Dampak Akses Jalan Terhadap Harga kebutuhan

apakah kamu tau jika akses jalan ternyata mempengaruhi harga suatu baranng? kenapa jalan bisa sangat berpengaruh terhadap harga? Apa hubungan antara pembangunan infrastruktur dengan kemajuan ekonomi?

Nah kali ini kita akan coba bahas alasan serta memberikan fakta fakta penunjang yang menghubungkan dua hal yaitu harga dengan akses jalan agar kita sama sama melihat berdasarkan realita bukan hanya berdasarkan asusmi pribadi.

Artikel ini dibuat karena keprihatinan saya lihat banyaknya teman teman yang masih bertanya mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur, misalnya? buat apa bangun tol toh harga sembako tetap mahal, nggak perlu jalan yang penting kesejahteraan petani, pembuatan jalan hanya membuang buang uang dan lain lain.

Tapi sebelum itu pertama tama saya ingin tanya pertanyaan paling dasar dulu, gimana rasanya terjatuh dari motor karena jalan licin, bagaimana rasanya harus jalan kaki karena daerah yang dilalui tidak bisa dilewati kendaraan atau membeli minyak dengan harga Rp 100.000, seperti yang terjadi di Kabupaten Puncak (disampaiakan oleh Jonan di Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, 24 Oktober 2018).

Kalau seperti itu bagaimana dengan “keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia “?

dari semua samalah yang terjadi diatas semuanya disebabkan oleh buruknya infrastruktur. Indonesia memang sudah lama sekali absen dari pembenahan dan pembangunan jalan, hal inilah yang menyebabkan kenaikan harga.

Kenapa Harga Bisa Naik? Siapa yang menentukan harga?

Secara garis besar ada 3 faktor pembentuk harga terutama harga komoditas? yaitu adalah bahan dasar, proses pengolahan, dan transportasi ke pengguna. Sedangkan ketiganya sangat bergantung terhadap trasnportasi.

Contoh paling umum untuk menggambarkan ketiganya:

anda ingin membuka rumah makan, tentu anda butuh beras, sayauran dll (bahan), selain itu anda membutuhkan minyak untuk memasak dan menggaji karyawan, dll(proses), dan membutuhkan transortasi untuk membeli semua itu,(trasportasi). Tetapi harga semuanya menjadi lebih mahal karena anda tinggal dipapua, beda ceritanya jika anda tinggal dijakarta. Sehingga mau tidak mau penjual harus menyesuaikan harga jual supaya tidak rugi.

Dimana Peran Infrastruktur Terhadap Berperan?

Semakin lancar trasportasi seuatu bahan ke daerah semakin kecil selisih harga yang terjadi antara kota asal dengan kota tujuan.

Apa hubungan infrastruktur dengan kelancaran transportasi barang?

kita tau ada infrastruktur transportasi yang dibagi menjadi empat bagian, yaitu jalan, jalan rel, pelabuhan, dan bandar udara.

Jika ingin transportasi lancar, maka sarana pendukung harus dibuat untuk mengakomodasi kendaraan-kendaraan tersebut. misal Kapal kontainer besar tentu tidak bisa merapat dipelabuhan kecil karena membutuhkan pelabuhan yang besar dengan prasarana yang mendukung agar bisa merapat dan membawa logistik.

Truk kontainer besar tentu akan kesulitan melalui jalan kecil. Sehingga, apabila kita menginginkan barang dikirim dengan jumlah banyak dengan kendaraan yang besar, maka jalan-jalan harus dibuat besar dan kuat untuk mengakomodasi kendaraan tersebut.

Batu bara sangat tidak efisien bila diangkut oleh banyak truk, sangat efisien apabila ditarik oleh kereta api, yang kita kenal dengan Kereta Batu Bara Rangkaian Panjang. Infrastruktur jalan rel dibuat untuk menjangkau berbagai daerah agar distribusi barang tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Daerah-daerah pegunungan yang terisolasi sangat sulit untuk dibuat infrastruktur jalan, jalan rel, maupun pelabuhan sehingga pembangunan bandara perintis sangat diperlukan untuk menunjang logistik.

Apakah Pembangunan memang harus dilakukan?

ya harus jika ingin kestabilan ekonomi kita harus membangun, kita sudah sangat tertinggal terutama di bidang pembangunan, padahal kita sadar jika pembangunan merupakan salah satu penentu majunya ekonomi suatu negara. Lagian uang belanja negara selama ini sudah sangat besar sayangkan kalau hanya untuk dihabiskan oleh proyek tak jelas?

mending kita investasikan pada jalan karena jalan adalah yang menghubungkan ekonomi antar derah, memajukan daerah juga tidak mungkin bisa dilakukan jika tanpa didukung dengan saran dan prasarana trasportasi.

Kapan Efek Pembangunan akan Terasa Pada Harga?

Pembangunan memang tidak langsung terasa seketika itu juga, tidak, dan tidak akan pernah ada yang bisa langsung memberbaiki ekonomi negeri ini secara instan seperti melakukan sulap. efek mungkin baru akan dirasakan beberapa tahun lagi. tapi itu lebih baik bukankan lebih baik membelanjakan dan menginvestasikan uang kedalam suatu benda yang bisa dimanfaatkan dibandingkan pada hal konsumtif yang akan habis percma misalnya seperti mensubsidi BBM?

Efek infrastruktur Pada Dunia Digital

Dunia digital membutuhkan trasportasi dan infrstruktur untuk berkembang, pengiriman dan kecepatan data bergantung pada pembangunan jalan. sehingga tidak mungkin digital bisa mengejar ketertinggalan jika jalan untuk pengiriman saja susah dilalui kendaraan.

Kita Sudah Tertinggal

Bandingkan dengan negara tetangga? Sadarkah kita sudah terlalu tertinggal? sapai kapan kita hanya menggerutu? membiarkan uang terbuang berhamburan hanya untuk mengenyangkan beberapa golongan? kita memiliki pilihan untuk mengejar ketertinggalan dengan syarat mau berlari, kenapa justru berdiam, mengeluh dan ingin tetap dibelakang?

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.