Pentingnya Wawasan Nusantara Dalam Konteks NKRI dan Pancasila

Apakah kalian pernah mendengar istilah wawasan nusantara? bagaimana wawasan nusantar itu menjadi penting untuk kita sebagai warga negara ketahui? mari kita bahas bersama

Apa itu Wawasan Nusantara?

Wawasan berasal dari kata dari wawas, yang secara harfiah berarti pandangan/teropong, dipakai untuk menjelaskan pandangan seseorang dalam melihat dan menjabarkan suatu. Sedangkan Nusantara merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan Indonesia yang membentang dari Sumatera sampai Papua.

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah serta tetap menghargai serta menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

Adapun wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang meliputi Darat, Laut dan Udara diatasnya sebagai satu kesatuan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Pertahanan Keamanan.

Singkatnya bisa disimpulkan jika wawasan nusantara merupakan pengertian atau pandangan kita terhadap nusantara/Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Kenapa Wawasan Nusantara Penting?

Wawasan nusantara sangat penting bagi indonesia karena memiliki peranan penting untuk mewujudkan persepsi yang sama bagi seluruh warga negara Indonesia.

Perbedaan persepsi, perbedaan pendapat, dan freksi-freksi  antar kelompok  dalam konteks soseologis, politis serta demokrasi dianggap hal yang wajar dan sah-sah saja selama tidak mengganggu keutuhan dan kesatuan Negara Kesatua Republik Indonesia.

Wawasan Nusantara yaitu penjabaran falsafah Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa Fungsi Wawasan Nusantara?

Fungsi wawasan nusantara adalah sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan, baik bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.

Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut :

  • Implementasi dalam kehidupan politik.
  • Implementasi dalam kehidupan ekonomi.
  • Implementasi dalam kehidupan sosial dan budaya.
  • Implementasi dalam kehidupan pertahanan dan keamanan.
  • Implementasi dalam kehidupan politik

Cerminan Wawasan Nusantara dalam Pancasila

Taukah kamu jika Setiap sila dari Pancasila menjadi dasar dari pengembangan wawasan nusantara. Berikut merupakan poin uraian Cerminan Wawasan Nusantara dalam Pancasila dari wawasan nusantara terhadap pancasila:

  1. Sila ke 1 (Ketuhanan yang Maha Esa) merupakan wawasan yang menghormati kebebasan beragama.
  2. Sila ke 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab) wawasan yang menghormati dan menerapkan HAM (Hak Asasi Manusia).
  3. Sila ke 3 (Persatuan Indonesia) wawasan yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
  4. Sila ke 4 (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan) wawasan yang dikembangkan dalam suasana musyawarah dan mufakat.
  5. Sila ke 5 (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia) wawasan yang mengusahakan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Implementasi Wawasan Nusantara dalam Kehidupan Nasional.

Wawasan nusantara bisa menjadi cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila danUUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.