Siapa Pemilik dan Pendiri Shopee, ini Jawabannya

pemilik sekaligus pendiri shopee

Pernahkah anda bertanya atau Penasaran dengan sosok dibalik salah satu Online shop yang sanga terkenal yaitu shopee? Nah kali ini kita akan kupas tuntas mengenai sosok pendiri sekaligus pemilik atau lebih tepatnya CEO Shopee.

Apa itu Shopee?

Shope merupakan aplikasi online shop atau daring marketplace(platform perdagangan elektronik). Dengan shopee pengguna dapat dengan mudah menjelajahi, berbelanja, dan menjual produk apa saja kapan saja.

Shopee memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya. Sarana jual beli ini juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, otomotif dan lain sebagainya. Shopee sudah terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mudah dan aman bagi penjual dan pembeli.

Jika dibandingkan dengan situs marketplace lainnya seperti bukalapak, tokopedia, OLX dan lain-lain, maka shopee termasuk yang termuda dan minim pengalaman. Namun dengan promosi yang gencar ecommerce ini mampu berdiri sejajar dengan pesaing-pesaing terdahulunya tersebut.

Bentuk Bisnis Pada Shopee

Shopee pertama kali dimulai sebagai pasar (C2C) pelanggan untuk pelanggan tetapi kemudian beralih ke model hibrid C2C (pelanggan untuk pelanggan) dan B2C (Bisnis untuk Pelanggan). Hal itu berjalan semenjak diluncurkannya Shopee Mall yang merupakan platform toko daring milik shopee untuk distribusi brand ternama.

Jadi meskipun sama-sama toko online sebenarnya shopee sedikit berbeda dengan bukalapak dan tokopedia yang sebagian besar hanya berperan sebagai penyedia lapak bagi pedagang, shopee juga menjual produk mereka sendiri. Itulah kenapa beberapa produk yang dijual dishopee dikirim dari luar negeri, misalnya tiongkok.

Kapan Shopee Berdiri?

Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Baca juga >>  BIOGRAFI SINGKAT KH. Hasyim Asy'ari

Shope berdiri dibawah naungan SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li.

Shopee bermitra dengan lebih dari 70 penyedia layanan kurir di seluruh pasarnya untuk menyediakan dukungan logistik bagi penggunanya. Shopee berkolaborasi dengan berbagai jasa logistik lokal, serta penyedia jasa transportasi daring.

Siapa Pendiri Shopee?

pemilik sekaligus pendiri shopee

Chris Feng – pemilik sekaligus pendiri shopee

Tokoh penting dibalik berdirinya Shopee adalah Chris Feng yang saat ini juga menjabat sebagai CEO Shopee. Chris Feng merupakan lulusan terbaik dari Universitas Singapura selain itu dia adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada.

Prestasi marketplace ini adalah keberhasilan promosi yang dalam waktu singkat, pengguna shopee tidak kalah banyak dari para pesaingnya.

Dimana kantor shopee?

Kantor utama shopee berpusat di Singapura, melakukan ekspansi ke negara ASEAN lain dan membuka Shopee Indonesia, Shopee Malaysia, Shopee Thailand, Shopee Taiwan, Shopee Vietnam dan Shopee Filipina.

Shopee di Indonesia dimulai pada bulan Desember tahun 2015 berkantor pusat di Wisma 77 Tower 2 lantai 11, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 77 Slipi, palmerah. Jakarta Barat, 11410.

Kelebihan Yang Ditawarkan Oleh Shopee

Shopee menawarkan banyak keunggulan diantaranya adalah sebagai berkut:

  • Shopee menawarkan banyak promo serta diskon yang pastinya digemari para pembeli
  • Ada pula fitur live chat yang memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi mengenai produk yang dijual
  • Adanya fasilitas ongkir gratis dengan ketentuan yang berlaku
  • Memiliki kategori produk yang cukup banyak.

