Ide Usaha Sosis Kentang Gurita, Makanan Sehat dan Kekinian

Apakah anda berniat untuk membuka usaha dari makanan yang unik? berikut ini kita akan bahas mengenai kentang gurita sebuah makana yang terbuat dari kentang dan sosis. Selain sehat makanan ini juga bisa menjadi ide kuliner baru yang pasti menarik? Selain murah, cara pembuatan sosis kentang gurita ini pun mudah, sangat cocok untuk semua kalangan,

Seperti yang kita tau sekarang ini, banyak sekali makanan ringan yang marak berkembang dan menjadi incaran masyarakat khususnya para remaja dan anak-anak, seperti bakso bakar, bakso tusuk, pisang coklat, pisang keju, nugget pisang, sosis bakar, telur gulung, takoyaki dan lain sebagainya.

Berbagai macam olahan makanan tersebut kini seakan-akan membanjiri tempat-tempat umum khususnya stan-stan pinggir jalan yang sering kali menjadi sasaran anak muda atau remaja yang senang memanjakan lidahnya sambil mengobrol santai dengan teman, pasangan atau bahkan keluarga. Mereka terlihat sangat senang dan antusias dengan makanan-makanan ringan tersebut terlebih lagi dengan harga yang sangat murah.

Tidak jarang anak muda yang senang berjalan-jalan sengaja meluangkan waktunya untuk sekedar memanjakan lidah dengan membeli serentetan makanan murah, lezat dan beraneka ragam disepanjang jalan yang mereka temui, salah satunya makanan olahan sosis dan kentang berikut ini, yaitu “sosis kentang gurita”, nama yang masih sedikit asing ditelinga, namun sebagai makanan yang berbahan dasar sosis dan kentang ini, merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang cukup menggoda.

Sosis kentang gurita adalah makanan ringan sejenis gorengan yang dibuat dari sosis yang dibaluri dengan rebusan kentang yang telah dihaluskan dan dicampur dengan tepung bumbu, dan dibentuk menyerupai tubuh gurita. Makanan ini selain murah, juga dapat membuat perut menjadi kenyang karena memakai bahan dasar yaitu sosis daging dan kentang yang dicampur dengan tepung bumbu.

Sebelum mengetahui lebih jauh bagaimana proses pembuatan sosis kentang gurita yang lezat, ada baiknya kita mengenal satu per satu bahan dasar pembuatan sosis kentang gurita dibawah ini;

Bahan Dasar Pembuatan Sosis

Sosis merupakan salah satu makanan olahan daging cincang, lemak hewan ternak dengan campuran rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya. Sosis umumnya dibungkus dengan usus hewan, namun kini sering kali digantikan dengan bahan sintetis seperti plastik. Teknik pembuatan sosis merupakan teknik produksi pengawetan bahan makanan agar bisa bertahan lama yang salah satu caranya adalah dengan proses pengasapan. Umumnya sosis sangat diminati sebagai toping pizza diluar negeri, tentunya sosis yang berbahan dasar daging yang berkualitas tinggi atau pilihan yang digunakan.

Asal Usul Kentang

Sulanum tuberasuma atau umumnya kita kenal sebagai Kentang, adalah tanaman yang memiliki umbi batang. Kenal dikenal sebagai makanan pokok diluar negeri karena kandungan karbohidrat dan vitamin didalamnya. Kentang ini awalnya didatangkan dari Amerika Selatan dibawa oleh penjelajah Spanyol dan Portugis yang pada akhirnya dikembang biakan di Indonesia.

Sementara, di Indonesia, kentang masih menjadi salah satu sayuran yang terbilang mewah mewah karena harganya yang cukup mahal. Namun demikian, kentang merupakan makanan yang enak dan sangat bernutrisi yang mengandung zat besi, fosfor, dan kalium disamping karbohidrat dan vitamin seberti B1 dan B2. Kompresan air kentang ini juga dikenal sangat bermanfaat dan membantu pengobatan luka pada kulit. Dalam tubuh kentang ini juga dipercaya dapat dijadikan sebagai obat penenang, antikejang, anti jamur dan pestisida.

Bahaya yang ditimbulkan Kentang

Selain berbagai manfaat dan kebaikan kentang yang telah disebutkan diatas, terdapat juga bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kentang ini. Apabila kentang terpapar cahaya matahari yang secara berlebihan,  kentang dapat membentuk glikoalkaloid yang dinamakan solanin berlebih sehingga makanan ini menjadi berbahaya jika dikonsumsi.

