan tumpukan daging, sayur, tomat, keju, saus, mayonise, atau bahan tambahan yang lainnya. Selain sangat praktis, makanan ini cukup diminati karena bisa dibilang elite… eiits.. tapi jangan khawatir, sandwich yang saya bicarakan kali ini berbeda dari biasanya. Jika sandwich pada umumnya bisa langsung dinikmati begitu saja, maka sandwich kali ini diberikan sedikit sentuhan yang berbeda, yakni dengan digoreng. Hah? Sandwich digoreng? Bagaimana jadinya? Tentusaja tidak menghilangkan kenikmatanya.

Berbekal dari pengalaman yang didapat dari seorang teman yang sampai saat ini masih menjalankan usaha pembuatan sandwich goreng isi, saya ingin sedikit membagikannya kepada anda.

Nah kali ini, sandwich yang saya jelaskan adalah salah satu makanan yang dapat dibilang cukup murah, dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Sandwich goreng isi sosis yang cantik dan menarik.  Cara pembuatannya cukup sederhana dan tidak terlalu sulit, hanya saja membutuhkan sedikit kesabaran… hehe.

Berikut ini adalah cara pembuatan sandwich goreng isi sederhana:


sandwich goreng isi

Bahan-bahan :

  • 4 lembar roti tawar
  • Daun selada
  • Tepung roti secukupnya
  • Masako atau penyedap rasa lainnya
  • Tepung tapioka secukupnya
  • Air
  • 4 buah sosis ayam/sapi sesuai selera (bisa diganti dengan keju, danging ataupun coklat)
  • Saus sambal/tomat
  • Mayonise
  • Minyak goreng

Cara membuat

  1. Pipihkan roti tawar, hingga menjadi lembaran-lembaran tipis
  2. Potong miring sosis, atau bentuk dadu sesuai selera
  3. Cuci bersih daun selada dan pisahkan dari batangnya
  4. Larutkan tepung tapioka untuk mencelupkan roti sebagai perekat
  5. Siapkan tepong roti dalam wadah yang berbeda (usahakan datar)
  6. Ambil roti yang telah dipipihkan dan lipat terlebih dahulu menjadi dua bagian berbentuk segitiga sama sisi, kemudian letakkan daun selada di salah satu sisi segitiga
  7. Letakkan potongan sosis diatas daun selada kemudian tambahkan saus dan mayonise sesuai selera, kemudian tutup  tumpukan tersebut dengan segitiga roti disisi yang lain.
  8. Celupkan roti isi tadi kedalam larutan tepung tapioka agak kental sampai merata keseluruh bagian, lalu angkat, dan tiriskan.
  9. Masukan roti yang sudah dicelupkan tadi kedalam wadah tepung roti, kemudian taburi hingga seluruh bagian roti tertutup rapat. (lakukan berulang-ulang untuk roti yang lain)
  10. Panaskan minyak goreng, lalu goreng sandwich /roti dengan api sedang, sampai berwarna keemasan.
  11. Angkat lalu tiriskan.
  12. Siapkan piring saji, dan hias kembali dengan daun selada.
  13. Sandwich siap dinikmati.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Nampaknya saja cukup panjang proses pembuatannya, namun dibalik itu juga menghasilkan cita rasa yang panjang juga, eh berbeda maksudnya. Bagi anda yang sangat hobi memasak, maka menu ini bisa anda coba untuk mengisi waktu luang anda. Selain itu, anda juga dapat menyajikan menu makanan yang berbeda untuk, sibuah hati, suami, sahabat dan juga keluarga tercinta sebagai teman berkumpul bersama. Porsi sandwich ini memang tidak terlalu besar dan tidak pula kecil, tapi cukup mengenyangkan jika dijadikan camilan, atau sekedar teman ngopi… hmm… jadi tidak sabar untuk mencicipinya.

Sandwich goreng isi ini selain bisa dijadikan makanan keluarga, juga dapat dijadikan peluang usaha lo.. Belajar dari pengalaman selama kuliah dan membutuhkan aliran pundi-pundi rupiah unuk membantu kebutuhan atau sekedar uang jajan, sandwich ini cukup diminati dikalangan mahasiswa seputar kampus dan anak kost dengan alasan karena harganya yang murah dan cukup untuk mengganjal perut sebelum makan siang. So, tunggu apalagi, sandwich goreng isi sosis sudah menanti anda. Eh, for your information, Sandwich ini juga dapat dikreasikan isinya sesuai dengan lidah masing-masing, atau kombinasi supaya lebih bercita rasa misalnya dengan isian coklat, keju, atau yang lain sesuai selera tergantung kreatifitas dan kesukaan anda, jadi tidak hanya terpaku pada satu rasa saja, tapi bisa juga dikombinasikan atau diganti dengan rasa yang lain. Selamat mencoba…!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.