30 Maret 2019

Faktor-Faktor Penentu Kebahagiaan Hidup

Faktor- Faktor Penentu Kebahagiaan Hidup

Semua orang didunia ini pasti ngin merasakan kebahagiaan dalam hidup, bukan? Berbagai macam cara diyaki oleh masing-masing individu untuk meraih kebahagiaan dalam hidupnya.

Banyak yang berfikir bahwa kebahagiaan ditentukan oleh diri sendiri, keadaan hati, alam pikiran, dan lain sebagainya yang berasal dari dalam diri pribadi yanitu factor internal. Namun, siapa yang sangka bahwa sesungguhnya kebahagiaan sebenarnya ditentukan oleh factor external atau factor yang berasal dari luar diri setiap orang. Apa sajakah factor-faktor eksternal tersebut? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang factor-faktor penentu kebahagiaan dalam hidup. Maka, ada baiknya kita mengenal apa arti dan makna dari kebahagiaan itu sendiri.

Makna Kebahagiaan

Dilansir dari artikel tentang Definisi menurut para Ahli, menurut Aristoteles , kebahagiaan berasal dari kata “happy” atau bahagia yang berarti perasaan senang, bahagia, memiliki waktu-waktu yang baik/ waktu luang, dan memiliki pengalaman yang menyenangkan.

Selanjutnya, Menurut Summer (dalam Veenhoven, 2006) Kebahagiaan digambarkan sebagai “ memiliki sejenis sikap positif terhadap kehidupan, dimana hal tersebut sepenuhnya merupakan bentuk dari pemikiran komponen kognitif dan afektif. Aspek kognitif dari kebahagiaan terdiri dari suatu evaluasi positif terhadap kehidupan yang diukur baik melalui standar atau harapan. Sedangkan dari segi afektif, kebahagiaan terdiri dari apa yang umumnya kita sebut sebagai rasa kesejahteraan (sense of well being), yaitu menemukan kekayaan hidup atau menguntungkan siperasa.

Dari kedua definisi diatas, dapat kita simpulkan bahwa perasaan bahagia seseorang, selain ditentukan dari dalam diri sendiri, juga sebagian besar ditentukan oleh factor-faktor dari luar seperti keadaan psychology atau kesehatan, waktu luang, pengalaman yang menyenangkan, kekayaan atau kesejahteraan hidup, dan kenyamanan. Maka disini dapat dikatakan bahwa factor eksternal akan sangat menentukan kebahagiaan dalam hidup.

Stelah kita mengenal arti atau makna kebahagiaan , mari kita bahas apa saja factor eksternal

Yang dapat menentukan kebahagiaan hidup anda.

Faktor- faktor Penentu Kebahagiaan

Dilansir dari Indeks Penentu Kebahagiaan Nasional (Gross National Happiness) yaitu indeks penentu kebahagian secara global yang bergerak dibidang penangan ekonomi, lingkungan social dan kebudayaan. Mereka menyatakan bahwa uang bukanlah penentu kebahagiaan, dengan kata lain materi buaklah hal yang paling pentig dalam meraih kebahagiaan dalam hidup. Namun, kebahagiaan disini ditentukan oleh 9 pilar yang menawarkan perkembangan secara , yaitu perkembangan nilai dan budaya, konservasi lingkungan alam, dan perealisasian pemerintahan yang baik. Kesembilan pillar tersebut antara lain, yaitu:

Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu factor penentu kebahagiaan. Kenapa? Karena seseorang yang dapat mengenyam pendidikan dengan mudah, memiliki akses untuk mendapat pengetahuan akan akan memiliki banyak input dalam fikirannya yaitu ilmu. Sehingga nantinya, generasi muda akan memiliki visi dan misi yang jauh lebih baik dimasa yang akan datang, baik dalam hal mengurus dirinya sendiri, rumah tangga, keluarga, maupun turut berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negaranya.

Kesejahteraan Psikologi

Seseorang akan merasakan kebahagiaan dalam hidupnya, ketika seseorang memiliki tingkat kesejahteraan psikologi yang baik. Dengan kata lain, tidak adanya tekanan atau ancama yang datang dari luar diri, misalnya peralakuan yang buruk dari lingkungan baik keluarga maupun masyarakat, didak adanya kebebasan dalam hidup baik dalam hal berpendapat maupun berkreasi, dan tidak adanya support untuk menegembangkan dirinya. Maka dari itulah kesehatan psikologi dianggap penting untuk dapat meraih kebahagiaan.

Baca juga >>  Pentingnya Berfikir Kreatif

Kesehatan

Kebahagiaan juga ditentukan yaitu salah satu faktornya adalah kesehatan. Ketika seseorang dapat mengakses tempat kesehatan dengan mudah, pelayanan kesehatan didapat dengan baik  sehingga memiliki tingkat kesehatan yang baik, tuhnya segar dan akal fikirannya sehat. Maka hal ini akan dengan sendirinya membuat setiap orang bahagia.