Bahaya yang dapat  terjadi karena solanin dari kentang ini antara lain  terganggunya sistem saraf, terbakarnya tenggorokan, sakit kepala, paralisis atau lumpuh tungkai dan badan mendingin.(menyeramkan bukan?)

Namun, Jangan Khawatir !

Jika anda merasa telah menghadapi bahaya kandungan kentang itu sendiri, ada pengobatan tersendiri untuk mengatasi kandungan solanin berlebih ini.

Pengobatan yang bisa dilakukan yaitu dengan memberi arang aktif atau norit, mencuci lambung dan diberi cairan infus.

Setelah membaca artikel tentang asal usulnya kentang ini, mungkin anda akan merasa sedikit takut untuk mengkonsumsi kentang. Namun, jangan khawatir, karena kentang ini hanya  akan bereaksi saat penggunaan solaninnya sudah maksimal, dengan kata lain tidak berlebihan saat makan yaitu tidak lebih dari 2-6 mg. Solanin yang berlebih tidak akan terbentuk jika anda tidak memaparkan kentang dibawah sisnar matahari yang sangat terik, jadi usahakan kentang selalu disimpan ditempat yang gelap ya.. J

Nah, sekarang adalah waktu anda untuk mencoba membuat sosis kentang gurita yang enak, lezat dan gak ribet. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuat sosis kentang gurita dan bahan apa saja yang perlu disiapkan, mari kita simak dalam tahapan-tahapan dibawah ini yaa…

Cara Membuat Sosis Kentang Gurita

cara membuat sosis kentang gurita
bentuk sosis kentang gurita

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 2 buah kentang ukuran besar
  • 10 buah sosis ayam/sapi
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 3 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 1 sdm tepung tapioca
  • Tepung roti secukupnya
  • Tusuk sate
  • Lada bubuk kaldu secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus tomat / sambal
  • Mayonise

Cara Membuat :

  • Kupas kulit kentang, potong-potong lalu cuci bersih dan rebus hingga empuk, kemudian angkat dan tiriskan;
  • Haluskan kentang hingga lumat menggunakan garpu atau ulekan;
  • Kocok lepas telur, kemudian masukkan sedikit saja kedalam adonan kentang kira-kira 2 sdm
  • Sisihkan sisa kocokan telur tadi untuk dijadikan balutan;
  • Campur dengan tepung tapioka/tepung aci , sedikit garam dan lada kaldu, kemudian aduk hingga merata;
  • Goreng sosis setengah matang, angkat, lalu tiriskan, keudian potong salah satu ujung sosis menjadi 4 bagian, sementara ujung lainnya direkatkan adonan kentang dengan ketebalan sesuai selera, (lakukan terus menerus hingga semua sosis terbungkus semua);
  • Siapkan dalam wadah atau piring secara terpisah antara tepung bumbu, tepung tapioca, dan tepung roti (begitu seterusnya), kemudian simpan kedalam freezer hingga beberapa waktu agar adonannya merekat dengan baik (optional);
  • Panaskan minyak goreng, lalu goreng sosis kentang gurita hingga berwarna kuning keemasan, kemudian angkat dan tiriskan;
  • Sosis kentang gurita siap dihidangkan, tambahkan saus dan mayonise sebagai pemanis dan teman makan agar lebih nikmat.

Nah bagaimana, setelah membaca artikel ini khususnya untuk para ibu sebagai referensi makanan buat si kecil yang terkadang sulit makan, mengingat bentuk sosis kentang gurita yang unik dan juga menarik.

Dalam artikel ini juga terdapat banyak hal yang bisa dirangkum yaitu mulai dari bahan pembuatan sosis, asal usul kentang, dan cara pembuatan Sosis kentang gurita yang sangat mudah dan praktis.

Bagaimana? Sudah tak sabar ingin membuat sosis kentang gurita lezatnya? Langkah- langkah tersebut bisa segera diaplikasikan dirumah ya para ibu dan kakak-kakak, semoga bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang dan  inspirasi dimasa mendatang.  Saran dari anda akan  sangat kami harapkan jika terdapat kesalahan dalam tulisan ini.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.