Prediksi Startup Yang Akan Banyak Diminati

Belakangan kesadaran masyarakat mulai semakin meningkat terhadap peluang yang diberikan oleh kemajuan teknologi, hal ini terbukti semakin banyaknya bermunculan tokoh-tokoh anak bangsa yang memulai startup dan beberapa diantaranya berhasil bahkan mampu menciptkan lapangan pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya. misalnya saja seperti software enginering, data analisis, dan masih banyak lagi.

Prediksi Startup Yang Akan Banyak Diminati

lalu apa saja tren yang mungkin akan kita saksikan dalam ekosistem startup selanjutnya. Berikut adalah teknologi dan bisnis yang diyakini oleh startup dan akan menjadi tren untuk tahun berikutnya.

Transportasi online

Apakah anda tahu kenapa transportasi online bisa sangat berkembang dalam waktu yang relatif singkat dan juga diminati masyarakat?

hal ini karena trasportasi online merupakan salah satu starup teknologi yang membantu memecahkan masalah utama masyarakat yang tinggal di daerah padat penduduk yaitu kemacetan. hal inilah yang menjadikan bisnis trasportasi online mampu menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dan sekaligus mampu memberikan banyak lowongan pekerjaan terutama sebagai driver trasportasi online.

Online Shop dan Bisnis Online

Tentu sekarang bukan lagi hal aneh jika kita belanja secara ongline, rasanya memang hampir semua orang pernah belanja secara online. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kepercayaan pengguna terhadap proses belanja secara online. Kepercayaan itu tumbuh dikarenakan beberapa faktor yang menunjang diantaranya adanya sarana, selain sarana pendukung toko online sistem pembayaran pada toko online juga mampu menjamin keamanan serta kenyamanan pelanggan.

Padahal kalau kita ingat kembali diawal tahun 2010 dulu toko online tidak semarak sekarang, orang masih ragu untuk membeli produk secara online.

Namun ternyata ketakutan itu kini telah hilang tergantikan dengan kepercayaan pelanggan yang semakin besar terhadap online shop. Hal ini mendorong banyak perusahaan maupun startup perorangan berlomba-lomba untuk mengonlinekan berbagai produk dan jasa yang mereka tawarkan.

Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan Buatan atau AI yang memiliki potensi untuk secara efektif menemani kapasitas pengambilan keputusan manusia adalah teknologi yang paling banyak dibahas saat ini. hal ini karena banyak sekali sektor yang mendapat manfaat dari teknologi ini. Contohnya seperti perusahaan yang bergerak dibidang robotika, Biro perjalanan, perawatan kesehatan, konstruksi, semi-konduktor, perbankan, keuangan, konsultasi dll. Banyak bidang yang berhasil memanfaatkan teknologi dan mendapat manfaat darinya.

Hal ini menunjukkan bahwa akan hadir lebih banyak startup dan inovasi AI yang bermunculan dalam waktu dekat.

Sosial Media

media sosial merupakan sebuah medi a online dimana pengguna bisa saling berinteraksi dengan pengguna lainnya, media sosial terus bertambah sesuai dengan perkembangan dunia internet.

Saat ini sudah banyak sekali media sosial terkenal yang pasti sering kita gunakan seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, twitter, dan masih banyak lagi. Diperkirakan jumlah media sosial juga akan terus bermunculan mengikuti tren ang tengah terjadi dimasyarakat.

Internet Of Things (IoT)

Internet Of Things atau yang dikenal dengan IoT semakin berkembang luas saat ini. Teknologi IoTadalah konsep perangkat yang mampu mentransfer data tanpa perlu terhubung dengan manusia, melainkan internet sebagai medianya. Sederhananya manusia tidak perlu mengontrol benda/perangkat IoTtersebut secara langsung.

IoT telah membuka pintu baru ke dunia rumah pintar, perawatan kesehatan, otomasi, perawatan lansia, pertanian, manufaktur, dan beberapa lainnya. Seiring dengan AI, IoT juga berpotensi disebut revolusi industri keempat.