Kelemahan Shopee

  • Shopee memiliki kelemahan seperti yang berikut ini:
  • Respon penjual yang terkadang cukup lama
  • Situs yang susah diakses pada jam-jam tertentu
  • Ada beberapa penjual yang sudah tidak aktif.
  • Untuk promo ongkir gratis diberi syarat atau ketentuan yang cukup merepotkan

Mungkin cuma itu dulu yang bisa saya sampaikan, kalai ada salah saya terbuka untuk koreksi, jika ada kekurangan silahkan langsung ditambahkan dikomentar. Semoga bermanfaat

Update

Update karena banyak teman-teman yang komentar terkena penipuan dari shopee, maka saya membuatkan video tentang penipuan berkedok shopee semoga bisa membantu teman teman yang membutuhkan!

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

37 Komentar

  1. Ping-balik: Anak muda dibalik suksesnya marketplace di Indonesia - Konyoa.com
        1. sya jga kemaren mendapatkan hadiah uang dari shoopee melalui sms…dan sya masuk kelinknx dan sya disuruh mentransfer uang 950k…apakh itu benar… mohon infonx

  2. Harga2 baju, case hp, sama kosmetik paling murah dan banyak produknya ya di shopee tampilanya juga paling simpel gak kaku. Kalo kekurangan yg disebutin diatas sih keknya semua e commerce kekuranganya itu juga.

  3. Shopee mantap dan lebih murah dan lengkap dari olsbop lainnya, gak kuatir dana ilang walau ada penjual yg penipu, tinggal ngajukan pengembalian dana jika dalam 3 hari penjual penipu gak merespon maka dana akan balik ke akun Shopee pay sepenuhnya secara otomatis, jd gak perlu khawatir kalo belanja di shopee

  4. iya nih sy ketagihan ma program flash salenya,item2nya jg bagus cukup lengkap bisa dikirim dari LN serasa belanja di aliexpress, namun msh banyak yg lebih murah n lebih lengkap di aliexpress sih hehehe…
    btw yg sy cermati dr aplikasi ini sepertinya berat dan penggunaan datanya relatif gede bila di bandingkan dg bulak,toped,dll…apa ini memang pure algoritma aplikasi yg gede resourcenya atau ada deal2 khusus dg provider telko? hehehe…hanya share n discuss aja, ga dibikin seriusan. terimakasih sudah berbagi infonya ttg shopee, jujur sy mendarat disini krn penasaran dg history ataupun succsess storynya

  5. min barusan saya dapat sms mengatas namakan shopee dan dibilang saya mendapatkan uang 125jt setelah saya harus tf sebesar 300rb saya dapat sms dari nomer 082358254232 dan setelah saya lihat web nya ada nomer lg yg bilang itu adalah yg punya shopee dgn mencantumkan nomer tlp 082358674556,mohon infonya min apakah ini benar atau tipu tipu???

      1. saya juga baru dapat sms pada hari senin tgl 24/8/2020, mendapatkan hadiah uang
        Rp 175 Jt dengan menggunakan info no PIN anda resmi meraih hadiah dari shopee.co.id, cuma saya curiga dan saya sempat membalas WA untuk memberikan
        nama dan nomor Hp saya, kebetulan yg WA kesaya mengaku sebagai staff marketing dr Shopee ada Foto dan Foto kopy KTPnya Atas nama SETYO WIJOYO, nomor Hp yg saya balas adalah 0822 4660 5638, setelah saya hubungi mereka tidak berani angkat. mohon dengan adanya banyak Modus dan cara2 seperti ini mudah2an pihak yg berwajib segera bertindak untuk melacak & menangkap para pelaku ini dan semoga masyarakat harus lebih hati2 apabila dapat sms semacam ini. demikian dan terima kasih.

  6. Saya kena tipu oleh karyawan shopee pulsa 500.000 2x dan uang tunai trfer 3950000. Kata aku dapat hadiah 150juta, yg suruh saya kirim h.supratno dan bapak eko purmono

    1. hai pak itu cuma oknum yang mengatas namakan shopee aja, jangan mudah percaya ya kalau dapat sms atau telpon mengaku anda mendapat hadiah… silahkan laporkan kepolisi

  7. pantes aja walaupun baru, tapi dia bener2 meroket..CEOnya ternyata experience Lazada dan Zalora. jadi udah tau seluk beluk ngembangin e-comerce gini…mantullll

