5 Alasan Kenapa Harus Mulai Wirausaha Saat Masih Kuliah

Mahasiswa adalah masa  dimana para pemuda sedang memiliki semangat dipuncak tertinggi. Mahasiswa dianggap memegang peran paling penting dimata para pendahulu maupun generasi dibawahnya.

Namun sebagai mahasiswa, apakah anda telah menyadari apa peran anda sebagai mahasiswa? Apakah potensi yang perlu anda kembangkan? Mahasiswa memiliki peranan yang sangat besar bagi masyarakat dan negara. Sebagai mahasiswa anda harus sadar bahwa peran anda adalah sebagai agen perubahan yang memegang kendali sosial yang diharuskan memiliki moral yang baik dalam melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga nantinya akan dapat membantu memperbaiki kualitas negara, baik dalam bidang ekonomi, hukum, social, maupun agama.

Dalam bidang ekonomi, mahasiswa dituntut muntuk menjadi seorang pembentuk usaha atau yang biasa kita sebut bebagai wirausaha. Lalu, usaha seperti apa yang perlu kita lakukan sebagai seorang mahasiswa? Sebagian mahasiswa pasti akan bertanya seperti ini;

Advertisement

“Kita kan masih mahasiswa, masih belajar, lalu apa yang kita bisa lakukan?

“Wirausaha? Bagaimana caranya? Saya belum pernah melakukanya..!”

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah salah satu contoh pertanyaan yang diungkapkan oleh mahasiswa yang masih benar- benar awam terhadap usaha, wirausaha dan semacamnya.

Lalu apakah sebenarnya definisi dari usaha itu sendiri?

Jika diartikan secara umum, Usaha merupakan kegiatan atau aktivitas seseorang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Namun jika dalam ilmu fisika, usaha adalah gaya yang diberikan kepada benda. Dengan kata lain, usaha merupakan suatu aktifitas yang dapat kita lakukan dan maksimalkan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing dalam mencapai tujuan tertentu.

Pengusaha

Lalu apa pengusaha? Pengusaha (meurut kamus Wikipedia)  merupakan seseorang yang menjalankan usaha, baik dalam bidang jual-beli ataupun usaha-usaha lainya dengan tujuan meraih keuntungan tertentu dari usahanya.

Yang membedakan pengusaha dengan wirausaha

Apa yang membedakan pengusaha dengan wirausaha? Wirausaha adalah seseorang yang mampu mencari memanfaatkan peluang usaha , dan mampu mencari sumber dana untuk menjalankan usahanya serta siap menerima segala resiko yang ditimulkan dari usahanya tersebut.

Sebagai mahasiswa, hal yang perlu kita lakukan adalah membentuk diri kita sebagai wirausaha baru dalam Negara. Kita harus berusaha dan mampu menggunakan setiap peluang yang kita temui. Misalnya saja, kita adalah seorang yang aktif dalam berbagai organisasi dan memiliki banyak relasi. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Ya… memanfaatkan kesempatan tersebut. Mulai memulai usaha anda sendiri, misalnya berbisnis kuota internet, pakaian, perlengkapan kantor, makanan dan lain-lain, dan jajakanlah kepada rekan-rekan bisnis anda terlebih dahulu, orang-orang terdekat dan teman-teman anda. Yakinlah, dengan memiliki banyak relasi, dan keberanian dalam memulai usaha, maka anda akan merasakan manfaatnya dimasa yang aka datang.

Lalu, mengapa kita harus menjadi seorang wirausaha saat kuliah? Bukankah itu akan membuat konsentrasi kita menjadi bercabang?

Teman- teman mahasiswa yang arif dan budiman, menjadi mahasiswa memanglah tugas utama kita. Dan yang paling utama harus kita tuju dan selesaikan adalah belajar dengan baik. Namun, apakah belajar saja sudah cukup bagi anda? Apakah anda harus menunggu lulus kuliah terlebih dahulu untuk sukses? Apakah anda yakin setelah lulus kuliah anda akan langsung mendapatkan pekerjaan?

Tidak demikian. Sebagai mahasiswa, kita harus mulai berfikir kritis dalam menghadapi kemajuan zaman dan peliknya masalah kehidupan. Masalah eonomi, salah satunya. Bisa anda lihat, setiap tahun akan ada banyak sekali pengangguran apabila para lulusan-lulusan tersebut tidak mampu bersaing didunia kerja, yang dari ribuan bahkan jutaan mahasiswa pendaftar hanya sedikit sekali yang akan bertahan.

