Pengertian Agen, Distributor, Reseller, Suplier dan Dropshipper

Didalam dunia perdagangan ada beberapa istilah yang sering kita dengar seperti Agen, Distributor, Reseller, Suplier dan Dropshipper. Istilah tersebut adalah istilah dari beberapa peran masing masing kelompok atau orang yang bergerak dalam perdagangan tersebut. Beberapa istilah ini juga membedakan pekerjaan yang didapat dari masing-masing posisi.

Supaya Anda tidak salah memahami dalam membedakannya, dari masing-masing istilah tadi, berikut akan kami rangkaikan penjelasannya satu persatu:

Pengertian Agen

Agen yaitu penyalur yang atas nama suatu perusahaan tertentu menjual barang dan jasa hasil produksi prusahaan tersebut di daerah tertentu.

Agen mirip dengan saler perbedaannya adalah Diagen tidak menjual barang dan jasa yang bukan produksi perusahaan bersangkutan. Agen menjual barang dan jasa dengan harga yang ditentukan oleh produsen.

Contoh:

Sales roti menjual roti tulis mereka ke toko A. Dan kemudian toko A-lah yang kembali menjual raoti tersebut ke retail-retail, ke toko-toko kecil, ke kios-kios, maupun ke konsumen secara langsung.

Pengertian Distributor

Merupakan sebutan bagi Seorang atau perusahaan perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer).

Tugas Distributor adalah:

  • membeli barang dan jasa dari produsen atau pedagang yang lebih besar
  • mengklasifikasi barang atau memilahnya sesuai dengan jenis, ukuran, dan kualitasnya
  • memperkenalkan barang atau jasa yang diperdagangkan kepada konsumen, misalnya dengan reklame atau iklan

Contoh:

distributor yang menawarkan produk dadang tertentu pada para pedagang yang ada dipasar bisa juga disebut suplier bagi para penjual dipasar. sales akan membelikan barang secara langsung melalui pabriknya. Dan barang tersebut dijual kembali ke toko-toko dan retail-retail yang membutuhkan.

Intinya, distributor adalah penyalur barang dari pabrik ke toko-toko maupun retail-retail yang membutuhkan tanpa mengubah apapun pada barang tersebut.

Pengertian Raseller


Re artinya kembali dan seller artinya penjual, jadi jika diuraikan reseller memiliki arti menjual kembali suatu produk yang dibeli untuk memperoleh keuntungan. Biasanya reseler memperoleh harga lebih murah dan menjual sedikit lebih mahal untuk memperoleh selisih keuntungan.

Pedagang memang bisa disebut reseler tapi istilah reseler lebih sering jika digunakan untuk menunjukkan penjual barang online.

Pengertian Supplier

Supplier adalah seseorang/perusahaan yang secara kontinu menjual barang kepada Anda. Biasanya barang tersebut bukanlah untuk dijual lagi, tapi lebih kepada pendukung kegiatan usaha.

  • Petani kebun karet menjual dan menyalurkan karet-karetnya kepada pabrik pengolah karet, misalkan untuk dibuat ban.
  • petambak udang dan lain-lain.

Pengertian Dropshiper

Dropshipper adalah suatu pihak yang menjual kembali produk dari suplier tanpa harus memiliki barang yang ditawarkan. Sebenarnya pengertian dropshipper dan reseller hampir sama, hanya saja jika reseller memiliki produk yang ditawarkan, sementara dropshipper tidak memilikinya, akan tetapi, Dropshipper masih bisa menawarkan barang dan mendapatkan untung dengan menjual informasi rentang produk yang dimiliki suplier.

Drop shipping adalah metode manajemen rantai pasokan di mana pengecer tidak menyimpan barang dalam persediaan tetapi alih-alih mengirimkan pesanan pelanggan dan rincian pengiriman ke produsen, pengecer lain, atau grosir, yang kemudian mengirimkan barang langsung ke pelanggan. Sedangkan Dropshiper adalah orang yang melakukan kegiatan dropship.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.