  8. Menurut aku shopee lebih nyaman dari marketplace lainnya, entah pas buka aplikasinya itu nyaman simple, dan mudah diingat fitur2ny.
    Penjualny juga lumayan, memang ada bbrapa yg mengecewakan, tp overall bagus sih.
    Harganya juga terjangkau.
    Cuman karna aku suka games shopee tangkap, skrg poinnya jadi dikurangin, pdhall dulu2 sehari bisa kumpulin koin 1000, itu yg bikin betaah, gamesnya seruuu, cuman syangny jamnya juga dibatas jd 1 x sehari, koinnya dkit bangeeeett.

  9. Saya kemarin mendapatkan telpon dari nomor ini +6281271954676 dan WA dari no ini +62 823-3332-4888 yang mengatasnamakan admin shopee yang akan memberikan hadiah berupa uang tunai atau shopee pay sebesar 2,5 jt dengan prosedur harus mengirim sejumlah uang 2,5 jt melalui BRI Link, tetapi malah kami yang harus membayar…dan hadiahnya tidak bisa kami terima karena katanya saldo di rekening saya tidak cukup setelah itu saya di suruh mengisi saldo sebesar 500rb. Katanya sih setelah saya isisaldo di rekening saya, saya bisa langsung melakukan lenarikan dengan hitungan detik. Selang beberapa minit dia telpon lagi katanya hadiah gk bisa di transper langsung ke rekening kami karena dia mengirimnya bukan dari rek dia pribadi jadi agak susah. Kemudian dia minta saya ke BRI/agen terdekat untuk memasukan kode sekaligus transper uang ke briva di BRI Link sebesar 2jt. Baru hadiah bisa kami terima. Tapi saya curiga jangan2 ini separti kemarin lagi, makanya sekarang saya tidak penuhi permintaanya itu.

    1. Kalau untuk penulisan ilmiah artikel saya ini tidak saya sarankan untuk dijadikan rujukan, karena sumber tulisan artikel ini hampir 75% nya saya ambil dari informasi yang saya peroleh sendiri(pengetahuan umum), sedangkan data (bukan isi informasi secara keseluruan) seperti angka, tanggal berdiri, nama perusahaan dan lain lain saya peloleh dari wikipedia.

  10. Saya mendapat sms yg mengatas namakan pak jalenson, lengkap dengan ktp nya, dia mengaku sbagai staf pencari hadiah, saya seru balas2 pesannya tpi saya tak percaya hheee

    1. Saya dapat sms dari pihak yang mengatasnamakan shopee dan mengatakan bahwa saya dapat undian 175jt tgl 7 september 2020, saya disuruh bayar pls 300k dan uang tunai 4jt. Dia mengaku sebagai pengundi hadiah shopee dengan nama samaran bpk edi hermawan wa 085348292277 dan bpk ir. H. Ibrahim wa 085251847799. Gmn ini pak ?

  11. Saya kemaren mendapat sms dari sebuah nomor dan menyatakan saya mendapatkan 175jt dan saya tekusuri kewat link ternyata saya wa sesuai nomor tertera, dan saya wa malah saya di blok untung saja saya tidak terjerumus, saya juga berpikir mana mungkin shopee lewat sms dan mana mungkin shopee blokir wa, dan dia mengunakan gambar pemilik shopee dan mengaku bernama edy hermawan

  12. 9.9 shoppe bnyak yg mmanfaatkan buat mnipu orang dgn cra bgi2 hdiah.tp hrus tf dulu. Buat bpk2 ibuk2 jngn mudah prcya. Apalgi sampai tf uang kalian.

  13. Maaff pakk saya dpt SMS undian pemeng ke 2 Shopee. Dan saya udah transfer 750 ribu untuk mncairkan hadiah sbesar 175 juta, dan ternyata sampai saat ini blom ada ap2 masuk dan saya blom prnah mnrma hadiah apa pun dari Shopee. Malah2 pihak yg mengaku sbgai marketing Shopee meminta saya untk mentransfer uang lagi, saya bilang saya gak bisa udah gak punya uang, malh2 pihak Shopee akan mlporkan saya ke pihak pold

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.