Penggunaan waktu

Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Tidak jarang orang-orang mengatakan ‘waktu adalah uang’. Waktu juga merupakan penentu kebahagiaan seseorang. Padatnya kegiatan dan kesibukan didunia pekerjaan , organisasi dan lain sebagainya seringkali membuat seseorang kehilangan waktu luangnya untuk berkumpul dengan keluarga. Sehingga memangkas kebahagiaan yang seharusnya terjalin didalamnya. Orang yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi biasanya akan kurang sekali memiliki waktu luang, maka tak jarang jika seorang karyawan tyang tidak diberikan waktu libur atau cuti merasa sangat tertekan dan akhirnya memilih mundur dari masa jabatannya, karena tidak merasa bahagia dengan apa yang dirasakannya. Mereka memilih untuk mencari pekerjaan baru yang lebih bisa memberikan celah bagi dirina untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga. Maka dari it efesiensi waktu disini, sangatlah penting dalam mencapai kebahagiaan hidup.

Keragaman Budaya

Keragaman budaya disini maksudya adalah keragaman budaya dimasyarakat. Kita seringkali hidup berdampingan dengan budaya yang berbeda-beda. Namun, perbedaan itulah yang mengantarkan masyarakat kedalam dunia yang baru, dimana masyarakat menjadi tempat bertukar pikiran, bersosialisasi dan proses pengenalan budaya-budaya yag menarik. Yang akhirnya akan menumbuhkan rasa cinta pada budaya, dan berupaya melestarikan dan mempertahankannya dimasa depan. Hal ini akan menjadi suatu kepusasa dan kebahagiaan tersendiri didalam hati, ketika mampu turut menjaga dan melestarikan budaya dimasyarakat.

Pemerintah yang baik

Pemerinatahan yang baik disini maksudnya adalh, bagaiman sikap pemerintah kepada rakyat atau masyarakatnya. Jika perlakuan atau pelayanan pemerintah kepada masyarakat diwujudkan dengan baik, sistemnya dijalankan dengan semestinya, maka seluruh masyarakatpun akan bahagia, dan akan dengan senang hati membantu mensukseskan program-program yang dicanangkan oleh pemerintah. Namun sebaliknya, jika pemerintah tidak memberikan pelayanan yang beik kepada masyarakat. Maka, masyarakatpuna akan merasa tidak bahagia dan enggan membantu pemerintah dalam hal apapun.

Hubungan antar komunitas

Hubungan antar komunitas adalah salah satu factor yang penting juga dalam terciptanya kebahagiaan dalam hidup. Sebagai contoh, masyarakat Eropa selalu lebih memilih menggunakan transportasi public daripada menggunakan transportasi pribadi, baik dari kalangan siswa, mahasiswa, guru, mayarakat umum bahkan para pekerja kantoran. Hal ini bertujuan agar mereka dapat bersosialisasi dengan dunia luar, dan meminimalkan individualisme dalam diri mereka sendiri. Sehingga nantinya, akan terdapat hubungan-hubungan yang menyenangkan didunia luar yang akhirnya akn mendatangka kebahagiaan juga dalam keseharian mereka.

Lingkungan yang baik dan nyaman

Lingkunganyang baik juga menjadi salah satu factor yang sangat menentukan kebahagiaan setiap individu. Lingkungan yang dimaksud disini adalah keadaan yang baik, suasana lingkungan yang bersih dan mendukung, dan keamanan yang terjamin. Sehingga, lingkungan disini lebih tertuju kepada kenyaman hidup. Sebagai contoh, keadaan jalan yang tidak macet, atau lahan parker yag cukup untuk setiap kendaraan yang ada, tersedianya cukup tempat sampah, dan smooking room di berbagai area sehingga tidak mengganggu orang lain. Sikap tenggang rasa dan menghargai lingkungan disinilah yang menyebabkan terciptanya kebahagiaan tersendiri untuk setiap individu karena merasakan kenyamanan dilingkungannya.

Standar Hidup

Nah, yang terakhir adalah standard hidup. Standard hidup seringkali menjadi masalah tersendiri bagi setiap individu. Tingginya standar-satadar yang dibuat  sendiri meyebabkan masyarakat kasulitan untuk mecapainya. Misalnya, pendapatan istri tidak boleh lebih besar dari pendapan suami atau istri harus berada dirumah saat suami kerja, dan lain sebagianya. Standard-standar ituah yang pada akhirnya menjadi batasan tersendiri bagi mereka untuk bergerak. Shingga diperlukannya standard hidup yang sesuai dengan kemampuan setiap individu agar tercaainya hidup bahagia.

Nah itu tadi factor-faktor penentu kebahagiaan yang semuanya datang dari luar ya teman-teman. Jadi, jangan pernah beranggapan bahwa kebahagiaan itu hanya hadir dari dalam diri kita. Karena peda kenyataannya, kebahagiaan seringkali akan hadir jika kebutuhan eksternal kita terpenuhi dan didukung oleh lingkungan sekitar kia. So, jangan lupa bahagiaaa.. pasang standard hidup yang sesuai dan pastian anda selalu hidup sehat… Janagn lupa bahagia J

SHARE:
karir dan pendidikan 0 Replies to “Faktor-Faktor Penentu Kebahagiaan Hidup”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.