Siapa Pemilik dan Pendiri Shopee, ini Jawabannya

Pernahkah anda bertanya atau Penasaran dengan sosok dibalik salah satu Online shop yang sanga terkenal yaitu shopee? Nah kali ini kita akan kupas tuntas mengenai sosok pendiri sekaligus pemilik atau lebih tepatnya CEO Shopee.

Apa itu Shopee?

Shope merupakan aplikasi online shop atau daring marketplace(platform perdagangan elektronik). Dengan shopee pengguna dapat dengan mudah menjelajahi, berbelanja, dan menjual produk apa saja kapan saja.

Shopee memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya. Sarana jual beli ini juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, otomotif dan lain sebagainya. Shopee sudah terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mudah dan aman bagi penjual dan pembeli.

Jika dibandingkan dengan situs marketplace lainnya seperti bukalapak, tokopedia, OLX dan lain-lain, maka shopee termasuk yang termuda dan minim pengalaman. Namun dengan promosi yang gencar ecommerce ini mampu berdiri sejajar dengan pesaing-pesaing terdahulunya tersebut.

Bentuk Bisnis Pada Shopee

Shopee pertama kali dimulai sebagai pasar (C2C) pelanggan untuk pelanggan tetapi kemudian beralih ke model hibrid C2C (pelanggan untuk pelanggan) dan B2C (Bisnis untuk Pelanggan). Hal itu berjalan semenjak diluncurkannya Shopee Mall yang merupakan platform toko daring milik shopee untuk distribusi brand ternama.

Jadi meskipun sama-sama toko online sebenarnya shopee sedikit berbeda dengan bukalapak dan tokopedia yang sebagian besar hanya berperan sebagai penyedia lapak bagi pedagang, shopee juga menjual produk mereka sendiri. Itulah kenapa beberapa produk yang dijual dishopee dikirim dari luar negeri, misalnya tiongkok.

Kapan Shopee Berdiri?

Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Shope berdiri dibawah naungan SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li.

Shopee bermitra dengan lebih dari 70 penyedia layanan kurir di seluruh pasarnya untuk menyediakan dukungan logistik bagi penggunanya. Shopee berkolaborasi dengan berbagai jasa logistik lokal, serta penyedia jasa transportasi daring.

Siapa Pendiri Shopee?

pemilik sekaligus pendiri shopee

Chris Feng – pemilik sekaligus pendiri shopee

Tokoh penting dibalik berdirinya Shopee adalah Chris Feng yang saat ini juga menjabat sebagai CEO Shopee. Chris Feng merupakan lulusan terbaik dari Universitas Singapura selain itu dia adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada.

Prestasi marketplace ini adalah keberhasilan promosi yang dalam waktu singkat, pengguna shopee tidak kalah banyak dari para pesaingnya.

Dimana kantor shopee?

Kantor utama shopee berpusat di Singapura, melakukan ekspansi ke negara ASEAN lain dan membuka Shopee Indonesia, Shopee Malaysia, Shopee Thailand, Shopee Taiwan, Shopee Vietnam dan Shopee Filipina.

Shopee di Indonesia dimulai pada bulan Desember tahun 2015 berkantor pusat di Wisma 77 Tower 2 lantai 11, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 77 Slipi, palmerah. Jakarta Barat, 11410.

Kelebihan Yang Ditawarkan Oleh Shopee

Shopee menawarkan banyak keunggulan diantaranya adalah sebagai berkut:

  • Shopee menawarkan banyak promo serta diskon yang pastinya digemari para pembeli
  • Ada pula fitur live chat yang memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi mengenai produk yang dijual
  • Adanya fasilitas ongkir gratis dengan ketentuan yang berlaku
  • Memiliki kategori produk yang cukup banyak.

Kelemahan Shopee

  • Shopee memiliki kelemahan seperti yang berikut ini:
  • Respon penjual yang terkadang cukup lama
  • Situs yang susah diakses pada jam-jam tertentu
  • Ada beberapa penjual yang sudah tidak aktif.
  • Untuk promo ongkir gratis diberi syarat atau ketentuan yang cukup merepotkan

Mungkin cuma itu dulu yang bisa saya sampaikan, kalai ada salah saya terbuka untuk koreksi, jika ada kekurangan silahkan langsung ditambahkan dikomentar. Semoga bermanfaat

No Responses

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.