6 Manfaat Pohon Kamboja bagi Kesehatan

6 Manfaat Pohon Kamboja (Plumeria rubra L.cv.Acutifolia) bagi Kesehatan.

Kamboja (atau sering disebut juga plumeria) ditemukan oleh seorang ilmuwan Perancis. Meski dalam Bahasa Indonesia disebut Kamboja, tanaman ini tidak ada sangkut pautnya dengan Negara Asia Tenggara.

Bunga Kamboja memiliki mahkota berwarna putih , dengan bagian tengah berwarna kuning. Selain jenis ini, ada juga kamboja yang mahkota bunganya berwarna merah keunguan. Tinggi pohon kamboja  bisa mencapai enam meter, dengan daun hijau tua yang tebal dan lonjong. Tanaman yang berbunga di hampir sepanjang tahun ini biasanya dikembangbiakkan dengan cara stek batang.

Namun, tahukah anda bahwa pohon Kamboja mempunyai banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit?

Manfaat Pohon Kamboja

Tanaman yang biasa ditanam sebagai tanaman hias dipekarangan rumah, taman- taman, makam, atau tumbuh liar ini ternyata mempunyai banyak manfaat sebagai obat dari berbagai macam penyakit, diantaranya dapat mengobati penyakit- penyakit berikut:

Kencing Nanah.

Penyakit kencing nanah disebut juga kencing nanah, gonorrhoea atau gonorrhoea adalah penyakit menular yang paling sering ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi sebelumnya. Kencing nanah juga dapat menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, sehingga ibu juga bisa menularkan infeksi kepada bayinya saat melahirkan. Baik pria maupun wanita bisa terserang penyakit ini. Infeksi organisme ini mudah menyebar dan paling sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan berganti-ganti pasangan seks. (www.obatkencingnanah.id). Mengerikan bukan? Untuk mengatasi hal yang demikian anda bisa melakukan salah satu cara pengobatan tradisional yaitu menggunakan akar kamboja.

Cara Pengobatannya yaitu dengan merebus sepotong akar kamboja dengan 3 geas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, disaring lalu diminum secara rutin.

Benjolan Keras (tumor).

Tumor biasanya diawali oleh hal-hal yang dianggap sepele seperti timbul benjolan. Tanda lainnya adalah sakit pada bagian yang ditekan. Ketika suatu bagian tubuh yang diduga terserang kanker ditekan dan menimbulkan sakit, hal ini perlu juga dicurigai. Namun, jika benjolan tersebut tidak terasa sakit dan terus membesar, maka anda perlu waspada. Karena beberapa kanker justru ditandai dengan benjolan dan biasanya mengalami proses lama menjadi besar. (Paparan seorang ahli kanker prima Medika hospital).

Sedangkan salah satu cara pengobatan menurut buku obat tradisional adalah :

Kulit kayu kamboja digiling halus, tambahkan air secukupnya sampai menjadi seperti bubur, kemudian tempelkan kebagian badanyang terdapat benjolan keras tersebut.

Syiphilis (Raja Singa).

Sipilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin, serta sistem saraf. Sifilis dikenal juga dengan sifilis atau raja singa.

Jika terdeteksi lebih awal, sifilis akan lebih mudah disemuhkan dan tidak akan menyebabkan kerusakan permanen. Namun, penyakit sifilis yang tidak diobati dapat mengakibatkan kerusakan serius pada otak atau sistem saraf serta organlainnya , termasuk jantung. Ternyata serem ya sahabat, maka dar itu berikut adalah salah satu cara herbal dari kulit kamboja untuk pengobatan penyakit ini.

Cara pengobatan :

Ambil 4 jari kulit batang kamboja, kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya, rebus denhgan 4 ½  gelas air bersih sampai tersisa ½ nya. Setelah dingin, disaring , lalu diminum dengan air gula seperlunya. Minumlah 3 kali dalam sehari sebanyak ¾ gelas.

Telapak kaki bengkak dan pecah- pecah.