Alasan Kenapa Harus Memulai USaha Selagi Masih Dibangku Kuliah

Ada peribahasa “ Yang paling kuat, itulah yang bertahan”, maka persiapkanlah diri anda sedini mungkin. Berikut ini adalah 5 alasan mengapa anda harus mejadi seorang wirausaha saat kuliah;

Untuk mengantisipasi berbagai perubahan dan pasar bebas

Dengan menjadi wirausaha anda akan lebih siap menghadapi sertiap perubahan-perubahan maupun perkembangan yang ada terutama masalah pasar dan ekonomi sekitarnya. Pasar bebas juga menuntut kita, untuk menemukan peluang sebanyak- banyaknya dan wirausaha pun dituntut untuk mengetahui bagaimana keadaan pasar yang sebenar-benarnya, sehingga seorang wirausaha dapat belajar mengantisipasi setiap kondisi yang ada.

Mengurangi jumlah pengangguran

Dengan menjadi seorang wirausaha, secara tidak langsung anda telah mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia, karena anda telah menciptakan lapangan kerja anda sendiri. Dan apabila anda terus mengembangkan usaha anda jauh lebih sukses kedepannya, anda akan membutuhkan karyawan, dan otomatis hal ini akan sangat membantu Negara dalam upaya membuka lowongan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

Membentuk pribadi yang tangguh dan siap kerja.

Jika anda adalah seorang mahasiswa dan anda sudah memutuskan untuk berwirausaha, maka anda adalah orang yang sangat beruntung mengapa demikian? Karena dengan berwirausaha kita akan mengetahui bagaimana system dan prinsip- prinsip dalam berwirausaha. Tentunya hal itu akan sangat mendukung untuk membentuk karakter dan kepribadian anda menjadi lebih tangguh (tangguh dalam artian bertahan pada masa kerja yang telah anda tentukan dan berani mengambil resiko yang akan dihadapi di masa depan. Sedangkan siap kerja disini maksudnya adalah, dengan menjadi wirausaha anda akan lebih siap menghadapi usaha- usaha atau tantangan yang lebih besar di masa datang. So, tetap semangat…!!!

Membantu pengoptimalisasian dan aplikasi ilmu dimasyarakat.

Mahasiswa adalah generasi yang berperan penting dalam social. Tujuan dari mahasiswa terjun kemasyarakat adalah untuk pengoptimalisasian dan aplikasi tentang ilmu yang telah didapat. Dalam fase ini, mahasiswa harus benar – benar mengusai ilmu- ilmu dibidang masing-masing, karena fase ini merupakan penentuan untuk melihat berhasil atau tidaknya ilmu yang telah kita pelajari. Dalam hal ini, biasanya para mahasiswa dibantu oleh penduduk setempat, untuk memulai suatu kegiatan kemasyarakatan seperti, seminar atau sosialisasi kesehatan, pengajian rutin, atau belajar mengajar dengan anak- anak. Selain itu, anda akan merasakan kehadiran keluarga, karena pada saat proses aplikasi ilmu – ilmu tersebut, anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat, sehingga anda akan tau apa sebenarnya yang mereka butuhkan.

Membuka Peluang Usaha bagi para pengangguran.

Menjadi wirausahawan merupakan sebuah aktivitas yang tidak jarang dari mahasiswa yang menjadikannya sebagai object cita – cita atau keinginan yang besar. Dengan berwirausaha, anda telah membantu membuka peluang usaha, yang akan sangat berguna bagi rekan-rekan anda yang belum memiliki pekerjaan atau orang-orang yang sedang membutuhkan pekerjaan. Karena, ditengah- tengah hiruk pikuk para lulusan kerja sibuk mencari perusahaan, anda sudah mampu menciptakan usaha anda sendiri bahkan membuka lapangan kerja. Bayangkan betapa berharga dan hebatnya diri anda, karena bisa mengontrol diri anda sendiri, melalui kegiatan- kegiatan yang positif termasuk berwirausaha yang baik.

Well, itu tadi serangkaian penjalasan yang dapat saya bagikan kepada rekan pembaca sekalian. Semoga arikel ini dapat bermanfaat sebagai gambaran ataupun pejelasan mengapa hal wirausaha itu merupakan sesuatu yang penting yang harus kita lakukan dalam rangka mengurangi resiko pengangguran.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.