Siapa Pemilik dan Pendiri Bukalapak, ini Jawabannya

Siapa Yang tidak pernah berbelanja online melalui bukalapak? Bukalapak merupakan salah satu online shop paling banyak digunakan untuk berbelanja saat ini.

Nah tapi Pernahkah anda bertanya atau Penasaran dengan sosok dibalik salah satu Online shop yang sanga terkenal ini? Nah kali ini kita akan kupas tuntas mengenai sosok dibalik berdirinya bukalapak.

Apa itu Bukalapak?

Bukalap merupakan sebuah perusahaan E-Commerce asal Indonesia berbasis marketplace C2C (pelanggan kepada pelanggan) yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM). Pada bukalapak kita tidak hanya bisa belanja tetapi juga bisa membuka lapak online untuk menjual produk-produk kita sendiri. Itulah kenapa bukalapak sangat diminat karena menawarkan tempat berbelanja dan juga menjual produk secara lebih mudah untuk bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas.

bukalapak.com dimulai pada tahun 2010. memiliki visi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet.

Siapa Tokoh Pendiri Bukalapak?

Tokoh dibalik berdirinya bukalapak adalah Achmad Zaky Syaifudin lahir di Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus 1986,  Achmad Zaky merupakan pengusaha asal Indonesia yang bergerak di bidang internet. Ia merupakan pendiri sekaligus CEO dari situs e-commerce Bukalapak.

Mengenal Lebih Jauh tentang mas Zacky

Zaky mulai mengenal dunia teknologi sejak sekolah dasar. Pada tahun 1997, salah satu paman Zaky membelikan sebuah komputer dan buku-buku yang berhubungan dengan pemrograman. Ia tumbuh bersama komputer dan buku-buku tersebut.

Zaky mudah pernah mewakili sekolahnya SMA Negeri 1 Solo di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer dan menang hingga tingkat nasional.

Pada tahun 2004, Zaky melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB). Zaky sempat mendapat IPK 4.00 di semester pertama. Selain kegiatan akademis, Zaky tercatat pernah mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di ITB. Diantaranya: penggagas lahirnya cabang ShARE Global Student Think-Tank di ITB, mendirikan Entrepreneur Club ITB yang kemudian dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Dan juga aktif di Amateur Radio Club (ARC) ITB.

Penghargaan dan Prestasi Selama Kuliah

Selama berkuliah, Zaky sering menjuarai beberapa kompetisi tingkat nasional seperti:

  • juara II pada Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Dengan membuat perangkat lunak yang disebut MobiSurveyor yang berguna untuk melakukan perhitungan cepat dalam sebuah survei.
  • Zaky juga mendapatkan Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.
  • Zaky sempat meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat selama dua bulan pada tahun 2008.
  • Mewakili ITB dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009

Awal Perjalanan Karier Zaky

Karier Zaky berawal dari keaktifannya di dunia teknologi dan entrepreneurship sewaktu di ITB. zaky sempat mendapat tawaran mengerjakan software quickcount pemilu dengan nilai 1,5 juta untuk sebuah stasiun televisi nasional. Setelah lulus dari ITB, ia mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia.

Bermodal pengalaman membangun sistem IT banyak perusahaan besar, Zaky lantas terpikir untuk membuat sesuatu yang lebih bermanfaat bagi banyak orang. Dari sinilah, Bukalapak.com mulai dirintis pada tahun. Ia bermimpi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet.

Banyak Investor Tertarik

Bukalapak.com pada awalnya lahir dari kantong pribadi para pendirinya. Seiring dengan pertumbuhan yang sangat pesat, pendanaan mulai bertambah dari investor.

Beberapa investor yang tertarik mendanai bukalapak.com adalah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).

Jatuh bangun Mendirikan bukalapak

Zaky juga pernah sempat mencoba untuk membuka usaha kuliner mi ayam dengan sewaktu kuliah yang akhirnya bangkrut. Zaky menghabiskan seluruh uang hasil menang dari berbagai perlombaan.

pemuatan kode atau Pengkodean (Codebase) Bukalapak diselesaikan hanya dalam waktu dua bulan.

Awalnya, Zaky mengajak para pedagang di mall untuk bergabung di Bukalapak. Sayangnya respon yang diberikan para pedagang di mall sangat rendah.


Respon positif justru datang dari pedagang kecil. Sejak itu, Achmad Zaky dan tim Bukalapak.com fokus mengajak para pelaku UMKM. Klien pertama yang ia dapat justru dari pedagang kecil. Ketika ditanya mengapa mereka mau bergabung, alasannya adalah karena barang mereka di toko tidak laku. Karena itu, mereka meminta bantuan Zaky untuk menjualnya di Bukalapak.

Sejak itu, Ia pun memfokuskan diri mengajak para pelaku UMKM yang belum begitu berkembang. Pada tahun 2011, sudah ada sekitar 10.000 pedagang yang bergabung di Bukalapak.

Tahun 2011, Bukalapak.com telah memiliki 10.000 pedagang yang bergabung dan jumlah tersebut terus bertambah.

Selain itu bukalapak juga menawarkan program program unggulan bertujuan untuk memberdayakan pemilik toko dan warung dengan meluncurkan kerja sama yang disebut dengan mitra bukalapak.

Apa Itu Mitra Bukalapak?

Mitra bukalapak adalah kerja sama yang ditawarkan bukalapak kepada pemilik warung dan UKM. Apa saja keuntungan yang ditawarkan jika menjadi mitra bukalapak?

  • Dengan menjadi mitra bukalapak kita sebagai pemilik warung bisa memperoleh stok langsung dari bukalapak
  • Kesempatan untuk mendapat harga lebih murah dibandingkan dengan belanja diagen biasa.
  • Bukalapak akan mengirimkan langsung belanjaan di warung kita.
  • Menyediakan semua produk digital seperti pulsa, bayar tagihan listrik, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara menjadi mitra bukalapak? Silahkan langsung dilhat saya diweb resminya https://mitra.bukalapak.com/

Kesuksesan Zaky

Penelusuran yang dilakukan oleh Media Globe Asia menyatakan Achmad Zaky masuk deretan 150 orang terkaya di Indonesia versi dengan kekayaan USD 105 juta atau lebih dari Rp 1,5 triliun. Tepatnya, Zaky menempati urutan ke-149. Perjuangan keras Zaky terbayar sudah.

Berawal dari tahun 2010 dengan modal seadanya, BukaLapak kini memiliki ratusan pegawai dan menjadi salah satu tujuan utama masyarakat Indonesia yang ingin berbelanja maupun berjualan di toko online.

Padahal dulu, ia harus datang dari satiberusaha keras agar ada yang mau gabung jualan di BukaLapak.

Mungkin Cuma itu saya terbuka untuk koreksi ika terdapat kesalahan. mudah mudahan kesuksesan mas zacky bisa menginspirasi kita semua.

Saya akan tutup dengan kutipan dari mas zacky:

“Perubahan tidak dapat dilawan, tapi bisa diajak berkawan. Mari bermitra – Bukalapak”

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.