Revolusi Industri 4.0 apa saja keuntungan dan kerugiannya

Mungkin beberapa dari kita belum mengerti apa itu Revolusi Industri 4.0. Tapi sadarkah kita jika Inovasi pada Revolusi Industri telah sejak lama terjadi dan telah mengubah pandangan hidup dan cara kerja manusia secara fundamental.

Untuk itu mari kita pelajari lebih jauh mengenai Revolusi Industri 4.0 (four point zero).

Apa itu Revolusi Industri

Revolusi adalah perubahan yang berlangsung secara cepat.

Industri adalah kegiatan mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi menjadi barang yang bermutu tinggi. Kegiatan proses produksi dalam industri itu disebut dengan perindustrian.

Jadi Kalau kita simpulkan Revolusi industri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perubahan yang terjadi pada sebuah system industri yang ada saat ini.

Perjalan revolusi Industri Hingga Saat Ini

Revolusi Industri terus berkembang dan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Inovasi-inovasi baru terus bermunculan dan saat ini Revolusi Industri telah sampai pada fase keempat dari perjalanan sejarah revolusi industri.

revolusi industri

Perjalan revolusi Industri Hingga Saat Ini

Berikut adalah rangkaian perkembangan Revolusi Indrustri yang diungkapkan oleh Prof Krugman  (April 2013) tentang perkembangan revolusi industri:

  • Revolusi Industri Pertama (tahun 1750-1830), ditandai dengan ditemukannya mesin uap dan serta mesin kereta api. Penggunaan mesin uap pada waktu itu dimaksudkan untuk menggantikan tenaga manusia dan kereta api menggantikan tenaga hewan dalam proses pengangkutan barang. Proses perubahan penggunaan tenaga dari manusia atau hewan menjadi mesin mekanis dikenal juga dengan istilah mekanisasi.
  • Revolusi Industri Kedua (1870-1900), ditandai dengan penemuan listrik, alat komunikasi, bahan-bahan kimia, dan minyak. Revolusi industri pada tahap ini dapat digunakan untuk melaksanakan konsep produksi secara pabrik dan massal.
  • Revolusi Industri Ketiga (1960 hingga sekarang), ditandai dengan penemuan komputer, internet, dan telepon genggam. Revolusi industri ketiga ini dapat digunakan untuk otomatisasi proses produksi dalam kegiatan industri.
  • Saat ini kita memasuki era baru, yaitu Revolusi Industri Keempat atau sering disebut dengan istilah populer Revolusi Industri 4.0. Revolusi industri keempat ini ditandai dengan bersatunya beberapa teknologi antara sistem fisik-siber, Internet segala (Internet of Things), dan Sistem Internet. ide utama model industri ini adalah menciptakan smart factory dimana mesin-mesin dilengkapi konektivitas jaringan dan terkoneksi ke sistem yang bisa memvisualisasikan seluruh rantai produksi dan membuat keputusan sendiri.

Kerugian dan Keuntungan Oleh hadirnya Revolusi Teknologi 4.0.

Perubahan Teknologi memang selalu membawa dua dampak bagi manusia yaitu positif dan negatif, kita akan berikan beberapa contoh kerugian dan keuntungan yang disebabkan oleh revolusi industri 4.0 berikut ini:

Keuntungan

Sebenarnya kemungkian keuntungan penerapan model Industri 4.0 bisa lebih banyak daripada Kerugian yang mungkin dihasilkan, diantaranya:

  • Revolusi Industri 4.0 mempunyai potensi memberdayakan individu dan masyarakat, menciptakan peluang baru bagi ekonomi, sosial, maupun pengembangan diri pribadi.
  • Mempermudah pekerjaan manusia terutama dalam kegiatan perindustrian.
  • Data dan fasilitas produksi yang terhubung ke cloud komputing juga menjamin keamanan data yang lebih baik, tertata dan ringkas.
  • Kemungkinan terjadinya human error berkurang, karena komputer yang menjadi “kontrol” bisa menghasilkan pekerjaan yang konsisten.
  • Selain itu, hasil untuk banyak bisnis bisa meningkatkan pendapatan, pangsa pasar, dan keuntungan.
  • Besar kemungkinan sistem yang digunakan akan lebih canggih Semua dapat di kontrol dan dikendalikan secara realtime.

Kerugian

  • Kemungkinan berkurangnya kebutuhan tenaga manusia dalam proses industri, karena semua sudah dilakukan secara otomatis oleh mesin.
  • Isu tentang keamanan data meningkat dengan mengintegrasikan sistem baru dan semakin banyaknya akses ke sistem itu.
  • Isu Privasi , terkait informasi produksi dan kepemilikan.
  • Memerlukan control ketat dari manusia saat proses produksi. Karena tidak ada dan tidak akan pernah ada kecerdasan AI yang mampu mengalahkan kecerdasan manusia.

Kesimpuan

Siap tidak siap mau tidak mau kita sebenarnya sudah berada di era ke 4 ini, hanya saja kita yang hidup di indonesia belum menyadarinya padahal tinggal menunggu efeknya semakin terlihat jelas. Salah satu dampak yang sudah terjadi dengan kecenderungan semakin masif adalah berubahnya pekerjaan manusia.

Sayangnya seperti yang kita ketahui sendiri kebanyakan masyarakat dinegara kita takut tersentuhan dengan perubahan, apalagi berkaitan dengan teknologi. Maka artikel ini saya tutup dengan quote:

Tidak Akan Ada Yang Mampu Menghentikan Laju Teknologi, Kita hanya memiliki dua pilihan: “Terus Belajar dan Ikut Maju Bersama mengikuti perkembangan zaman Atau Diam Mengeluh dan Tertinggal dibelakang”.

https://www.berwirausaha.net/

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.