Kumpulan Ide Bisnis Sektor Pertanian

Bertani adalah ciri khas penduduk di negara kita, hal ini didukung dengan iklim tropis yang memang cocok untuk kegiatan bercocok tanam, oleh sebab itu banyak sekali orang tua kita yang menjadikan bertani sebagai ssalah satu sumber mata pencaharian utama. Tapi jika kita tidak memiliki minat dan bakat untuk bertani tidak masalah kita masih bisa usaha dengan memanfaatkan sektor pertanian.

Ide Bisnis Sektor Pertanian

Berikut merupakan beberapa ide bisnis yang berkaitan dengan sektor pertanian:

Jualan Obat Pertanian

Obat pertanian seperti obat hama, obat gulma dan lain-lain menjadi kebutuhan wajib bagi petani, obat ini dibutuhkan untuk membantu petani mengendalikan populasi tumbuhan liar yang bisa mempengaruhi hasil panen. usaha ini cukup menjanjikan mengingat jumlah petani yang cukup banyak terutama di daerah non perkotaan.

Advertisement

Pupuk

Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik. Material pupuk dapat berupa bahan organik ataupun non-organik (mineral). Pupuk memegang peranan penting dalam usaha penyuburan tanah yang secara spesifik juga membantu meningkatkan kesuburan tanaman. Dengan pupuk tanaman diharapkan mampu berbuah dan menghasilkan lebih banyak. Untuk itu petani selalu memerlukan pupuk. Contohnya Dalam satu kali tanam padi setidaknya petani memerlukan satu kali pemupukan untuk itulah usaha pupuk sangat dibutukan. Untuk menjadi penjual pupuk anda harus mencari agen, dan mendaftar menjadi sub agen penjual pupuk, memang sedikit susah tetapi keuntungan yang di dapatkan juga besar.

Jual Bibit Tanaman Hias

Usaha pembudidaya dan penjualan bibit tanaman hias merupakan peluang usaha populer dalam bidang pertanian. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis tanaman hias ini cukup besar, karena pangsa pasar yang cukup luas. Bahkan beberapa tahun ke belakang beberapa jenis tanaman hias seperti gelombang cinta, adenium, tanaman dolar dan bonsai pernah mengalami masa booming dan laris manis dengan harga jual yang sangat mahal.

Jualan Keperluan Bertani dan Berkebun

Alat bertani dan bercocok tanam itu sangat banyak, contohnya cangkul, sabit, tangki semprot, dan masih banyak lagi. Usaha ini bisa di lakukan oleh siapa saja tanpa memerlukan ijin khusus.

Jualan Bibit buah dan sayuran

Bibit buah umumnya di jual secara keliling menggunakan kendaraan mobil bak terbuka. Pangsa pasar bisnis bibit tanaman pertanian cukup besar yang meliputi perusahan pertanian dan semua petani di perkotaan maupun pedesaan terpencil untuk lahan mereka.
Bisnis pertanian yang tidak bisa disepelekan lainnya adalah usaha jualan bibit tanaman. Baik yang dijual umumnya bibit tanaman buah-buahan, sayur sayuran atau benih tanaman hias. Sebelum memulai bisnis bibit tanaman, anda harus menguasai metode pembibitan.

Pengepul padi

Kalau anda memiliki modal yang cukup dan berpengalaman dibidang jual beli padi anda bisa mencoba menjadi pengepul padi. Pengepul padi merupakan salah satu usaha yang menjanjikan terutama memasuki masa masa panen, sayang nya tidak semua orang bisa menjadi pengepul padi karena dibutuhkan pengalaman yang cukup untuk usaha ini, selain itu diperlukan keahlian dalam menentukan harga dan memiliki relasi untuk membeli dan menjual kembali padi yang telah anda beli.
Keuntungan besar biasanya diperoleh dari selisih saat membeli dari petani dan menjualnya kembali kepasaran atau ke pabrik yang lebih besar.

Jasa Panen dengan mesin panen padi

Jika anda memiliki uang mungkin bisa berinvestasi dengan membeli Mesin panen padi (kombet) anda bisa memanfaatkannya menjadi usaha, kombet sangat diperlukan karena mampu membuat proses panen lebih cepat dan lebih mudah. Serta membantu proses panen. Keuntungan didapat dari hasil bawon (istilah jawa). Bawon adalah jatah padi yang di berikan untuk setiap hasil panen, perhitunganya bisa berbeda beda karena disesuaikan dengan perjanjian antara pemilik mesin anen dan petani pemilik sawah. Contohnya seiap 20 karung pemanen dapat 1 karung gabah.

Membentuk Komunitas Buruh Tani

Kalau anda memiliki relasi dan memiliki banyak teman pekerja buruh coba tawarkan jasa penyediaan buruh pertanian. Biasanya jasa ini di cari oleh petani dengan lahan yang luas, seorang petani atau pemilik tanah akan kesulitan menggarap lahan mereka sendiri. Nah, anda bisa menawarkan bantuan kepada mereka dalam rangka penyediaan tenaga kuli atau buruh petani. Tugas utamanya yaitu mengkoordinir para petani yang bersedia bekerjasama dengan anda untuk bekerja dengan sistem komisi. Komisi didapatkan sesuai kesepakatan antara penyedia jasa dengan pemilik tanah (sistem runding).

Tanaman Sayuran Organik

Sadar tidak jika sekarang ini gaya hidup masyarakat terus berubah tren bermunculan dan salah satu diantaranya adalah mengkonsumsi makanan organik. Bahan pangan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik, yang membatasi input sintetik modern seperti pestisida sintetik dan pupuk kimia. Hal ini membuat hasil panen lebih aman dan sehat untuk di konsumsi untuk itulah harganya lebih mahal. Inilah yang membuat peluang bisnis budidaya tanaman sayuran organik sangat menjanjikan untuk dijalankan saat ini dan sekarang mulai banyak yang mencoba usaha berani organik.

Tadi adalah beberapa ide yang bisa saya rangkumkan, jika terdapat kesalahan saya terbuka untuk koreksi, kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan dibawah.

semoga bermanfaat

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.