Proses Pembuatan Tahu Dari Awal Sampai Siap Jual

Tahu merupakan salah satu bahan utama makanan, tahu bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan yang enek seperti Tumis, Sayur Tahu, Gehu(TogeTahu), dan masih banyak lagi, karena itu tahu memiliki banyak penggemar. Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat.

Panganan yang diolah dari bahan baku kedelai ini memiliki cita rasa yang enak dan khas. Harga tahu juga bisa dibilang terjangkau.

Anda seorang penggemar tahu? Penasaran bagaimana cara bikin tahu?

Apa itu Tahu?

proses pembuatan tahu
tahu putih

Tahu adalah makanan tradisional berbahan dasar kedelai. Tahu kaya akan protein, zat besi, kalsium dan rendah sodium, kolesterol dan kalori. Selain itu, tahu juga memiliki kelebihan yaitu kandungan lemak jenuh yang rendah.

Apa Bahan Baku Pembuat Tahu?

Tahu dibuat dari endapan perasan biji kedelai kedelai yang mengalami koagulasi dan diambil sarinya. Sama seperti tempe, bedanya adalah tidak ada proses fermentasi dalam pembuatan tahu.

Asal Usul Tahu

Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian, yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”.

Macam Macam Tahu

Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedang dan tahu Kediri. Berikut merupakan tahu yang sering kita jumpai sehari-hari:

  • Tahu Kuning.
  • Tahu Putih.
  • Tahu Pong.
  • Tahu Sutera
  • Tahu Kulit.
  • Tahu Bulat

Contoh Olahan Tahu

Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, perkedel tahu, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, kerupuk tahu, dan lain-lain.

Proses Pembuatan tahu

Secara Garis Besar Proses Pembuatan Tahu dapat saya jabarkan sebagai berikut :

Bahan Untuk Membuat Tahu

bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat tahu diantaranya:

  • Kacang kedelai,
  • 1 gram batu tahu (Kalsium Sulfat atau CaSO4) atau 3 ml asam cuka atau air perasaan lemon
  • Air secukupnya

Peralatan Untuk Membuat Tahu

Alat-alat yang dibutuhkan :

  • Bak atau tong besar atau baskom, , pisau, kain tipis, saringan, dan loyang untuk mencetak tahu.
  • Tampah (nyiru)
  • Tungku atau kompor
  • Alat penghancur atau mesin giling atau blender
  • Kain pengaduk
  • Cetakan tahu
  • Keranjang
  • Wajan
  • Kain sebagai saring juga menggunakan kain bekas karung tepung

Langkah Membuat Tahu

Setelah bahan-bahan serta peralatan tempur membuat tahu siap sedia, kini kita masuk ke proses pembuatan tahu :

  1. Lakukan proses pemilihan bahan baku tahu usahakan yang memiliki kualitas bagus. Proses penyortiran biasanya dilakukan menggunakan Tampi/tampah.
  2. Kedelai selanjutnya dicuci, kemudian dan direndam dalam air hangat kurang lebih selama 6 sampai 12 jam. Hal ini dilakukan sampai tekstur kedelai mudah diolah. Usahakan seluruh kedelai tenggelam. Dalam proses perendaman ini kedelai akan mengembang.
  3. Selesai direndam kacang kedelai dibersihkan dengan cara dicuci berkali kali. Usahakan kedelai ini sebersih mungkin untuk menghindari kedelai cepat masam.
  4. Untuk selanjutnya dihancurkan sampai halus. biasanya menggunakan gilingan atau kalau yang dibuat sedikit bisa juga menggunakan blender. tambahkan air sedikit-demi sedikit sehingga kedelainya berbentuk bubur.
  5. Sari kedelai disaring sedikit demi sedikit sampai ampas kedelai tidak tersisa lagi. Proses ini biasanya dilakukan berkali-kali agar air kedelai dapat dibuat menjadi tahu yang halus.
  6. bubur kedelai dimasak pada suhu 70-80 derajat (biasanya ditandai dengan gelembung kecil yang muncul pada kedelai yang dimasak). Ingat untuk menjaga agar kedelai jangan sampai mengental.
  7. Kemudian, tunggu sampai uap panasnya menghilang. Saring bubur kedelai tersebut, sambil diaduk secara perlahan. Tambahkan bahan pembuat tahu (batu tahu atau asam cukup) dan aduk rata. Proses ini akan menghasilkan endapan tahu (gumpalan). Endapan siap untuk di press..
  8. Selanjutnya adonan tahu dalam cetakan dikempa/dipress agar air yang terkandung di dalam adonan tahu tersebut dapat terperas habis tak tersisa untuk menekan ampas supaya kandungan airnya benar-benar habis.
  9. Setelah itu adonan tahu tersebut sudah dapat dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan
  10. Dan tahupun sudah jadi dan siap untuk dipasarkan.

Langkah Terakhir setelah proses selesai adalah pemasaran tahu, tahu umumnya di jual di pasar pasar, di warung dan pedagang keliling.

nah mungkin itu saja, saya terbuka untuk koreksi jika ada kesalahan dan jika ada yang kurang silahkan bisa di tambahkan dikolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.