Laporan Laba Rugi Lengkap Pengertian, Kegunaan dan Contoh

laporan laba rugi adalah gambaran kinerja sebuah perusahaan dalam suatu periode tertentu. Laporan ini memuat berbagai informasi keuangan terutama dalam hal pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (keuntungan) bersih.

Tanpa laporan keuangan akan sulit mengevaluasi kinerja suatu perusahaan. Laporan laba rugi memiliki beberapa elemen, diantaranya pendapatan, beban, keuntungan dan kerugian.

Apa itu Laporan Laba Rugi?

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menampilkan informasi pergerakan suatu usaha. Sehingga pemilik dapat dengan mudah mengetahui jumlah total pendapatan dan pengeluaran. Laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba bersih.

Komponen Pada Laporan Laba Rugi

Komponen-komponen yang terdapat di Laporan Laba Rugi terdiri dari:

  • Pendapatan
  • Beban
  • Laba/ rugi kotor
  • Beban Operasional
  • Laba/rugi operasional
  • Pendapatan Lain-lain
  • Beban Lain-lain
  • Laba/ rugi bersih

Tujuan dan Manfaat Dari Laporan Laba Rugi

Secara kasar kita tau laporan laba rugi adalah untuk mengetahui laba dan rugi yang didapatkan oleh suatu perusahaan, namun jika dicermati pembuatan laporan laba rugi juga memiliki tujuan lain yaitu:

1. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan

Manfaat pertama dari laporan laba rugi yaitu dapat menjadi bahan evaluasi kinerja perusahaan. Melalui laporan laba rugi sebuah perusahaan dapat melihat peningkatan pendapatan atau kerugian yang didapat oleh perusahaan.

2. Membantu Memenejemen Resiko

Dengan melakukan evaluasi, selanjutnya perusahaan dapat meminimalkan risiko kerugian. Misalnya, perusahaan mengalami kerugian maka dengan menganalisa kinerja perusahaan dapat mengambil keputusan alternatif untuk bisa mengurangi resiko. pelajari cara mengurangi resiko dalam memulai usaha

3. Penyesuaian Anggaran

Dengan melihat dan mengamati laporan laba rugi pada akhir periode, anda sebagai pemilik perusahaan dapat menggunakannya untuk memangkas pengeluaran-pengeluaran yang kurang efektif dan tidak menguntungkan kemudian menggunakannya untuk mengembangkan sektor yang lainnya.

4. Menjadi Tolok Ukur Keberhasilan Perusahaan

Manfaat lain dari laporan laba rugi adalah menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah perusahaan. Tolak ukur dihitung dari pendapatan perusahaan.

meningkatkan pendapatan/profit atau mengurangi pengeluaran dan laporan laba rugi dapat menyajikan informasi tersebut.

5. Menilai Risiko

Tentu sangat fatal akibatnya jika sebuah perusahaan tidak mampu menggetahui apakah kinerjanya baik atau buruk dan sulit menentukan seberapa resiko yang dialami sebuah perusahaan.

6. Menganalisis Strategi Perusahaan

Laporan laba rugi juga dapat digunakan untuk menganalisis strategi perusahaan terutama dalam operasionalnya perusahaan pasti memiliki strategi khusus. Apakah strategi yang dipilih dapat membuat perusahaan menghasilkan pendapatan yang maksimal di setiap bulannya atau malah sebaliknya strategi yang dipilih tidak cocok. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya strategi maka dapat dilihat dari beberapa hal contoh laporan laba ruginya.

7. Profil Perusahaan

Keberhasilan perusahaan dalam mencetak profit akan menarik minat investor untuk menanamkan investasi. salah satu profil dari laporan keuangan akan membantu meyakinkan jika perusahaan kita memang layak mendapatkan investasi.

8. Mengembangkan Perusahaan

Dengan memiliki laporan laba rugi pemilik perusahaan bisa fokus untuk terus mengembangkan perusahaannya dengan cara melihat laporan yang berhasil dan mendapatkan profit dan berupa meningkatkan profit tersebut.

9. Penentu Keputusan Bisnis

Keputusan yang diambil dalam bisnis bergantung terhadap informasi yang dihasilkan dalam pembukuan (berupa laporan keuangan). Laporan keuangan dijadikan sebagai media tolak ukur akurat oleh untuk menyimpulkan seberapa besar kinerja usahanya selama kurun waktu tertentu. dan mempengaruhi keputusan dimasa yang akan datang

Cara Membuat & Contoh Laporan Laba Rugi

Terkait dengan kinerja perusahaan, laporan yang selalu dijadikan acuan yaitu Laba Rugi. Laporan ini menyajikan unsur-unsur aktivitas operasi dan keuangan seperti pendapatan dan beban hingga terlihatlah keuntungan atau kerugian.

Tahap awal dalam menyusun sebuah laporan laba rugi yaitu dengan mempersiapkan neraca. Neraca adalah dasar dalam membuat laporan laba rugi karena laporan laba rugi bersumber dari neraca lajur yang ada pada kolom laba/rugi. Setelah neraca lajur dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menyalin data yang diperlukan ke dalam laporan laba rugi beserta mengolah data-data yang ada. Sederhana bukan? Tapi bagi Anda yang masih mengalami kesulitan, berikut adalah contoh laporan laba rugi dalam bentuk excel yang bisa anda pelajari sendiri

contoh laporan laba rugi (xsl format)

Rangkuman dan Kesimpulan

Laporan laba rugi ini memiliki manfaat yang besar bagi sebuah perusahaan, dimana penentu kebijakan dalam perusahaan menggunakan informasi tersebut untuk memprediksi arus kas masa mendatang dengan berbagai cara. Misalnya, investor menggunakan informasi dalam laporan laba rugi untuk mengevaluasi kinerja perusahaan di masa lalu, sebagai dasar untuk memprediksi kinerja masa mendatang, dan menilai resiko kegagalan perusahaan untuk mencapai arus kas dimasa datang.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.