Telapak kaki kering atau pecah-pecah diakibatkan karena kondisi kekeringan pada kulit anda. Terlebih jika anda suka berkontak engan bahan kimia pada bagian kaki anda (pembersih kamar mandi, dan lain-lain). Kondisi ini bisa semakin buruk , karena kekeringn tersebut maka kulit tidak bisa menahan regangan saat kaki anda berjalan sehingga akhirnya menjadi retak dan pecah-pecah. Pada kondisi seperti ini, bisa menimbulkan kondisi kaki perih dan sakit jiga digunakan untuk berjalan. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan hal dibawah ini disamping memperbanyak minum air putih.

Cara pengobatan menggunakan kulit kamboja:

Rebus sepotong kulit kamboja dengan 3 liter air sampai mendidih, diamkan beberapa saat, kemudian rendam kaki yang sakit kedalam air rebusan kulit kamboja tersebut saat air nya telah hangat.

Kapalan (clavus).

Kapalan adalah penebalan dan pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan, kapalan atau clavus terbentuk sebagai reaksi tubuh untuk melindungi bagian kulit yang sensitive. Biasanya muncul pada kaki, tumit, tangan atau jari yang biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman serta nyeri saat berjalan. Umumnya kulit yang terkena kapalan akan berwarna kekuningan.

Dalam hal ini cara pengobatan tradisionalnya yaitu dengan cara meneteskan getah kamboja pada kaki yang kapalan, setiap hari secara rutin hingga sembuh.

Radang Saluran nafas (Bronchitis)

Radang saluran nafas, atau yang sering disebut dengan bronchitis merupakan proses terhambatnya saluran pernafasan yang disebabkan oleh infeksi sehingga menyebabkan terhambatnya oksigen masuk keparu-paru. Hal ini biasanya terjadi akibat kurang nya seseorang menjaga saluran pernafasannya.

Cara pengobatan yang dapat dilakukan menggunakan kamboja yaitu dengan mengeringkan kelopak bunga kamboja. Setelah kering, rebus hingga mendidih, lalu diminum secara rutin hingga sembuh.

Penyakit-penyakit diatas merupakan penyakit- penyakit yang sangat familiar ditelinga kita. Maka dari itu bijaklah dalam menjaga kesehatan anda.Cara pengobatan menggunakan pohon kamboja ini hanyalah salah satu alternative yang bisa anda coba untuk membantu meringankan penyakit- penyakit diatas. Namun keputusan dan gaya hidup anda sendirilah yang akan menentukan bagaimana nasib dan masa depan badan dan kesehatan anda.

Tips Hidup Sehat

Masih merasa bingung? Berikut adalah tips hidup sehat yang dapat kita lakukan untuk menghindari hal-hal diatas:

Perbanyak minum air putih

Minum air putih akan menetralkan tubuh anda, banyak mengkonsumsi air putih juga akan membantu dalam peningkatan oksigen dalam tubuh anda, dan membuat kulit anda menjadi tidak kering. J,adi jangan lupa minum air putih yaa.

Selalu memeriksa kesehatan badan

Jika anda termasuk orang yang sangat memperhatikan kesehatan. Maka, sering- seringlah berkonsultasi dengan dokter, untuk memeriksa kesehatan dan daya tubuh anda. Sehingga, anda akan tahu seberapa banyak takaran makanan atau gizi yang perlu anda konsumsi.

Tidak melakukan pergaulan bebas dan memiliki gaya hidup sehat

Jika anda tidak ingin terserang penyakit diatas, maka jangan pernah terjerumus dan tergoda dengan pergaulan bebas, karena dampaknya akan sangat berbahaya dan mengerikan bagi diri anda. Serta, selalu bergaya hidup sehat, misalnya makan dan mium tepat waktu, berolahraga, banyak mengkonsumsi air putih, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan (seperti membersihkan rumah dari debu- debu yang akan menyebabkan gangguan pernafasan), tidur tepat waktu dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah diatas merupakan hal-hal yang dapat membantu diri anda untuk menjaga tubuh dan stamina agar tetap baik dan sehat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda semuanya. Terimakasih telah membaca. !

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.