Amit Gupta, salah satu pendiri Yulu Bikes berbicara tentang betapa berharganya IoT bagi bisnis, katanya, “Ini adalah bagian paling penting dari teknologi dalam bisnis kami. Tanpa teknologi ini, menjadi besar dalam bisnis ini tidak mungkin. Itu adalah tulang punggung. Membantu bekerja tanpa kerepotan. “

Machine Learning

Machine learning sebenarnya adalah cabang aplikasi dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang focus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar “sendiri” tanpa harus berulang kali di program oleh manusia. Aplikasi Machine learning membutuhkan Data sebagai bahan belajar (training) sebelum mengeluarkan output.

Smart Asisten

Pernahkan anda menghubungi seseorang dalam aplikasi dan dia menjawab dengan sangat kaku? sebenarnya yang menjawab pertanyaan kita itu adalah sebuah mesin bukan manusia, walaupun baru dalam bentuk dasarnya. Jika dalau bentuk kompleks smart asisten dapat melakukan hal-hal lebih luas seperti mengatur jadwal pertemuan, memandu penyelesaikan tugas dan lain-lain.

Smart asisten bertugas sama seperti Costumer Service Automatic yang mampu menjawab pertanyaan konsumen secara otomatis. kemungkinan besar akan makin banyak teknologi yang mengembangkan dan juga menggunakan smart Asisten ini dimasa depan karena saat ini sudah semakin banyak pengembang yang menawarkan jasa costumer service otomatis untuk menghandel sementara selama belum ditangani oleh costumer service sebenarnya.

Smart Home System

Sudah melihat perkembangan Smart home sistem dimana rumah sekarang terhubung dengan sebuah sistem pintar yang dapat dikendalikan dari jauh menggunakan bantuan Internet. Dengan smart home sistem kita bisa dengan mudah mengendalikan rumah, termasuk mengunci pintu, mematikan lampu, menghidupkan alarm, menberitahu jika terjadi konsletin dan juga mengakses kamera pengawas yang terhubung dengan internet sehingga selalu bisa memantau rumah meski dari jarang yang sangat jauh. Hebat ya?

Smart School

Sekolah sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan media internet, banyak juga starup baru bermunculan mengusung pendidikan sebagai layanan yang ditawarkan kepada masyarakat. Biasanya sekolah internet ini berbentuk seperti kursus namun materi yang disuguhkan tidak secara langsung disampaikan kepada siswa melainkan melalui media gambar dan suara dan juga streaming. Contoh smart school adalah Aplikasi Ruang Guru.

Kesehatan & Kebugaran

Salah satu tren yang belakangan banyak diikuti konsumen adalah kesehatan dan kebugaran. Karena sehat dan bugar telah menjadi gaya hidup dan hal wajib bagi gaya hidup setiap orang saat ini. Terbukti banyaknya jasa yang menawarkan pendampingan kesehatan dan kebugaran, contohnya seperti aplikasi diet, aplikasi alodokter, dan masih banyak lagi.

Bisnis Analis

Analisis Data sedang dilaksanakan oleh perusahaan untuk mengurangi biaya, meningkatkan pembangunan berkelanjutan, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan meminimalkan waktu henti. Melihatnya sebagai tren potensial untuk 2019, Pankaj Agarwal, pendiri & CEO merek aksesoris fashion YouBella mengatakan, “Data Analytics akan memainkan peran penting karena semakin banyak perusahaan berinvestasi dalam pendekatan berbasis data untuk mempelajari perilaku konsumen dan pasar. . ”Dengan demikian, dapat diperkirakan bahwa startup yang mempertimbangkan untuk menjelajah Data Analytics, mungkin memasuki bidang ini lebih banyak.

Saya sadar masih banyak yang mungkin belum saya sebuhkan pada artikel diatas, untuk itu jika ada yang lupa atau belum saya cantumkan silahkan ditambahkan dikolom komentar. oya saya terbuka untuk kritik jika ada kesalah dalam artikel saya ini.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.